Tips Bisnis Sukses : 5 Panduan Penting Jika Anda Buka Cabang Usaha


By on June 14, 2013
Tips Bisnis Sukses : 5 Panduan Penting Jika Anda Buka Cabang Usaha

Anda ingin buka cabang usaha? Stop !! Baca dulu 5 tips bisnis sukses dari Roy Ghoni, seorang pakar bisnis dari Jakarta. Tapi maaf, contoh bahasan buka cabangnya adalah usaha warung makan. Tapi poin-poinnya bisa Anda terapkan di usaha lainnya. Apa saja ke-5 kiat bisnis sukses saat ingin buka cabang dari beliau? Monggo, silahkan dibaca… 

  1. Buat standar mutu.
    Ketika Anda masuk ke sebuah cabang dari brand besar macam Hoka-Hoka Bento, ada satu hal pasti yang akan Anda rasakan. Apa itu? Rasanya yang sama dengan Hoka-Hoka Bento dimanapun berada. Jadi, buat standar mutu sehingga produk Anda 100% terduplikasi di cabang-cabang usaha Anda.
  2. Tentukan standar pelayanan.
    Selain standar mutu yang sama, pastikan konsumen bisa merasakan suasana, pelayanan dan nuansa yang sama dengan gerai utama Anda. Mengapa hal ini harus dilakukan? Karena akan menciptakan pencitraan dan branding yang kuat bagi usaha Anda.
  3. Atur standar harga.
    Jangan sampai Anda membedakan harga antara gerai cabang dengan gerai utama, terutama jika Anda membukanya di kota yang sama. Membedakan harga jual akan membuat cabang usaha Anda kehilangan pasarnya. Pengecualian untuk cabang di kota-kota yang terkenal lebih mahal dari kota-kota lainnya seperti Kalimantan dan Papua.
  4. Lakukan standar SDM.
    Anda harus memastikan tenaga kerja yang bekerja di cabang dan gerai utama memiliki kualifikasi yang setara dan identik. Hal ini akan membuat kualitas pelayanan dan produk yang dihasilkan tetap sama. Selain itu, beberapa sistem manajemen harus dalam sistem dan control yang sama, seperti bagian keuangan dan pemasaran.
  5. Duplikasi standar image.
    Terakhir, pastikan usaha Anda memiliki positioning citra yang mampu mengidentifikasi usaha Anda. Kemudian, jadikan image ini sebagai identitas atau branding bisnis Anda sehingga melekat pada semua gerai Anda, baik gerai utama maupun cabang. Cara ini akan menjadi mesin promosi yang sangat menjual.

Sebelum saya tutup, menurut bung Roy Ghoni, jika Anda mampu menerapkan 5 tips bisnis sukses untuk buka cabang usaha ini, Anda akan mampu menciptakan daya tahan yang baik bagi cabang Anda untuk tetap eksis dan berjalan beriringan dengan gerai utama Anda. Dahsyat kan? Jadi, kenapa tidak Anda coba praktekan dari sekarang kiat sukses bisnis bung Roy ini?

(sumber gambar : caresupplies.com.au)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

3 Comments

  1. edy

    December 12, 2014 at 12:28

    makasyh kang saran nya..

  2. fathur

    September 19, 2015 at 06:14

    Saya masih anak sma kelas 12, orang tua saya menyuruh untuk melanjutkan ke universitas, sedangkan paman saya mengajak saya untuk berdagang yaitu membuka cabang baru ayam kalasan milknya. Sebenarnya saya ingin bersagang dibandingkan melanjutkan kuliah. Apakah itu bagus untuk saya? Terima kasih

    • Om Nip-Nip

      September 21, 2015 at 08:22

      @Fathur : sebaiknya mas Fathur bicarakan dan rundingkan baik2 dengan orang tua dan beri penjelasan dengan cara yang baik terkait pilihan mas Fathur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *