Kisah Sukses Pelaku Bisnis di Internet : Jual Kasur Hingga ke Arab


By on June 4, 2013
Kisah Sukses Pelaku Bisnis di Internet : Jual Kasur Hingga ke Arab

Merambah bisnis di internet memang sanggup meledakan sebuah usaha. Ini bukan sekedar jargon belaka. Saya sudah membuktikan sendiri beberapa cerita sukses dari para pelaku bisnis di internet. Salah satunya adalah seorang ibu muda, yang sudah menjalankan bisnis di internet sejak tahun 2009.

Sekarang usahanya sudah menembus pasar Eropa, Amerika, Australia bahkan negeri Arab. Susan, demikian nama ibu muda ini, yang sejak kecil sudah tumbuh di lingkungan bisnis. Ayahnya adalah pengusaha kasur, pemilik PT. Erlangga Trimanunggal Kusumah di Bandung yang sudah berjalan sejak tahun 1973.

Mungkin didikan inilah yang kemudian menumbuhkan jiwa enterpreneur dalam diri Susan hingga ia mampu membaca ebuah peluang dengan cepat. Peluang usaha kasurnya terbuka ketika Susan dikaruniai seorang putra. Beliau kesulitan mencari kasur alas tidur bagi anaknya yang sudah beranjak besar dan sudah mulai merangkak. Membiarkan anak di tempat tidur yang tinggi jelas beresiko.

Alhasil Susan berinovasi dengan sisa bahan kasur dari pabrik ayahnya. Memanfaatkan potongan kasur sisa produksi yang tipis, ia melapisinya dengan kulit buatan berkualitas baik dengan warna-warni cerah. Supaya lebih mudah dibersihkan pikirnya.

Awalnya, playmat ini dibuat hanya untuk pemakaian pribadi. Tapi satu waktu di tahun 2009, Susan iseng mengunggah foto playmat buatannya ini. Melihat playmat buatannya sangat unik, rekan-rekan Susan jutru tertarik untuk membelinya. Ternyata tanggapan dari rekan-rekan Susan sangat memuaskan. Padahal harga playmat yng dibandrol Susan adalah harga 500 ribu hingga 1 juta rupiah.

Susan lantas memutuskan untuk menjalankan dan membangun usaha ini secara serius. Apalagi dengan memanfaatkan bahan kasur dari pabrik  ayahnya yang terkenal dengan kualitasnya yang baik. Langkah awalnya, Susan membuat page di facebook dan web untuk memasarkan playmatnya. Playmat tersebut ia beri nama “Swallow”.

Katanya nama “Swallow” ini berasal dari bahan baku kasur swallow yang Susan pakai buat bikin playmatnya. Susan lebih memilih bisnis di internet dengan membuka online store karena menurutnya bisnis dengan internet ini luas dan tanpa batas.

Tapi yang namanya usaha nggak lengkap kalau belum menemui halangan. Ditengah usahanya yang mulai berjalan, tiba-tiba keluarga Susan harus pindah ke Australia karena pekerjaan suami menuntut ia harus meninggalkan Indonesia. Beruntung sejak awal Susan memilih bisnis di internet. Jadi Susan hanya perlu merekrut tenaga tambahan untuk mengontrol produksi dan pengiriman. Sedangkan untuk manajemen ia kelola sendiri dari Australia.

Bisnis di internet membuat jarak sudah bukan lagi sebagai penghalang kemajuan usaha. Meski pengelolaan usaha kasur Susan dari jarak jauh, bisnis internet halal swallow playmat bisa tetap maju bahkan lebih berkembang. Penjualan meluas hingga ke Australia, Amerika, Eropa, Arab dan banyak negara Asia lainnya.

Itulah hebatnya bisnis di internet. Anda lihat sendiri bagaimana Susan, pemilik usaha Swallow Playmat bisa bertahan dengan kendala yang dihadapinya. Nah, Susan sempat berbagi rahasia kepada teman saya mengapa peluang usaha bisnis internet “Swallow Playmat”-nya bisa sesukses seperti sekarang.

  1. Kunci dari bisnis di internet adalah pelayanan dan kepuasan. Jadi jangan pernah abaikan konsumen dan calon konsumen Anda.
  2. Produk kasur “Swallow Playmat” ini hingga saat ini belum ada yang menandingi dari segi kualitas. Susan sangat ketat dalam menjaga kualitas produknya.
  3. Produk playmat Susan sistemnya custom. Jadi konsumen bisa punya pilihan yang bisa disesuaikan dengan selera meraka. Hal ini membuat produk Susan terkesan personal sehingga mempunyai diferensiasi yang kuat.
  4. Susan sangat yakin akan produknya. Meski Susan menentukan harga jual produknya cukup tinggi, Susan sangat percaya diri bahwa produknya memang pantas dihargai dengan nilai yang tinggi. Keyakinan ini terpancar pada saat Beliau meyakinkan konsumennya, sehingga mendorong konsumen untuk ikut yakin bahwa produk Susan sangat berkualitas.

Itu tadi sedikit rahasia Susan yang sempat saya dapatkan. Anda tertarik untuk mengikuti jejak Susan untuk kaya dari bisnis internet? Atau Anda sudah memutuskan akan mengambil peluang bisnis lewat internet yang lainnya. Tapi setidaknya, silahkan mampir untuk melihat produk-produk apa saja yang sudah Susan hasilkan dari bisnis melalui internet nya. Anda bisa klik link ini, bisnis di internet. Siapa tahu bisa jadi inspirasi Anda…

(sumber gambar : www.ceriwis.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

6 Comments

  1. Susan

    June 27, 2013 at 18:49

    Terimakasih banyak atas liputannya 🙂 met sukses juga yah dokterbisnis.net
    Bagi yang minat dengan playmatnya bisa mampir ke website kami. xoxo – Swallow Playmat

    • Om Nip-Nip

      June 30, 2013 at 07:00

      sama-sama

      • Lumba Playmat

        May 12, 2014 at 12:19

        Gan Promosinya Barang SwalloXX, Tapi Kok Gambarnya Prodak Barang tetangga sih…?

        Coba cek Di http://www.Lumbaplaymat.com

        Apa Gak salah nih Yg bikin Blok,

        Tolong di refisi dong

        Thks

        • Om Nip-Nip

          May 13, 2014 at 07:49

          @Lumba : masak? Woh, pas ngantuk kayaknya… tak revisinya. Kamsiah udah diingetin

  2. iklancs

    September 12, 2014 at 16:23

    Nah share share berita beginh yg gue demenin, jd tambah semangat berbisnis

  3. sepatu futsal

    January 21, 2015 at 23:39

    internet / toko online menjadi jembatan buat orang-orang jaman sekarang yang mau jualan tapi gak mau mengeluarkan bnyak uang hanya buat sewa ruko ..
    sperti halnya merek swalow tdi, penjualan cukup dari rumah saja, tp bisa menjangkau ke seluruh dunia..

    luar biasa 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *