3 Data yang Harus Anda Miliki Saat Menyusun Rencana Bisnis Periodik


By on July 7, 2013
3 Data yang Harus Anda Miliki Saat Menyusun Rencana Bisnis Periodik

Saat Anda mulai menyusun rencanca bisnis periodik, Anda perlu memiliki data-data dan informasi yang cukup agar perencanaan bisnis Anda akurat. Nah, saat Anda ingin mengumpulkan data dan informasi tersebut, ada 3 aspek data setidaknya perlu Anda miliki agar cukup sebagai dasar atau pijakan Anda dalam menyusun rencana bisnis periodik. Apa sajakah ketiga data itu?

  1. Data dari karyawan Anda.
    Karyawan adalah front terdepan dalam usaha Anda. Mereka yang lebih tahu bagaimana proses produksi Anda sebenarnya. Mereka juga tahu bagaimana situasi usaha Anda di lapangan dan bagaimana respon dari konsumen Anda. Jadi beri kesempatan mereka berkontribusi dalam menyusun rencana bisnis periodik. Tanyakan kepada mereka tentang apa yang harus Anda hilangkan, apa yang harus Anda tambah, apa yang harus Anda pertahankan dan imbuhkan ke dalam operasional usaha Anda. Setelah itu, pakai semua input tersebut saat Anda menyusun rencana bisnis periodik yang baru.
  2. Data dari konsumen Anda.
    Muara dari semua usaha adalah kepuasan konsumen. Jadi sudah sewajarnya kalau Anda menggali informasi langsung dari konsumen Anda. Tanyakan kepada mereka apakah produk Anda apakah sudah memuaskan ataukah belum. Anda bisa mengadakan survei kecil kepada konsumen Anda. Tetapi cara tersebut memerlukan biaya. Anda harus menyiapkan imbalan kepada konsumen yang Anda jadikan responden. Tapi jika Anda tidak siap dengan biaya tersebut, Anda bisa mengajak konsumen berbincang-bincang secara personal ketika mereka datang untuk membeli lagi produk Anda. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan informasi yang banyak tentang trend, minat pasar sampai peta persaingan yang sangat berguna bagi perencanaan bisnis periodik Anda.
  3. Data dari aktifitas keuangan Anda.
    Nah, ini data yang terakhir tetapi sangat mutlak untuk Anda miliki. Semua usaha pasti memiliki aktivitas keuangan. Dan aktivitas ini bisa menunjukkan kondisi usaha Anda. Catat bagaimana pemasukan Anda, bagaimana biaya Anda yang keluar serta bagaimana aset dan hutang Anda. Hanya saja sebelumnya, Anda harus mencatat setiap aktivitas keuangan usaha Anda. Kalau tidak, darimana Anda akan mengambil data sebagai bahan menyusun rencana bisnis periodik dan rencana bisnis anggaran?

Setelah Anda sudah siap dengan 3 aspek data ini, Anda tinggal menggunakannya sebagai dasar bagi Anda membuat perencanaan bisnis preiodik. Untuk contoh rencana bisnis sederhana yang memuat ketiga aspek ini, Anda bisa searching di google, he..he..he..

Btw, ada aspek data lain yang perlu dilengkapi? Siapa tahu aspek data yang saya berikan dalam menyusun rencana bisnis kurang lengkap.

(sumber gambar : darmansyah.weblog.esaunggul.ac.id)

Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

One Comment

  1. Waway

    September 24, 2015 at 10:49

    Nice articel,love it..sangat memotivasi & membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *