Tips Usaha Rumahan Modal Kecil : Bisnis Penitipan Anak


By on June 11, 2013
Lagi, Usaha Rumahan Modal Kecil yang Patut Anda Jadikan Wacana

Apakah saat ini Anda tinggal di kawasan perumahan yang kebanyakan pasangan muda? Kalau iya, wah cocok nih… Ada satu peluang buat Anda yang lagi cari usaha rumahan modal kecil. “Usahan rumahan modal kecil? Beneran nih? Mau dong! Usaha rumahan modal kecil yang seperti apa dok?”

Kan sudah saya sebutin di judul… Jasa penitipan anak. “Lho, bukannya peluang usaha rumahan macam gitu modalnya besar dok?” Siapa bilang? Bisnis penitipan anak bisa kok Anda sulap jadi usaha rumahan modal kecil. Pertama, Anda rubah dulu pandangan Anda bahwa usaha semacam ini harus dibuat ditengah kota, dekat dengan perkantoran serta sewa ruko yang mahal.

Bukan, bukan seperti itu. Anda bisa buka bisnis penitipan anak di rumah Anda sendiri. Tetangga Anda justru akan merasa tenang dan nyaman menitipkan anak mereka ke orang yang sudah mereka kenal baik. Makanya Anda bisa membuka usaha rumahan modal kecil ini dir umah Anda dengan konsep yang lebih homy. Jadi Anda nggak perlu lagi memilih lokasi dengan harga sewa yang mahal.

Lha gimana kosep usahanya supaya bisa dikatakan usaha rumahan modal kecil? Kan usaha bisnis penitipan anak nggak melulu ribet dengan masalah sewa tempat usaha? Banyak juga perlengkapan-perlengkapan lain yang butuh biaya tinggi. Okay, Anda bisa temukan jawaban dari masalah Anda tadi pada penjelasan berikut ini.

  1. Banyak yang bilang, tenaga baby sitter mahal gajinya. Bisa jadi benar. Jika ini masalah Anda, memanfaatkan masyarakat sekitar yang berminat untuk bekerja paruh waktu sebagai pejaga anak di tempat Anda. Pilih yang sabar, keibuan dan cinta anak kecil.
  2. Salah satu pos biaya yang cukup besar dari usaha rumahan macam ini adalah biaya inventaris mainan yang mahal. Anda bisa mensiasati dengan membeli produk substitusi yang lebih murah, atau membeli produk mainan bekas yang bisa Anda cari dengan mudah di berbagai situs penjualan di internet. Dan tahukah Anda bahwa anak kecil itu lebih suka dengan mainan “yang lucu dan menyenangkan”, bukan mainan yang mahal? Coba Anda amati anak Anda saat bermain. Kadang mereka sering meninggalkan mainan mahal yang Anda belikan dan beralih ke barang yang notabene bukan mainan, tapi asyik bagi mereka.
  3. Manfaatkan beberapa ruangan rumah Anda sebagai ruangan bermain dan ruangan untuk istirahat. Jangan membatasi ruangan Anda dikarenakan rumah Anda hanya berukuran kecil.
  4. Pisahkan ruangan yang beresiko seperti dapur, ruang kerja atau ruangan yang terdapat barang-barang penting Anda agar tidak terjamah anak-anak.
  5. Biaya seperti susu, camilan dan makanan bayi sebaiknya dikenakan pada orang tua anak. Anda hanya menyediakan tempat penyimpanan saja. Sedangkan untuk anak usia di atas 3 tahun, Anda bisa sediakan masakan khusus, tentunya Anda kenakan biaya tambahan. Berapa biaya tambahannya? Anda bisa baca posting saya tentang cara menentukan harga jual.
  6. Lengkapi bisnis penitipan anak Anda dengan barang-barang dagangan yang terkait. Contohnya cloth diapers, mainan anak-anak yang bisa dibawa pulang atau buku tulis dan pensil cantik. Lakukan cross selling saat orang tua anak datang menjemput anak-anak mereka. SElain itu, Anda juga bisa menyediakan layanan sewa kursi pijat otomatis bagi para orang tua yang ternyata harus menunggu saat menjemput anak mereka. Dengan melengkapi bisnis penitipan anak Anda dengna barang-barang di atas, Anda bisa mendapatkan income tambahan.
  7. Jangan bosan untuk belajar cara dan teknik merawat anak, supaya ilmu Anda update. Ada banyak web dan blog yang bisa memberi Anda informasi lengkap seputar dunia anak.
  8. Batasi kapasitas daya tampung anak. Ingat, ruangan Anda terbatas dan pekerja ditempat Anda bukanlah seorang yang profesional. Jadi, batasi jumlah anak demi keamanan dan kualitas pelayanan Anda agar nama baik usaha rumahan modal kecil Anda tetap baik di mata konsumen.
  9. Setelah usaha rumahan modal kecil Anda ini berkembang dan tersistem dengan baik, segera upgrade usaha penitipan anak Anda. Sewa baby sister yang profesional dan berpengalaman serta segera buka cabang

(sumber gambar : jualmainananak.plazamainan.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *