Ini Dia 5 Konsep Terpenting Dalam Memulai Usaha Warung Makan


By on June 6, 2013
Ini Dia 5 Konsep Terpenting Dalam Memulai Usaha Warung Makan

Setiap hari, hampir semua orang makan setidaknya 3 kali. Apalagi “orang-orang spesial” macam saya. Bisa makan sampai 5 kali sehari. Hal ini disadari betul oleh Ali Bagus, pebisnis kuliner yang sudah memulai usaha warung makan sejak tahun 2008.

Ia sangat serius untuk membuka usaha warung makan yang ia namai “Bebek Garang” ini. Sekarang, usaha warung makan “Bebek Garang” sudah memiliki 5 outlet di Kota Bandung. Mantab kan?

Yang boleh kita acungi jempol dari usaha warung makan “Bebek Garang” pak Ali ini adalah mampu bertahan dan terus berkembang di saat bisnis pioner serupa sudah menjamur di kota Bandung waktu itu. Tapi dahsyatnya, sekarang usaha warung makan “Bebek Garang” ini justru menjadi “raja kuliner bebek” di kota kembang tersebut.

Dan berita baiknya adalah, di salah satu seminar bisnisnya, Ali Bagus berbagi kiat-kiat khususnya dalam memulai usaha warung makan. Jadi pas buat Anda yang sedang membuat rencana bisnis restoran. Disimak ya mas bro dan mbak bro…

  1. Nadi dari sebuah usaha makanan adalah citarasa dari masakannya.
    Satu yang harus Anda perhatikan disini, rasa enak bukan Anda yang menilai, tapi konsumen Anda. Jadi tanyakan dan lakukan survei tentang cirarasa yang seperti apa yang diinginkan pembeli.
  2. Lifestyle masa sekarang.
    Makan bukan lagi sekedar kebutuhan perut, tapi juga gaya hidup. Kalau Anda bisa menampilkan masakan Anda yang mencitrakan sebuah gaya hidup tapi rasanya tetap mak nyuss, Anda sudah mengantongi satu kunci sukses dalam mempopulerkan usaha warung makan Anda.
  3. Daya beli.
    Observasi adalah salah satu langkah penting dalam usaha warung makan. Termasuk ketika Anda harus menentukan harga jual produk Anda. Anda harus jeli untuk melihat bagaimana daya beli target market Anda. So, sebelum Anda memulai usaha warung makan, observasi dulu daya beli target market Anda.
  4. Rencana produksi.
    Rencanakan secara detil proses produksi Anda mulai dari tahap persediaan bahan baku, proses masak hingga penyajian dan pengemasan. Anda harus berusaha menyesuaikan standar produksi dengan pasar yang Anda bidik. Misalkan pasar Anda adalah konsumen kelas menengah ke atas, sudah pasti usaha warung makan Anda dituntut untuk memiliki tingkat higienitas yang tinggi baik di dapur, di meja makannya atau pada saat penyajiannya.
  5. Rencana pemasaran.
    Usaha warung makan juga butuh rencana pemasaran yang matang. Anda perlu memilih lokasi yang strategis. Walaupun tidak mutlrak, lokasi yang stragegis mempermudah Anda dalam mengenalkan bisnis atau usaha warung makan Anda ke calon konsumen. Anda juga harus melakukan cara-cara promosi yang unik dan berbeda tetapi tetap efektif. Sewa jasa fotografer makanan !! Mereka akan tahu bagaimana cara membuat foto masakan dari usaha warung makan Anda “sangat menggoda”.

(sumber gambar : kulinersambal.blogspot.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

5 Comments

  1. Diana Putri

    March 30, 2015 at 09:15

    5 konsep terpenting dalam memulai usaha warung makan yang dipaparkan diatas sangat bagus dan bermanfaat bagi pembaca yang baru memulai usaha tersebut. Terimakasih sudah share kepada pembaca.

  2. bayu

    September 4, 2015 at 15:01

    terima kasih bapak

  3. ardy

    August 11, 2016 at 21:59

    Alhamdulillah. Semoga konsepnya bapak ini menjadi inspirasi buat saya untuk lebih berani memulai . dan mencoba. Terima kasih. Atas postinganya. Jazakumullah khair….

  4. yomiko yokohana

    August 26, 2016 at 09:26

    terimakasih ilmunya semoga bermanfaat buat saya,pengen cari peluang di bidang warung bebek.

  5. Tukang Sayur

    September 28, 2016 at 23:19

    DAHSYAT INFONYA… TKS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *