Ini Dia 4 Cara Bisnis Sukses Schott NYC yang Legendaris


By on June 27, 2013
Ini Dia 4 Cara Bisnis Sukses Schott NYC yang Legendaris

Cara bisnis sukses Schott NYC – Anda tahu jaket “Schott”? Kala saya sih nggak begitu kenal sama jaket kelas internasional ini. Entah saya nggak begitu demen jaket atau harganya mahal banget jadi lupt dari “radar”.

Tapi bagi mereka yang hobi berjaket dan berduit, Schott bukanlah nama yang asing. Pasalnya jaket Schott ini sudah menjadi “master” di pasarnya selama hampir 1 abad.

Pertanyaannya sekarang adalah gimana ya resep cara mulai bisnis atau cara bisnis sukses yang mereka jalankan hingga tetap bisa eksis dan mendominasi sampai beberapa generasi? Ok, mari kita bedah cara bisnis baju nya Schott NYC…

Sampai sekarang, perusahaan ini masih menjadi perusahaan keluarga dan terus mewariskan tampuk kepemimpinan pada “family-family-nya”. Walaupun cara mengembangkan bisnis jaketnya terkesan tradisional, perusahaan jaket ini sudah membuka cabang hingga 28 outlet di berbagai negara di dunia, termasuk Amerika, Jepang, Prancis dan Singapura.

Ternyata usaha sebesar ini diawali “hanya” dari jasa penjahitan jaket yang dijalankan oleh nenek buyut Irving Schott, si pemilik bisnis ini. Dulu usaha kecil ini letaknya hanya di basement apartemen Irving Schott. Sekarang wow… perkembangannya luar biasa !!

Kembali ke inti bahasan, apa sih rahasia cara bisnis sukses mereka hingga bisa sebesar sekarang? Beruntung… Jason Schott, chief management dari Schott NYC, membagikan bagaimana cara memulai bisnis sukses mereka.

  1. Menjaga kualitas dan originalitas dari produk.
    Sejak awal produksi, Irving selalu memastikan bahwa produknya memiliki kualitas bagus dan berbeda . Beliau tidak ragu menggunakan bahan terbaik dengan proses produksi yang cermat. Dengan semakin majunya dunia industri, Schott NYC semakin memaksimalkan kualitas jaketnya agar bisa lebih baik dan lebih baik lagi.
  2. Membaca selera konsumen.
    Irving sangat rajin mencari informasi seputar trend fashion, yang pada era itu tidak mudah dilakukan. Sesuatu yang jarang dilakukan oleh kompetitornya. Irving selalu peka dengan permintaan konsumen dan rajin mengamati trend jaket yang diinginkan masyarakat New York. Cara membangun bisnis dengan mengamati trend pasar tersebut terus berlanjut hingga sekarang.
  3. Memanfaatkan nama besar.
    Salah satu rahasia cara sukses bisnis jaket Schott adalah menjadikan jaket tersebut dipakai oleh figur-figur terkenal. Dan cara bisnis sukses tersebut terus dilakukan hingga sekarang. Cara bisnis sukses inilah yang mengantar penjualan Schott terus meledak hingga sekarang.
  4. Manajemen kekeluargaan.
    Satu hal yang tidak banyak diketahui orang adalah manajemen bisnisnya dilakukan secara kekeluargaan. Jadi jangan heran kalau sesekali seorang chief bisa saja turun dan “ikutan sibuk” di pabrik bersama para buruh jahitnya. Hubungan kekeluargaan ini yang menciptakan loyalitas semuakaryawan mereka.

Itu tadi cara bisnis sukses perusahaan besar Schott NYC. Tipsnya sederhana kan? Tapi cara bisnis sukses di atas bukanlah “pekerjaan sederhana” untuk Anda kerjakan. Butuh perjuangan keras !! Yang jelas, cara bisnis pakaian Irving Schott terbukti sukses mengantar Schott NYC terus bertahan selama lebih dari 1 abad. Anda mau tiru cara mengelola bisnis ini?

(sumber gambar : www.lyst.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *