Ini Dia 5 Teknik Negosiasi Bisnis Mematikan dari FoxBusiness

By on July 4, 2013

Bagi Anda yang sedang atau ingin menggeluti dunia wirausaha, mempelajari teknik negosiasi bisnis itu sangat penting. Dalam menjalankan bisnis, Anda tidak mungkin bisa lepas dari negosiasi bisnis. Baik itu negosiasi bisnis dengan supplier Anda, dengan agensi iklan Anda atau negosiasi bisnis dengan pembeli Anda. Negosiasi bisnis ini nantinya akan menelorkan kesepakatan dan perjanjian bisnis.

Oleh karena itu Anda harus piawai dalam negosiasi bisnis. Dan di dunia nyata, tidak semua orang punya bakat negosiasi. Banyak yang canggung saat melakukan lobby dan negosiasi bisnis sehingga “endingnya” banyak yang tidak mendapatkan kesepakatan sesuai yang diharapkan.

Karena masalah itulah saya akan kutip sebuah artikel tentang konsep dasar dalam menghadapi negosiasi bisnis. Bahasa gampangnya adalah teknik negosiasi dasar. Artikel negosiasi bisnis dasar tersebut saya ambil dari web internasional, FoxBusiness.com. Semoga strategi negosiasi ini bisa Anda praktekkan dengan mudah. Ini dia kutipannya…


  1. Tenang dan diam.
    Ketika Anda menjalankan negosiasi bisnis, Anda akan merasa deg-degan ketika menghadapi orang diam seperti batu karang. Dan pada saat Anda menangkap kesan angker tersebut, akhirnya Anda memilih untuk menahan tuntutan Anda. Anda keburu takut duluan kan? Well, ternyata diam dan tenang akan mendatangkan rasa tertekan di pihak lain. Jadi pratekkan teknik negosiasi bisnis ini.
  2. Jaga kata-kata Anda.
    Hati-hati dengan kata-kata Anda. Jangan sampai Anda kelepasan dan tanpa sadar membongkar isi dapur Anda sendiri. Anda harus pandai memutar kata supaya pihak lain justru yang kelepasan. Jadi teknik negosiasi bisnis yang kedua adalah bicara dengan hati-hati dan terjaga, karena informasi adalah barang yang berharga dalam sebuah negosiasi bisnis.
  3. Berikan sinyal.
    Seperti yang saya katakan di atas tadi, saat negosiasi Anda jangan banyak bicara. Ketika Anda hanya memberi sinyal dengan gesture dan mimik yang tidak terlalu menonjol, Anda justru memberi kesan lebih tangguh. Taktik negosiasi ini terbukti jitu. Ingat, dilarang keras datang ke tempat negosiasi bisnis dengan banyak aksi dan banyak bicara !! Anda akan terkesan kurang meyakinkan sekaligus kurang yakin dengan materi Anda sendiri.
  4. Lakukan permainan “kentang panas”.
    Anda pernah pegang kentang panas? Apa yang reflek Anda lakukan ketika memegang kentang panas? Anda lempar, iya kan? Nah, beri kesan kalau Anda sedang tergesa-gesa dan Anda siap dengan segera melempar materi bisnis Anda. Pastikan Anda bisa menyebutkan setidaknya satu nama lain sebagai cadangan Anda, tetapi hati-hatilah karena lawan Anda bisa saja melakukan crosscek.
  5. Pahami pikiran alam bawah sadar lawan Anda.
    Ketika belanja di pasar atau di warung kelontong, sudah naluriah Anda akan menawar harga di bawah angka yang disebutkan si penjual. Am I correct? Nah, ini contoh alam bawah sadar. Tahukah Anda kalau para penjual ini sengaja memasang harga awal sedikit lebih tinggi sehingga saat Anda menawar sebenarnya angka tersebut adalah harga asli produk mereka? Maka dari itu, pahami pikiran alam bawah sadar lawan Anda.

Itu tadi 5 konsep atau tips negosiasi ala FoxBusiness. Anda bisa mengadaptasi konsep atau teknik negosiasi ini dan disesuaikan dengan cara dan karakter Anda. Sekarang sudah siap untuk bernegosiasi? Saya harap teknik negosiasi bisnis Anda lancar dan sukses. See you…

(sumber gambar : informasitips.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan.So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya.Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *