Ini Dia 5 Cara Meyakinkan Calon Investor Lokal Pada Kesan Pertama


By on June 17, 2013
Ini Dia 5 Cara Meyakinkan Calon Investor Lokal Pada Kesan Pertama

Hari ini Anda akan menemui calon investor lokal Anda. Sudah pasti jantung Anda berdetak kencang, dag dig dug boom…!! Masa depan bisnis Anda sedang dalam pertaruhan. Pertemuan ini akan menjadi penentuan yang sangat penting bagi kelangsungan bisnis Anda.

Seperti itu rasanya jika Anda mau bertemu dengan calon investor Indonesia Anda? Atau sedikit hiperbola ya? Tapi bener lho… bagi kebanyakan orang, yang namanya menghadapi calon investor lokal memang mendebarkan. Dan sudah jelas, kalau cari investor, Anda pasti sedang butuh suntikan modal. Apabila gagal untuk meyakinkan calon investor, bisa jadi semua rencana bisnis Anda akan tertunda…. atau bahkan berhenti !! Jadi, Anda pasti menginginkan pertemuan Anda dengan calon investor bakal sukses kan?

Tapi tahukah Anda ada satu hal yang penting dan sangat mempengaruhi keberhasilan Anda untuk meyakinkan investor lokal agar mau menanamkan modalnya di bisnis Anda? Apa itu? Kesan pertama !! “Kayak iklan rexona dong dok…” Benar. Kesan pertama Anda akan selalu membekas di hadapan para investor. Apa yang mereka rasakan saat pertama bertemu dengan Anda bisa mempengaruhi keputusan mereka.

Nah, agar pertemuan Anda dengan investor lokal Anda sukses, ada 5 cara dahsyat agar Anda mampu memberi kesan pertama yang tepat saat menghadapi calon investor lokal. Cara ini saya dapatkan dari majalah investor Forbes. Apa saja ke-5 cara memberikan kesan pertama tersebut? Ini dia…

  1. Fokus pada tujuan Anda.
    Anda datang untuk mencari investor, iya kan? Fokuslah pada tujuan ini. Jangan berputar-putar pada banyak topik yang hanya akan membuang waktu dan memberi kesan kalau Anda kurang yakin. Hal ini sering terjadi bagi Anda yang baru pertama kali berhadapan dengan investor. Mungkin karena nggak enak kalau strike to the point buat langsung minta duit, ha..ha..ha.. Tapi percayalah, investor Anda adalah orang yang sibuk. So, just say halo sebentar dan langsung minta waktu buat mempresentasikan bisnis Anda.
  2. Pikirkan Performa Anda.
    Yang saya maksud performa itu tampilan fisik atau dandanan Anda. Jadi pastikan Anda berpakaian yang layak dan pantas dalam pertemuan itu. Tidak berlebihan tetapi juga tidak terkesan meremehkan. Pastikan juga bahasa tubuh Anda juga terjaga, agak jaim dikit lah… Apalagi jika yang Anda hadapi adalah investor lokal dari kalangan orang terhormat atawa ningrat. Sudah pasti mereka sangat memegang etika.
  3. Abaikan bad mood Anda.
    Terkadang Anda terpaksa harus menjalani sebuah pertemuan dengan beban masalah dalam kehidupan pribadi Anda. Bisa jadi Anda sedang pusing gara-gara habis berhadapan dengan konsumen yang cerewet atau anak Anda tiba-tiba bandelnya nggak ketulungan. Abaikan semua ini !! Bad mood Anda akan terpancar pada wajah Anda. Jika Anda terlihat tertekan, investor mana yang akan percaya dengan Anda? Tenangkan diri Anda dan jangan sekali-kali berpikir untuk mundur.
  4. Pahami calon investor.
    Pelajari terlebih dahulu calon investor lokal Anda. Apa latar belakangnya, bagaimana kisah suksesnya dan apa saja yang menarik minatnya. Jangan sampai Anda memuji investor Anda tetapi tidak tahu persis apa saja keberhasilan investor Anda atau malah Anda terlalu berlebihan dalam memuji mereka. Dan satu lagi, Anda harus nyambung dengan obrolan yang dilemparkan mereka. So, pelajarilah hobi dan minat investor Anda.
  5. Tertarik dan menarik.
    Tunjukan bahwa Anda tertarik pada bahasan yang dilemparkan oleh calon investor Anda. Tapi ingat, jangan dibuat-buat. Maka dari itu, Anda harus menjalankan poin yang ke-4 tadi. Selain itu, Anda juga harus mampu menampilkan sisi pribadi Anda yang menarik. Ingatlah bahwa terlalu mengikuti alur calon
    investor bisa memberi kesan Anda kurang punya pendirian dan terlalu menguasai pembicaraan juga akan membuat Anda terlihat egois.

Lumayan keren kan 5 tips cara mencari investor di Indonesia dari majalah forbes di atas? Pasti Anda nggak sulit buat mempraktekan 5 cara meyakinkan investor lokal maupun investor luar negeri ini. Groginya bentar aja kok, ha..ha..ha..

(sumber gambar : www.investormarketinglists.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

One Comment

  1. laras

    April 22, 2014 at 13:11

    Thanks infonya sgt membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *