Ide Bisnis Gila : Jual Properti di Bulan !!


By on June 18, 2013
Ide Bisnis Gila : Jual Properti di Bulan !!

“Hah? Jual properti di bulan? Ide bisnis gila siapa itu dok. Impossible !!”. Iya, tapi ini bukan ide bisnis unik bohongan lho. Ini beneran ada. Mau bukti? Coba ketik kata kunci “MoonEstates” di mbah google. Anda akan menemukan sebuah website resmi dari perusahaan properti yang jual properti atau lahan di bulan.

Ide bisnis gila ini dimotori oleh seorang pria berkewarganegaraan Inggris bernama Francis William. Dia menjuluki dirinya dengan sebutan Lunar Ambassador of United Kingdom. (*gile bener nih orang…)

Anda pasti bertanya-tanya, orang gila mana yang mau beli tanah di bulan. Ya, saya juga berpikir demikian. Tapi nyatanya, ide bisnis gila ini laku di pasaran. Banyak yang tertarik untuk investasi properti di bulan, layaknya orang berinvestasi di emas.

“Jiahhhh… Siapa yang beli dok?” Ada !! Mereka berhasil jual properti mereka hingga 300 ribu hektar !! Edan… Awalnya gini, usaha jual properti di bulan ini mulai berjalan pada tahun 2000-an. Mereka bergerak di bidang properti. Kemudian pemilik MoonEstates, Francis William, punya ide bisnis terbaru. Ia ingin mempunyai bisnis properti tapi lahannya di bulan.

Pada tahun 1980, Francis William membeli hak milik jual properti di bulan ini dan membuatnya menjadi ebuah produk yang komersial. Awalnya banyak yang merasa aneh dengan hak properti yang satu ini. Tapi anehnya, beberapa konglomerat mulai tertarik untuk membelinya. Alasannya macam-macam. Yang jelas terdengar, aneh bin ajaib di telinga orang “normal”.

Satu hektarnya, usaha properti MoonEstates ini membandrol lahannya dengan harga $40, sekitar 400 ribu rupiah. Untuk setiap pembelian lahan properti di bulan, si pembeli akan mendapatkan sertifikat seperti layaknya kepemilikan tanah di bumi. Kemudian sebuah satelit untuk menggambarkan peta atau posisi tanah kepemilikan mereka di bulan.

Hmmm… gila !! It’s crazy. Yang jual gila, yang beli lebih gila… Gara-gara ide bisnis gila ini, muncul pertanyaan di benak saya tentang siapa sebenarnya pihak yang secara resmi memiliki hak hipotek atas permukaan bulan ini sampai bisa diperjualbelikan seperti ini.

Akhirnya saya menemukan jawabannya. Menurut situs resmi CNN yang saya baca, ternyata pada tahun 1967 sebuah perusahaan IT di Nevada Amerika meng-klaim sebagai pemilik lahan di Bulan pasca menjadi promotor dari penemuannya di Bulan. Anehnya, klaim ini diterima secara hukum pada saat itu.

Saya nggak tahu kenapa, tapi ada kemungkinan pada saat itu pemerintah AS memerlukan dana dari pihak swasta untuk mengembangkan riset-risetnya. So, atas jasa perusahaan ini sebagai promotor mendapat imbalan hak milik sebagian properti lahan di bulan.

Meski hak properti atas lahan di bulan ini masih menjadi polemik di banyak negara dan organisasi internasional, tapi usaha Francis William ini mengantarnya menjadi jutawan besar di Inggris. Haduh, capek deh… Saya nggak tahu apa ada orang Indonesia yang juga mau beli properti di bulan.

Tapi karena saya orang timur, rasanya terlalu berlebihan kalau sampai ada orang yang punya ide bisnis baru jual properti di bulan. Nggak tahu kalau ternyata 1000 tahun ke depan lahan di bulan ada fungsinya. Tapi sekali lagi menurut saya, untuk saat, it’s crazy… Berlebihan dan pemborosan !! Masih mending ide kreatif bisnis persewaan non komik daripada ide bisnis gila jual properti di bulan ini. Kalau Anda bagaimana?

(sumber gambar : uppyalf.wordpress.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

One Comment

  1. Ir. Haji Lalu Muhammad Hamdan Sjahrul, SH.

    February 7, 2015 at 08:49

    ternyata makin maju negara nya MAKIN STRESS/GILA PENDUDUKNYA, APALAGI ORANG YG NGE-KLAIM MATAHARI MILIKNYA, EDHAN BENER NEGARA2 MAJU… (n)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *