Bisnis Modal Kecil Buat Para Pecinta Dunia Otomotif Mobil Kuno Antik


By on June 11, 2013
Bisnis Modal Kecil Buat Para Pecinta Dunia Otomotif Mobil Kuno Antik

Saya yakin Anda pasti setuju kalau saya bilang menjalankan bisnis modal kecil dari hobi adalah bisnis impian. Apalagi kalau ternyata bisnis modal kecil yang jadi impian tersebut keuntungannya besar. Sempurna banget kan? Dan nggak mustahil untuk menjalankan bisnis modal kecil yang berangkat dari hobi.

“Contohnya apa dok?”… Contohnya jasa cat mobil antik. Cocok buat para peng-hobi dunia otomotif mobil yang sukanya klasik-klasikan. Eh, tadi sebelum saya sebutkan bisnis modal kecil buat para pecinta dunia otomotif, apa yang pertama kali muncul di benak Anda?

Usaha bengkel motor ya? Ha..ha..ha… Kalau itu tebakan Anda, hampir tepat. Tapi saudaranya dikit, yaitu bengkel pengecatan mobil kuno antik.

“Kenapa mobil kuno antik dok?”… Karena pasar mobil kuno antik sangat unik, beda dari pasar mobil modern. Mau tahu apa saja keunikannya, saya coba jabarkan sebagai berikut.

  1. Peminat mobil kuno antik cenderung setia, tidak mudah berganti mobil dan kerapkali memperlakukan mobil kuno antik mereka secara personal. Salah satu bentuk personalisasi adalah mengecat ulang mobi kuno antik tersebut sesuai selera mereka. Perilaku konsumen inilah yang bisa Anda jadikan sebagai peluang.
  2. Kebanyakan mobil kuno antik memang bermasalah dari sisi penampilan. Salah satunya karena cat mobilnya sudah lapuk termakan umur. Kalau ingin menampilkan mobil kuno antik yang keren dan sedap dipandang mata, sudah pasti pengecatan ulang adalah solusinya.
  3. Peminat mobil kuno antik biasanya membentuk kelompok atau komunitas, dan biasanya punya hubungan sangat solid. Dan ketika Anda berhasil memuaskan satu orang saja dari mereka, otomatis nama Anda akan menjadi “most recommended service” bagi kelompoknya.
  4. Pasar dari usaha ini tersegmentasi, jadi keuntungan bagi Anda adalah tidak memerlukan sistem pemasaran yang sangat rumit dan terlalu luas. Anda cukup fokus melakukan promosi pada kelompok-kelompok penggemar saja. Cara ini sudah cukup efektif dan tentu saja… murah.

Dan seperti yang saya katakan tadi, usaha ini adalah bisnis modal kecil. Jadi strategi yang tepat bukan terletak pada modal dan lokasi yang strategis. Kalau Anda ada dana lebih, bolehlah Anda cari lokasi yang strategis. Tapi kalau tidak, cukup konsen pada cara bagaimana Anda melayani konsumen dan memasarkannya ke kelompok-kelompok atau komunitas komunitas pecinta mobil kuno antik.

Karena sekali lagi, pasar dari usaha ini sangat tersegmen. Jadi Anda harus sekuat tenaga untuk bisa “masuk” ke komunitas mereka. Apalagi jika Anda berasal dari kelompok atau komunitas tersebut. Mereka akan jauh lebih percaya.

Tapi ingat, ketika Anda berhadapan dengan pasar semacam ini, Anda harus memastikan semua “komponen” pelayanan Anda bekerja dengan maksimal… selalu konsisten dalam pelayanan. Kalau hasil jasa dan pelayanan Anda baik, Anda tidak perlu lelah berpromosi. Tapi begitu Anda mengecewakan, Anda akan merasakan sebuah belati yang siap menusuk bisnis Anda. Mereka akan menjadi mesin penyebar berita buruk yang akan mematikan bisnis Anda. Branding Anda akan hancur lebur dalam sekejap.

Maka bagi Anda yang tertarik untuk menjalankan bisnis modal kecil ini, usahakan Anda adalah peminat dan peng-hobi mobil kuno antik. Kalau toh bukan, cari karyawan yang benar-benar maniak dan menguasai dunia mobil kuno antik. Dengan begitu, Anda bisa memahami dengan benar selera pasar, kebutuhan pasar dan menjalankannya dengan “hati”.

Selain itu, Anda juga akan dengan cepat menguasai teknik pengecatan mobil kuno antik, mampu menentukan jenis cat yang paling sesuai serta handal dalam mengusahakan bahan baku cat yang terkadang sangat langka untuk Anda dapatkan.

Hmmm… sepertinya sudah cukup informasi yang saya berikan soal cara menjalankan bisnis dunia otomotif ini. Sekarang saya mau bagikan potensi dan berapa modal yang dibutuhkan buat bisnis modal kecil ini.

Modal Awal

  • Sewa lokasi : Rp. 3.000.000,00
  • Pembangunan Rp. 5.000.000,00
  • Peralatan (mesin poles, mesin vacuum, dsb) : Rp. 14.000.000,00
  • Total : Rp. 22.000.000,00

Biaya Operasional

  • Bahan pemoles dan cat : Rp. 18.000.000,00
  • Karyawan pengecatan (3 orang) : Rp. 2.100.000,00
  • Listrik & telepon : Rp. 650.000,00
  • Total : Rp. 20.750.000,00

Omset (forecast)

  • 2 mobil x 30 hari x Rp. 500.000,00 = Rp. 30.000.000,00

Keuntungan

  • Rp. 30.000.000,00 – Rp. 20.750.000,00 = Rp. 9.250.000,00

Kalau Anda lihat asumsi sederhana di atas, terlihat biaya operasionalnya sangat besar. Tapi jangan khawatir. Anda bisa membelinya bertahap sesuai dengan jumlah konsumen Anda. Jadi Anda tidak harus langsung menyediakan dana sebesar itu pada saat awal Anda membangun usaha.

Coba Anda bandingkan dengan bisnis supplier. Modal awalnya aja hampir 75 juta rupiah. Jadi bisnis dunia otomotif mobil kuno antik ini masih tergolong bisnis modal kecil. So, jangan Anda bayangkan yang namanya bisnis modal kecil itu modalnya cuman 300 ribu perak. Apalagi tanpa modal. Hadeehh… Repot dah !!   

(sumber gambar : sudut1.blogspot.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *