Mau Tahu Cara Mengembangkan Usaha? Gunakan Strategi Pameran !!


By on June 14, 2013
Mau Tahu Cara Mengembangkan Usaha? Gunakan Strategi Pameran !!

Anda pernah ditawari cara mengembangkan usaha dengan menggunakan strategi pameran? Sering ya? Atau Anda merasa seolah-olah didesak oleh penyelenggara untuk segera mendaftar? Ha..ha..ha.. Pernah kan? Apalagi kalau Anda adalah anggota komunitas bisnis UKM di kota Anda. Dijamin… makin gencar deh dikejar-kejarnya !!

Dulu saya juga seperti itu. Lari… sembunyi dari kejaran panitia pameran. Tapi kalau Anda pahami, menjadi peserta pameran bukanlah ide yang buruk. Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan menggunakan strategi pameran.

Coba perhatikan, banyak pelaku bisnis yang dari tahun ke tahun selalu menggunakan strategi pameran. Entah toko komputer, grosir souvenir hingga toko mebel. Bagi mereka, cara mengembangkan usaha dengan menggunakan strategi pameran adalah salah satu taktik promosi yang efektif.

Coba Anda pikirkan. Kalau strategi pameran cuman buang-buang duit, ngapain mereka selalu ikut? Anda pernah lihat sebuah pameran sepi peserta? Jarang kan? Pasti ada manfaat tersembunyi yang Anda tidak lihat dari kiat mengembangkan usaha dengan strategi pameran ini. Lalu apa manfaatnya dok? Ini dia…

  1. Pameran itu sama aja dengan pasar, tempat berkumpulnya para pembeli. Menariknya, rata-rata pengunjung pameran memang sudah mempersiapkan diri untuk “konsumtif”. Kata lainnya adalah mereka sudah menyiapkan uang di kantong untuk segera dibelanjakan. Dengan menggunakan cara mengembangkan usaha melalui strategi pameran ini, Anda akan punya banyak kesempatan untuk bertemu langsung dengan calon konsumen Anda. Hukum pareto berlaku !! Endingnya, Anda akan menerima banyak transaksi baru dari para konsumen baru Anda tersebut.
  2. Dengan menggunakan strategi pameran, keberadaan konsumen baru yang potensial bisa membantu Anda dalam memperkenalkan produk Anda atau jasa yang Anda tawarkan. Anda bisa mencari tahu bagaimana respon pasar atas produk atau jasa Anda melalui pameran. So, jika Anda punya produk atau jasa yang baru, ujilah respon pasar dengan menggunakan strategi pameran.
  3. Imbas yang nyata dari cara mengembangkan usaha menggunakan strategi pameran ini adalah meningkatnya omset. Ledakannya nggak main-main lho… Bisa sampai 50% hanya dari beberapa hari !! Jadi, kalau Anda ingin meledakkan omset Anda dalam waktu singkat, gunakan strategi pameran ini.
  4. Hasil positif lain dari pertemuan Anda dengan konsumen baru Anda adalah kesempatan untuk melakukan survei pasar. Anda bisa membuat semacam wawancara sederhana yang santai atau menyebar kuisioner untuk menanyakan apakah produk, jasa serta layanan yang Anda berikan.

Ternyata tips cara mengembangkan usaha kecil dengan menggunakan strategi pameran di atas bisa memberi imbas positif untuk bisnis Anda kan? Jadi jangan keburu nolak kalau besok Anda dikejar-kejar lagi sama panitia pameran ya…

(sumber gambar : www.antaranews.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *