Profil Pengusaha Muda Sukses Umur 28 Tahun : Fauzan Kalimilk


By on July 8, 2013
Profil Pengusaha Muda Sukses Umur 28 Tahun : Fauzan Kalimilk

Belakangan ini ada tempat kongkow yang unik di kota Jogja. Bukan café, bukan juga warung angkringan. Tapi kedai susu. Ownernya masih muda lagi. Baru 28 tahun !! Keren kan? Cocok buat dijadikan profil pengusaha muda sukses. Nama tempat tongkrongannya Kalimilk, kalau nama pemiliknya Fauzan Rachmansyah. Pernah dengar? Belum? Saya “perdengarkan”, he..he..he..

Fauzan memulai usaha kedai susu ini tahun 2011. Waktu itu umurnya baru sekitar 26 tahun. Cukup muda untuk bisa mencapai kesuksesan seperti sekarang. Saya aja yang udah kelapa tiga belum sukses-sukses juga, ha..ha..ha.. Nah, sebelum saya cerita soal profil pengusaha muda sukses di Jogja ini, saya coba berbagi kisah awal mula Fauzan membuka Kalimilk.

Latar belakang beliau agak suram, pernah terseret ke dunia narkoba. Karena sebab itulah orang tua beliau mengirimnya ke Jogja supaya jauh dari dunia hitam tersebut. Di kota pelajar ini, ternyata Fauzan harus kembali menelan pil pahit. Sang ayah meninggal dunia, sementara kuliahnya di salah satu universitas besar di kota Jogja belum rampung. Terpaksa Fauzan menjalani rangkaian “karier dadakan” demi merampungkan study-nya.

Ia mulai melakoni “hidup barunya”. Menjadi sales hingga supir pernah ia jalani. Tapi dari sinilah jiwa pengusaha beliau muncul. Fauzan bisa menabung hingga sanggup membeli sebidang tanah dan mencoba usaha ternak sapi kecil-kecilan. Pada saat itu, Fauzan mengeluhkan harga susu sapi yang terlalu murah buat dijual. Hanya 2 ribu rupiah per liter.

Kalau hanya bisa terjual dengan harga segitu, kenapa nggak buat usaha sendiri saja pikirnya. Mending langsung jual ke end user. Dan kebetulan sang istri punya keahlian memadukan susu dengan bahan-bahan yang lain, sehingga rasanya bisa beragam.

Dengan modal nekad dan dana terbatas, pada awal tahun 2011 Fauzan membuka Kalimilk, yang artinya “Kaliurang Milkpada”. Awalnya ia mau membuka usaha pada bulan Juni 2011. Tapi gara-gara erupsi Merapi yang menyebabkan beberapa sapi miliknya dan kelompok tani rekanannya menjadi korban, usaha kedai susu Kalimilk akhirnya dimajukan.

Banyak yang memprediksi bahwa ide bisnis ini tidak akan berhasil. Seperti menjual lahan di bulan… Ternyata bisnis susu miliknya berkembang cukup pesat. Dari kedai susu yang tadinya hanya berukuran kecil, ia pugar dan ia perluas agar bisa menampung pembeli yang membludak.

Dan dalam tempo satu tahun, usaha susu Kalimilk Fauzan sudah bisa membuka cabang. Dan gilanya, saat ini omset usaha kedai susu Kalimilk rata-rata 13 juta rupiah sehari !!

Terakhir saya dengan kabar, kebutuhan susu murni mentah di Kalimilk mencapai 280 liter perhari. Jumlah tersebut tidak lagi mampu Fauzan penuhi dari peternakannya sendiri. Bahkan kelompok tani rekanan lamanya juga kewalahan. Jadilah Fauzan membuka rekanan baru disekitar kawasan Kaliurang.

Eniwei, ada satu lagi yang perlu Anda contoh dari beliau. Demi meningkatkan kesejahteraan peternak, Fauzan membeli susu dengan harga Rp 4.500,00 per liter. Harga beli susu murni yang cukup tinggi bagi para peternak sapi di wilayah Jogja. Patut kan kalau iya dijadikan profil pengusaha muda sukses?

Sayangnya, asisten online saya tidak bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai perhitungan modal dan biaya dari usaha susu Kalimilk Fauzan ini. Tapi sebagai penggemar susu Kalimilk, asisten online saya bisa berbagi soal keunggulan kedai susu Kalimilk sehingga bisa menarik pelanggan hingga mereka mau mengantri untuk membeli susunya.

  1. Kedai yang cozy.
    Pertama kali asisten online saya diajak ke tempat ini, ia langsung “jatuh hati” sama tempatnya. Mulai dari desain kedainya, suasana, tata letak meja dan kursinya… nyaman sekali. Memang pas buat dijadikan tempat nongkrong. Makin lama orang nongkrong di sana, hawanya inginnya beli ini beli itu, nyemil ini nyemil itu… 🙂
  2. Rasa susu yang bervariasi.
    Anda tahu konsep starbuck di mana kopinya banyak variasinya? Nah, Anda akan menemukan konsep yang sama di sini, yaitu susu aneka rasa. Mau susu rasa buah, susu rasa kacang sampai susu rasa yoghurt dan es krim ada di Kalimilk. Kalau menurut asisten online saya kedai susu Kalimilk adalah starbuck ala susu. Atau susu ala starbuck ya?
  3. Branding susu gaul yang unik.
    Yang namanya anak muda pasti suka nongkrong di malam hari. Benar nggak? Ini nih yang unik… Jarang kan orang nongkrong malam hari di kedai susu. Nah, positioning dan branding Fauzanlah yang membuat susu menjadi gaul dan anak muda banget. Tidak hanya berhenti di situ. Kedai susunya juga masih matching buat family gathering.

Keren kan profil pengusaha muda sukses saya kali ini. Semoga bisa jadi inspirasi dan motivasi bisnis buat Anda. Udah dulu ya… capek nih ngedit sama nulis. Bye…

(sumber gambar : www.facebook.com/Kalimilk)

Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

13 Comments

  1. Rista Jaya

    June 24, 2015 at 14:01

    Nice article,enak ya bisa jadi pengusaha muda. Tapi di balik kesuksesannya ada harga mahal yang harus dibayar, yaitu ketelatenan dau usaha keras untuk mengangkat usahanya. 🙂 Masih banyak potensi usaha yang bisa dilirik apabila kita mau belajar membuat produk wirausaha ‘ Dengan begitu kita bisa menjadi wirausahawan sukses seperti Pak Fauzan. 😀

  2. setro pawiro

    September 28, 2015 at 09:35

    peluang usaha di bidang kedai susu ini sepertinya masih terbuka lebar, apalagi di daerah depok jawa barat yang sepertinya belum ada, kebanyakan masih di sekitar kedai kopi tempat kongkow nya, jogja dan depok jabar kota yg mirip..banyak kampuis bertebaran disini…sepertinya layak dicoba di kota depok bisnis yang dijalanin om fauzan…sukses om

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *