Lagi, Bisnis yang Menguntungkan Saat Ini : Usaha Soto Balungan


By on June 16, 2013

Masih ingat kan ulasan saya soal bisnis supplier? Lupa? Ok, sebelum saya bahas bisnis yang menguntungkan saat ini, saya singgung sedikit posting saya tentang usaha supplier. Nara sumbernya adalah seorang pebisnis daging frozen. Beliau pernah bercerita bahwa diantara kiat bisnis yang dilakukannya adalah menjual sisa potongan tulang dan tetelan daging ke pedagang kaki lima.

Dan salah satu warung makanan yang beliau suplai daging tetelan tersebut adalah pedagang soto balungan. Lokasinya di kawasan Kaliurang, Jogja. Nah, teman saya sempat ngobrol-ngobrol sedikit dengan owner usaha soto balungan tersebut. Walhamdulillah, orangnya sangat welcome sehingga teman saya dapat banyak input tentang kiat-kiat dan asumsi keuangan sederhana usaha soto balungan.

So, yang akan saya bahas sekarang adalah bisnis yang menguntungkan saat ini, usaha soto balungan. Ada 2 pokok pembahasan. Yang pertama adalah tips-tips usaha soto balungan. Yang kedua adalah asumsi sederhana tentang usaha soto balungan. Cekidot…

Yang pertama, kiat atau tips sukses bisnis yang menguntungkan saat Ini, usaha soto balungan.

  1. Salah satu kunci sukses bisnis yang menguntungkan soto balungan terletak pada lokasi usaha yang strategis. Contohnya dekat dengan kawasan wisata, dekat dengan pabrik atau pusat pertokoan atau dekat dengan hunian mahasiswa.
  2. Kiat yang kedua keramahan. Ingatlah bahwa setiap orang senang jika diperhatikan. Dan memang, beliau sangat ramah dan termasuk tipe orang yang “titen”… Aduh, bahasa Indonesianya “titen” apa ya? Emm… Gini nih maksudnya. Beliau orangnya sangat hafal dengan pelanggan. Jadi apabila ada pelanggan yang biasanya datang sama istrinya lalu datang sendirian, pasti ia akan tanya, “Mana istrinya mas? Kok nggak diajak?”. Tahu kan maksud saya? Gimana rasanya kalau Anda diperlakukan seperti itu? Pasti senang kan? Jadi perhatikan selalu layanan bisnis Anda.
  3. Karena beliau mengambil daging tetelan, bahan baku yang tadinya mahal bisa jadi lebih murah. Jaraknya hingga 50%. So pasti meski harga daging di pasaran sedang melonjak tinggi, harga soto balungannya beliau nggak ikutan naik. Persis seperti apa yang dilakukan mbak Purnami dengan bisnis otak-otaknya.
  4. Selalu semangat, rajin berinovasi dan pantang menyerah. Tips klasik, tapi efektif. Modal kuat beliau adalah pantang menyerah dan tetap semangat walaupun saat usaha soto balungannya sepi. Dulu awalnya, beliau hanya menghabiskan 2-3 kilo daging per hari. Tapi sekarang, beliau mampu menghabiskan daging hingga 15 kilogram per hari. Anda lihat peningkatannya kan? Hampir 500% lebih. Hanya soal waktu dan kegigihan.
  5. Bagaimanapun juga, rasa adalah prioritas utama. Anda bisa saja mempunyai inovasi yang unik, strategi pemasaran yang dahsyat hingga program pormosi yang menggiurkan. Tapi semuanya hanya mampu mendatangkan konsumen untuk yang pertama kali. Dan repeat order Anda bergantung pada rasa masakan Anda. Itu sudah pasti. Jadi, cobalah membuat masakan yang pas di lidah konsumen, bukan di lidah Anda.

Yang kedua, asumsi sederhana bisnis yang menguntungkan saat ini, usaha soto balungan.

Modal Awal :

  • Tenda 1 set : Rp. 4.000.000,00
  • Peralatan dapur : Rp1.700.000,00
  • Peralatan makan : Rp. 1.200.000,00
  • Total : 6.900.000

Modal Kerja :

  • Bahan baku utama : Rp. 9.000.000,00
  • Bahan baku tambahan : Rp. 17.500.000,00
  • Tenaga kerja : Rp. 2.000.000,00
  • Listrik : Rp. 150.000,00
  • Total : Rp. 28.650.000,00

Omset :

  • Harga Jual x Jumlah Hari x Jumlah Porsi : Rp. 8.000,00 x 30 x 150 = Rp. 36.000.000,00

Keuntungan :

  • Rp. 36.000.000,00 – Rp. 28.650.000,00 = Rp. 7.350.000,00

Wow… nggak kebayang kan usaha kali lima pinggir jalan bisa menjadi bisnis yang menguntungkan saat ini dengan keuntungan 7 jutaan. Belum kalau Anda buka cabang. Tinggal kalikan saja. Iya kan?

(sumber gambar : www.goindonesia.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *