5 Kiat Memulai Bisnis dari Nol Bersama Pasangan Anda


By on June 18, 2013
5 Kiat Memulai Bisnis dari Nol Bersama Pasangan Anda

Saya punya teman yang punya hobi baru, membaca macam-macam majalah usaha. Salah satu majalah bisnis yang pernah ia baca adalah “Huffingtonpost”, majalah bisnis online luar negeri. Waktu itu bahasannya adalah kiat memulai bisnis dari nol dengan pasangan Anda.

Dikatakan di situ bahwa tips memulai bisnis dari nol dengan pasangan Anda akan memberikan rasa nyaman, terutama pada sisi keuangan. Selain itu, sebagai suami istri, Anda sudah pasti sudah sangat mengenal satu dengan yang lain. Jadi memudahkan proses partnership dalam bisnis.

Tapi bahayanya, tidak sedikit pasangan suami istri yang memutuskan untuk ber-partnership ending-nya berakhir di meja hijau. Anda nggak mau kan seperti ini? So, saya akan kutip kiat bagaimana memulai bisnis dari nol dengan pasangan Anda. Disimak ya…

  1. Anda berdua adalah partner.
    Poin ini adalah catatan penting yang harus Anda camkan dalam pemikiran Anda. Anda harus tahu bahwa Anda bukanlah pemilik tunggal dari bisnis Anda. Dan pasangan Anda juga bukan asisten, wakil atau karyawan Anda. Kepemilikan Anda dan pasangan adalah 50:50. Kiat memulai bisnis dari nol ini kesannya mudah, tapi pada praktek nyatanya susah. Apalagi kalau Anda adalah laki-laki.
  2. Transparan.
    Salah satu problem yang kerap menjadi pemicu keretakan dalam berumah tangga adalah masalah keuangan. Saat Anda memutuskan untuk memulai bisnis dari nol bersama pasangan Anda, jelas… masalah keuangan bertambah menjadi riskan. Sederhana saja, dalam bisnis, kedua pihak memiliki hak yang sama. Jadi, pastikan Anda berdua selalu memiliki komunikasi yang lancar soal masalah keuangan dan segala kebijakan perusahaan yang Anda berdua jalankan.
  3. Tentukan peran.
    Kalau Anda memulai bisnis dari nol bersama pasangan Anda, bekerja gotong royong adalah saran yang sangat buruk. Di sini ada dua keahlian, pemikiran serta pola dan teknik yang berbeda antara Anda dengan pasangan Anda. Jadi Anda harus tentukan peran masing-masing. Misalnya Anda memutuskan untuk mengurus manajemen dan keuangan, kemudian pasangan Anda yang meng-handle pemasaran. Ingat, jangan tumpang tindih. Ketumpangtindihan, khususnya saat Anda memulai bisnis dari nol bersama pasangan Anda hanya akan memunculkan konflik dan konflik.
  4. Profesional.
    Yang namanya rumah tangga kadang pasti ada masa nggak harmonisnya. Itu wajar. Yang nggak wajar adalah jika masalah keluarga Anda bawa ke bisnis dan tiba-tiba Anda berdua debat kusir di depan karyawan. Hindari hal ini !!
  5. Bekerja pada waktunya.
    Satu lagi kesalahan fatal dalam memulai bisnis kecil dari nol bersama pasangan Anda, tidak memisahkan kehidupan pribadi dengan pekerjaan. Anda mulai membahas urusan bisnis saat di “meja makan”. Kalau Anda selalu melakukan hal ini, lama-lama Anda akan kehilangan kehidupan pribadi Anda sebagai suami istri. Yang ada hanya kehidupan sebagai partner kerja semata. Stop bahas masalah bisnis di meja makan, di rumah, pada saat Anda berlibur apalagi di ranjang !! (*kayaknya yang terakhir nggak mungkin ya, ha..ha..ha..) So, lakukan itu hanya pada waktu Anda bekerja.

Kesimpulannya, jika Anda berencana untuk memulai bisnis dari nol bersama dengan pasangan Anda, jangan lupa praktekan 5 kiat memulai bisnis dari nol di atas demi keberlangsungan rumah tangga dan juga bisnis Anda.

(sumber gambar : manuverbisnis.wordpress.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *