Usaha Kuliner Unik Ini Mampu Menghasilkan Omset Hingga 70 Juta Per Bulan !!


By on June 27, 2013
Usaha Kuliner Unik Ini Mampu Menghasilkan Omset Hingga 70 Juta Per Bulan !!

Peluang usaha kuliner memang selalu jadi primadona bagi banyak orang yang ingin memulai membangun bisnis. Selain “tidak ada matinya”, memulai usaha kuliner unik bisa dilakukan tanpa harus mengeluarkan modal yang besar. Pilihannya juga banyak. Mulai dari warung bakso, bebek goreng hingga usaha soto balungan.

Bicara soal pilihan, ada satu usaha kuliner unik yang langka dan jarang pesaing, yakni kuliner laksa ala betawi. Tunggu dulu, Anda tahu laksa kan? Bagi yang asli Melayu atau tinggalnya di Bandung dan Bogor, pasti familiar dengan menu satu ini.

Laksa sebenarnya hidangan hasil campuran gaya Melayu dan peranakan. Hidangannya berupa ketupat, mie bundar, soun, tauge, udang, dan kuah santan kaldu yang kental dan segar. Wah, saya jabarin begini malah bikin saya yang kepingin nyobain neh…

Nah, yang akan saya bahas ini usaha kuliner unik laksa Betawi ala Bang Darus. Sebenarnya laksa betawi tidak  banyak perbeedaan dengan kuliner laksa pada umumnya. Bedanya hanya pada bumbu dan jenis mienya saja. Laksa Betawi menggunakan mie bihun, tanpa mie bundar. Tapi soal rasa, “lazis” banget.

Makanya jangan heran kalau usaha unik Bang Darus yang letaknya di kawasan Kebayoran Lama tidak pernah kehabisan pembeli. Rasa laksanya sangat khas, enak tapi dijual dengan harga yang cukup murah, hanya 8 ribu rupiah saja.

Sekarang usaha kuliner unik ini sudah dijalankan oleh Nufi Salam, putra dari Darussalam Isa, perintis usaha kuliner ini. Usaha kuliner unik ini berdiri pada tahun 70-an, tapi sempat berhenti di akhir tahun 90-an karena pada saat itu, kios yang dipakai buat jualan di gusur. Kemudian usaha kuliner ini dilanjutkan oleh sang anak, mulai dari nol.

Dengan modal hanya 2 juta rupiah waktu itu, Nufi nekad menyewa sebuah kios di Kebayoran Lama untuk membuka kembali lapak laksa milik orang tuanya. satu persatu konsumen mulai lagi berdatangan. Karena makanan ini tergolong langka dan sepi kompetitor, laksa Bang Darus laku keras.

Meskipun usaha kuliner ini laris, di awal Nufi tetap harus berusaha keras untuk mendatangkan kembali para pelanggan yang hilang. Absen sekian lama dan pindah lokasi usaha membuat ia kehilangan banyak pelanggan lama. Tapi Nufi tidak kehilangan akal. Ia mulai menghubungi beberapa pelanggan setia yang masih sering komunikasi dengan keluarga Bang Darus. Pelanggan setia inilah orang-orang pertama yang kemudian “getok tular”, mempromosikan kuliner laksa Bang Darus ke rekan dan kolega mereka.

Ia juga bekerjasama dengan catering pernikahan untuk mengenalkan sekaligus menaikkan omset penjualannya. Pada saat itu, jasa catering pernikahan dengan gaya gubukan sangat dicari orang. Jadilah Nufi “sambil menyelam minum air”. Omsetnya naik sekaligus usaha kulinernya banyak dikenal orang. Masalahnya ia selalu memberikan kartu nama saat ia melayani para undangan tamu yang datang ke “gubukan” laksa miliknya.

Setelah itu ia mulai rajin menawarkan laksa miliknya agar bisa mengisi “gubukan” ke berbagai jasa catering di Jakarta. Ternyata cara ini sangat efektif dan berhasil mendongkrak penjualan dengan cepat. Sehingga mau tidak mau ia harus menjaga rasa dan kualitas laksanya.

Hingga saat ini, tidak ada satupun yang dirubah atau dikurangi dari laksa Bang milik Darus, baik itu bumbu atau isian. Nufi juga tetap mempertahankan cara masaknya yang tradisional, yaitu menggunakan arang. Ia yakin bahwa measak dengan arang mampu memberikan rasa yang lebih lezat dibandingkan dengan menggunakan gas.

Kini dalam satu hari, tak kurang dari 200 mangkuk laksanya terjual. Masih ditambah dengan melayani pesanan partai besar dari catering-catering rekanannya. Omset perbulannya mencapai 70 juta dengan margin sekitar 25%. Sebuah angka yang menakjubkan kan dari usaha kuliner unik nan langka ini?

Anda berminat juga untuk memulai usaha kuliner modal kecil ini? Jika ya, jangan lupa untuk menyusun budget agar nantinya Anda punya usaha kuliner sukses juga, seperti usaha kuliner terlaris milik Bang Darus…

(sumber gambar : www.laksa.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

One Comment

  1. marissa sihombing

    November 11, 2014 at 10:31

    sya trtarik dgn bisnis ini tapi kalo bole tolong donk di kirim resep2 dan cara pembuatannya.trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *