Tips Marketing Sukses : 6 Kiat Meledakkan Omset Anda di Pameran


By on June 27, 2013
Tips Marketing Sukses : 6 Kiat Meledakkan Omset Anda di Pameran

Masih ingat artikel saya tentang tips marketing sukses dengan menggunakan strategi pameran kan? Buat yang belum baca artikel tersebut, Anda bisa baca di sini, tips marketing sukses menggunakan strategi pameran. Di situ ada banyak informasi penting yang bisa Anda baca berkaitan dengan artikel ini.

Pada artikel yang terdahulu, saya mengatakan bahwa jika Anda mengikuti pameran, omset Anda akan naik hingga 50%. Ternyata bisa lebih dari itu. Ada pengusaha yang mengaku bisa menaikkan omset sampai lebih dari 100%. Artinya, strategi pameran memang paling dahsyat jika Anda ingin menaikkan omset dalam jangka pendek.

Tapi ingat, hal itu bisa terjadi kalau booth Anda sukses di pameran. Jadi booth Anda harus bisa memikat pengunjung untuk datang dan membeli produk-produk Anda. Perlu Anda ketahui, tips marketing sukses dengan menjadi peserta pameran tidak serta merta bisa memberikan Anda kenaikan omset hingga 100%.

Tidak ada jaminan produk Anda bisa laku keras di pameran. Ada pula peserta pameran yang pulang dengan tangan hampa, tidak ada satupun barang yang laku.

Lalu bagaimana cara sukses marketing untuk meledakan omset di pameran? Baik, saya akan kutipkan dari beberapa pebisnis yang sudah berpengalaman menggunakan strategi pameran. Siapa mereka? Asayani Batik, Marisna Bakpia dan Maharani Embroidery. Silahkan Anda baca…

  1. Pilih lokasi booth yang strategis.
    Tips marketing sukses dengan strategi pameran yang pertama adalah Anda harus memilih lokasi booth yang strategis. Lokasi booth adalah penentu penentu sukses tidaknya Anda saat mengikuti pameran. So, pastikan bawah Anda dapat lokasi booth yang mudah untuk dijangkau pengunjung. Bisa tepat di hadapan pintu masuk atau di urutan terdepan. Terserah Anda. Yang penting intinya adalah booth Anda mudah untuk dijangkau pengunjung.
  2. Jadikan booth Anda mencolok.
    Tips marketing sukses dengan strategi pameran yang kedua adalah buat booth Anda “berbeda”. Meski booth Anda ada di urutan paling depan, Anda beresiko untuk dilewati begitu saja oleh penunjung jika tampilan booth Anda “datar-datar” saja. Jadi permak-lah booth Anda agar penuh dengan nuansa, warna serta bentuk atau desain yang menarik. Tujuannya hanya satu, membuat pengunjung melirik booth Anda kemudian mendatanginya.
  3. Pajang produk paling unik dan berwarna di depan.
    Kalau saya datang ke pameran, biasanya mata saya langsung tertuju pada barang yang warnanya mencolok. Entah seramai apapun pamerannya, pasti saya akan penasaran dengan barang yang unik dan mencolok. Well, di pameran, Anda tidak harus memajang produk yang termahal atau yang terbaik di depan. Tapi pajang produk yang paling bisa “memanggil” pengunjung. Jadi cara marketing yang sukses menggunakan strategi pameran yang ketiga adalah : pajang produk terunik dan paling mecolok di depan !!
  4. Siapkan produk “maut” untuk pameran.
    Kalau produk yang Anda tawarkan tidak ada yang istimewa, pengunjung booth Anda hanya sampai pada taraf “melihat-lihat”. Anda buat booth kan bukan sekedar untuk dilihat barangnya tho? Tapi biar bisa dibeli konsumen, bener nggak? So, tips marketing sukses dengan menggunakan strategi pameran yang keempat adalah persiapkan produk yang benar-benar “maut”. Apa ciri dari produk yang “maut” itu? Cirinya adalah 3 S, yaitu sangat dicari, sangat dibutuhkan dan kalau bisa sangat langka.
  5. Berikan diskon.
    Jurus dan tips marketing sukses menggunakan strategi pameran yang kelima adalah berikan diskon. Sebuah tulisan besar seperti “diskon 70%”,  “diskon X%” atau “diskon sekian persen” selalu efektif untuk mendatangkan pengunjung. Apa yang ada di otak orang yang datang di ebuah pameran adalah satu kata, MURAH !! Jadi sebelum Anda berangkat pameran, rancang program promosi yang efektif. Dan pastikan, Anda tidak melakukan kesalahan dalam menentukan harga. Sebagai tambahan, program promosi itu tidak identik dengan potongan harga saja. Anda bisa juga menjual paketan seperti beli 5 bonus 1.
  6. Sebar kartu nama dan pamflet.
    Kartu nama dan pamflet adalah tips marketing strategy sekaligus senjata terakhir Anda di pameran. Seringkali dengan kedua senjata tersebut, Anda akan “kedatangan” penjualan susulan beberapa hari pasca pameran. Khusus untuk kartu nama, Anda jangan buat yang biasa-biasa saja. Buatlah kartu nama yang berbeda dengan yang lain. Mau tahu caranya? Klik di sini.

Itu tadi beberapa tips untuk mendongkrak omset Anda di pameran. Jadi kalau Anda mau ikut pameran, jangan asal ikut ya. Terapkan tips marketing sukses ini dan cobalah untuk selalu berinovasi, okay…?

(sumber gambar : iamitchand.blogspot.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

One Comment

  1. Jasa Pembuatan Booth Pameran

    March 10, 2016 at 00:36

    Its a very nice article. I love to read it. Keep it up. Thanks for sharing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *