Buat Merk Dagang dan Daftarkan Sekarang Juga Sebelum Anda Menyesal


By on June 15, 2013
Buat Merk Dagang dan Daftarkan Sekarang Juga Sebelum Anda Menyesal

Sebelum saya ulas posting tentang merk dagang, saya mau prolog sedikit. Anda pernah kan jalan-jalan di emperan Malioboro Jogja kemudian nemu kaos Dagadu imitasi yang bahannya tipis kayak “saringan tahu”? Tapi walaupun bahannya “entah apa-apa”, kaos Dagadu imitasi tersebut tetap laris manis. Menurut Anda kira-kira merugikan nggak buat pemilik kaos Dagadu yang asli? Jelas merugikan lah !!

Kalau merugikan, kok pemilik kaos asli Dagadu diem aja? Nah, ini dia… polemik merk dagang bagi para pelaku bisnis UKM. Biasanya kalau bukan menggampangkan urusan pendaftaran merk dagang, terbentur masalah biaya, sudah terlanjur dibajak, malas mengurus atau nggak tahu gimana caranya membuat merk dagang yang baik.Tapi percayalah, apapun usaha Anda, buat dan daftarkan segera merk dagang Anda walaupun usaha Anda hanya jasa aqiqah atau bisnis supplier.

Sekarang, saya mau coba berbagi tips dalam membuat merk dagang sekaligus bisa menjadi tips bikin logo. Untuk masalah berapa biaya atau syarat-syarat pendaftaran merk dagang, mungkin lain waktu akan saya bahas.

  1. Pilih merek dagang Anda sendiri.
    Merk dagang adalah pintu pertama bagi konsumen untuk melihat produk Anda. Memakai merk dagang palsu memang cepat buat mendatangkan konsumen. Tapi ingatlah selalu bahwa cara ini tidak akan mendatangkan mereka untuk yang kedua kalinya. Jadi jangan ragu untuk membuat sendiri merek dagang Anda, karena merk dagang Anda sendiri itulah yang akan membedakan produk Anda dengan produk kompetitor bisnis Anda.
  2. Pakai merek dagang yang khas, spesifik, menarik dan mempunyai makna.
    Memilih merk dagang bukan urusan sederhana, tapi jangan juga dibuat ribet. Carilah nama-nama yang sederhana, mudah diingat dan mencolok. Gunakan logo yang “eye catchy” dan ngak ada duanya. Jangan sekali-kali Anda membuat merek dagang yang dimirip-miripin sama brand lain.
  3. Lakukan branding secara konsisten.
    Jangan pernah mencoba berganti-ganti merk dan logo perusahaan, karena langkah tersebut akan membingungkan konsumen Anda. Tapi ingat, jangan terburu-buru meresmikan merek dagang Anda setidaknya sampai merk dagang Anda cukup dikenal di konsumen. Lakukan bertahap, dimulai dari kemasan sederhana dahulu. Pastikan merk dagang Anda tersebut selalu muncul di dalam alat-alat pemasaran Anda sejak awal.

Sebelum saya akhiri pembahasan tentang merk dagang ini, ada satu hal yang saya perlu gambarkan mengapa Anda harus membuat merk dagang. Coba Anda lihat, potongan gambar apa di bawah ini…

merek dagang

Logo apa ini?

Anda pasti tahu kan? Ya… benar !! Ini logo “setarbak”… bukan asbak. Tulisan aslinya ST*RB*CKS. Well, tanpa perlu saya jelaskan panjang lebar, sekarang Anda tahu kan betapa pentingnya Anda segera membuat dan mendaftarkan merk dagang Anda?

(sumber gambar : theflavor.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

3 Comments

  1. Muh. Husain Alhas

    March 1, 2014 at 13:07

    Siang Dr.Bisnis,

    Mau nanya, boleh tidak saya mendaftarkan desain logonya saja? Misal saya mendapatkan klien yang ingin dibuatkan logo dengan nama misalnya “testcorp”, lantas setelah berdiskusi dengan klien hingga desain logonya selesai tapi satu dan lain hal klien membatalkan deal. Bagaimana cara melindungi hasil desain logo saya? Jangan sampai dikemudian hari logo yg pernah saya ciptakan kemudian di produksi ulang karena klien tersebut pernah melihat dengan jelas hasil desain logo saya.

    Mohon Bimbingannya, dan jika tidak merepotkan bisa dibalas langsung ke email saya husainalhaz@gmail.com

    Terima Kasih

    • Om Nip-Nip

      March 5, 2014 at 08:04

      @Muh. Husain : sepertinya bapak harus segera menemui departemen yang mengurus masalah hak cipta, hak paten dsb untuk menanyakan kasus yang dialami bapak.

  2. Paket Wisata Pangandaran

    July 23, 2015 at 08:47

    txs informasinya, lunayan ada gambaran..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *