5 Hal yang Harus Anda Lakukan Untuk Membangun Loyalitas Karyawan


By on July 12, 2013

Setiap pengusaha pasti menginginkan satu hal ini ada pada semua pegawai mereka. Apa itu? Loyalitas karyawan !! Mereka selalu mencari bagaimana cara memotivasi karyawan agar selalu semangat bekerja dan loyal kepada mereka… Bagaimana tidak, seorang karyawan yang sudah berkomitmen akan rela berkorban demi perusahaannya.

Bentuk pengorbanannya macam-macam. Tidak hanya jam lembur atau pekerjaan di luar “job desc-nya”. Tetapi juga siap untuk berjuang hingga “ikhlas” tidak mernerima gaji saat ebuah perusahaan sedang terpuruk. Wow, luar biasa !! Saya pastikan Anda akan “bahagia” jika bisa membangun loyalitas karyawan hingga siap untuk bekerja tidak dibayar.

Bagi Anda yang sudah berhasil membentuk loyalitas karyawan di perusahaan, sungguh Anda sangat beruntung. Karena mereka akan menjadi pendukung setia perusahaan Anda dengan memberikan segala energi dan pemikiran kepada Anda. Loyalitas karyawan juga akan membentuk pelayanan konsumen yang maksimal sehingga loyalitas pelanggan Anda juga semakin kuat.

Dan bagi yang belum, loyalitas karyawan bukan datang begitu saja dari langit. Loyalitas karyawan harus Anda ciptakan. Caranya bagaimana? Caranya tergantung inovasi Anda, he..he..he.. Tapi tenang, saya sudah siapkan kisi-kisinya.

  1. Bukan Tentang Uang
    Memberi gaji besar bagi karyawan Anda bukanlah ide yang buruk untuk meningkatkan loyalitas karyawan. Tapi kalau Anda mendasarkan loyalitas karyawan Anda pada gaji yang besar, maka satu hari mereka bisa saja lari kepada perusahaan lain yang mampu menggaji mereka lebih besar. Jadi intinya kesetiaan tidak akan pernah terbeli dengan uang.
  2. Kebanggaan
    Salah satu pondasi dari loyalitas karyawan adalah kebanggaan. Bangga menjadi bagian dari perusahaan Anda, bangga menjadi bagian tim dari seorang leader seperti Anda atau bangga dengan dedikasi Anda untuk memajukan perusahaan. Karena itu jadilah seseorang yang patut mereka banggakan. Ciptakan iklim kerja yang lovable dan share mimpi Anda dengan karyawan Anda. Biarkan mereka juga memiliki mimpi Anda dan menjadi bagian dari mimpi tersebut.
  3. Penghargaan
    Penghargaan tidak melulu soal hadiah dan bonus. Tapi tunjukan penghargaan Anda atas segala jasanya. Sikap Anda, empati Anda dan perlakuan Anda pada mereka adalah sebuah penghargaan yang jauh lebih berharga dari apapun. Anda mau mereka ada di sisi Anda kan? Maka jadilah orang yang siap berada di sisi mereka.
  4. Kultur Bisnis
    Saya katakan sebelumnya bahwa Anda dan perusahaan Anda harus menjadi sesuatu yang patut mereka banggakan. Tapi mustahil kalau prinsip bisnis yang berlaku di perusahaan Anda tidak bernorma. Jadi ciptakan kultur bisnis yang baik dalam bisnis Anda.
  5. Orisinalitas
    Bisnis Anda dan produk Anda harus orisinal. Dengan orisinalitas tersebut, saya yakin loyalitas karyawan Anda tidak akan lari karena mereka tidak akan menemukan “hal” yang sama di perusahaan yang lain.

Well, sudah Anda resapi maksud dari 5 kisi-kisi tadi kan? Selanjutnya coba Anda praktekan di perusahaan Anda. Lima kisi-kisi membangun loyalitas karyawan di atas bukan sekedar isapan jempol belaka. Walau sederhana, tapi kelima hal tentang loyalitas pegawai tersebut mampu menciptakan komitmen karyawan di banyak perusahaan.

(sumber gambar : www.psychologymania.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *