Usaha Kecil Rumahan Modal 1 Juta, Bisnis Otak-Otak


By on June 15, 2013
Usaha Rumahan

Sudah beberapa kali saya mengupas contoh usaha kecil rumahan yang menguntungkan. Jujur, saya memang tertarik buat membahas jenis-jenis usaha kecil rumahan. Selain karena info peluangnya yang bermanfaat dan banyak dicari orang, juga karena sikap positif, kegigihan dan keyakinan dari pemiliknya bisa dijadikan inspirasi usaha buat Anda. 

Pada kesempatan kali ini, saya akan mengupas salah satu usaha kecil rumahan yang modal awalnya hanya 1 juta tetapi produknya mampu tembus ke supermarket. Siapa dia?

Purnani, pemilik bisnis otak-otak “Bening Food”. “Bening Food” adalah usaha kecil rumahan yang memproduksi otak-otak kemasan berbahan baku ikan kakap. Purnani bukanlah orang yang asing dengan industri perikanan. Latar belakangnya adalah alumnus Akademi Usaha Perikanan di Jakarta.

Pada awalnya, Purnani dan suaminya yang kebetulan juga memiliki latar belakang yang sama, memilih terjun ke bisnis pembenihan ikan. Sayang, bisnis ini tidak memberikan hasil yang maksimal bagi mereka. Tidak patah arang, Purnani dan suaminya beralih ke bisnis supplier, pemasok ikan segar ke sejumlah pasar.

Meski usahanya terbilang sukses, Purnani merasa persaingannya sangat ketat. Akhirnya Purnani mencoba mencari ide bisnis modal kecil, berpotensi cukup besar tetapi tidak jauh dari dunia perikanan. Dari sinilah muncul ide usaha kecil rumahan otak-otak. Dan kebetulan, Purnani sudah memiliki peralatan yang mendukung usaha rumahan tersebut. Yaitu freezer dan peralatan dapur yang saat itu dinilai masih cukup memadai untuk berproduksi dalam skala kecil.

Beliau cukup gigih. Pengetahuan tentang cara membuat otak-otak ia dapatkan dari internet. Ia mulai menjalankan bisnis modal kecil otak-otak pada tahun 2006 dengan modal awal hanya 1 juta rupiah. Berhubung Purnani sudah tahu betul seluk-beluk perikanan, Purnani bisa mendapat bahan baku yang berkualitas dengan harga miring.

Ia menggunakan bahan baku ikan kakap tetelan sisa fillet dari pasar ikan. Meski “sisa” Anda, jangan mencitrakan bahan baku ini seperti limbah tak terpakai. Justru bahan baku limbah tetelan ikan kakap ini sangat segar, sama baiknya dengan fillet ikan segar di supermarket.

Perlu diketahui, untuk membuat fillet ikan dengan potongan sempurna, Anda harus memotong sisi pinggir fillet. Nah, potongan inilah yang disebut dengan tetelan kakap. Dan nggak semua orang tahu hal ini. Hanya mereka yang menggeluti dunia perikananlah yang paham dengan produk sisa ini. Tapi yang jelas, harga bahan baku ini bisa irit sampai 70% !!

Setelah itu, Purnani mempercantik otak-otaknya dengan kemasan yang menarik. Ia menggunakan bahan polyethylene yang terkenal food grade. Dan ternyata berhasil !! Kemasan cantik dan food grade ini menarik para konsumen yang sadar benar akan pentingnya higienitas. Purnani sudah mem-positioning-kan produknya dengan benar, memberi jaminan akan produk yang sehat.

Ia juga rajin mengikuti bazzar yang ada dikota Jakarta dan sering menggunakan strategi pameran. Lama-kelamaan, produk otak-otak Purnani dikenal banyak orang. Tapi ia tak berhenti sampai disitu. Purnani memutuskan untuk membuat merek dagang untuk produk otak-otaknya sekaligus mengurus sertifikat MUI.

Setelah mengantongi keduanya, akhirnya Purnani memberanikan diri untuk masuk ke pasar supermarket. Meski Purnani semakin ketat menjaga kualitas produk, tapi kiat ini sukses mengantar omset bisnis Purnan menjadi lebih besar. 10 juta rupiah per bulan, lumayan kan?

Di bawah ini asumsi perhitungan bisnis otak-otak miliknya :

Operasional :

  • Bahan baku (tetelan kakap, tepung tapioca dan bumbu) : Rp. 9.500.000,00
  • Tenaga kerja : Rp. 1.800.000,00
  • Kemasan : Rp. 700.000,00
  • Total : Rp. 12.000.000,00

Omset Penjualan

  • (1300 pack x 13 ribu) : Rp. 16.900.000,00

Laba : Rp. 4.900.000,00

Dengan mengantongi keuntungan usaha hampir 5 juta rupiah perbulan, usaha otak-otak Purnani termasuk jenis usaha kecil rumahan yang cukup menjanjikan kan? Nggak ada salahnya Anda coba geluti peluang usaha kecil rumahan bisnis otak-otak ini. Jika tidak, minimal artikel ini bisa menginspirasi Anda untuk membuka usaha makanan. Setuju?

(sumber gambar : wikiresep.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

One Comment

  1. jual suara walet berkualitas

    November 1, 2016 at 07:30

    wahh patut di acungi jempol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *