4 Tips Sukses Menyusun Budget untuk Bisnis Usaha Kecil


By on June 10, 2013
4 Tips Sukses Menyusun Budget untuk Bisnis Usaha Kecil

Dalam menjalankan bisnis usaha kecil apapun bentuk bisnisnya, menyusun budget adalah salah satu manajemen usaha kecil yang posisinya sangat penting agar bisnis kecil sukses. Menyusun budget untuk usaha akan memberikan Anda gambaran berapa ekspektasi Anda terhadap pendapatan sekaligus memperkirakan berapa kira-kira pengeluaran Anda.

Hal ini semacam rambu atau peringatan bagi Anda. Gambaran mudahnya seperti ini. Rambu di jalanan kan fungsinya untuk pengingat akan batasan-batasan yang ada di lalu lintas. Nah, fungsi menyusun budget untuk bisnis usaha kecil juga tidak jauh berbeda. Budget bisa menjadi rambu bagi kinerja dan efisiensi bisnis usaha kecil Anda.

Lalu bagaimana cara menyusun budget untuk bisnis usaha kecil? Sederhana… Cukup perkirakan berapa pendapatan Anda dan buat juga berapa perkiraan pengeluaran Anda. Buat serealistis mungkin berdasarkan pendapatan dan pengeluaran yang nyata dari usaha Anda. Ada beberapa tips yang bisa memudahkan Anda dalam menyusun budget untuk bisnis usaha kecil Anda.

  1. Buat budget bulanan.
    Membuat budget tahunan lebih membingungkan daripada membuat budget bulanan. Sebabnya, kondisi usaha setiap bulan cenderung fluktuatif, tergantung situasi dan musim. Maka buatlah budget bulanan agar lebih mendekati realita bisnis usaha kecil Anda.
  2. Buat budget berdasar realita periode lalu.
    Menyusun budget harus menjadi rutinitas. Dan mereview budget periode lalu harus menjadi rutinitas Anda sebelum itu. Budget yang baik selalu berpijak pada kesesuaian budget pada periode sebelumnya. Belajarlah dari pengalaman sebelumnya.
  3. Susun budget yang fleksibel.
    Dalam bisnis usaha kecil, perubahan bisa saja terjadi setelah Anda menyusun budget. Jadi susunlah budget dengan banyak ruang untuk perubahan dan penyesuaian.
  4. Manfaatkan jasa konsultan.
    Ada saat dimana Anda membutuhkan seorang ahli untuk membuat konsep dasar dari budgeting Anda. Setelah itu Anda bisa meneruskan format yang ada untuk periode berikutnya. Konsultan biasanya lebih terlatih dalam menyusun budget yang “klik” dengan usaha Anda. So, jangan pelit-pelit buat sewa jasa konsultan.

Nah itu tadi 4 tips yang mantap buat menyusun budget bisnis usaha kecil Anda. Mudah kan? Ada pertanyaan masalah budgeting buat bisnis ukm ini?

(sumber gambar : blog.trginternational.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *