Peluang Usaha Makanan dengan Modal Kecil di Era High Speed Lifestyle


By on July 12, 2013
Peluang Usaha Makanan dengan Modal Kecil di Era High Speed Lifestyle

Tahun 2013… tahun dimana masyarakat dipaksa hidup dengan aktivitas yang super padat. Kondisi ini menyebabkan segala yang memakai jargon instant selalu menjadi top list. Termasuk peluang usaha makanan dengan modal kecil berikut ini. Peluang usaha makanan dengan modal kecil apa dok?

Bisnis usaha makanan instant. Aneh di telinga ya? Ok, saya akan jelaskan. Begini, kalau Anda lihat, keadaan sekarang membuat orang hidup dalam high speed lifestyle. “Eits, entar dok. Apaan tuh highspeed lifestyle?” Highspeed lifestyle adalah cara hidup dengan kesibukan yang sangat padat disertai dengan waktu yang sangat terbatas.

Mereka yang hidup dalam high speed lifestyle harus menjalani hari dengan bangun pagi, menyiapkan kebutuhan keluarga, bersiap untuk pergi ke kantor sambil mencari tempat yang bisa cepat menghidangkan sarapan. Pulang kerja larut malam dan setiba di rumah masih harus memikirkan menu makan malam.

Anda sudah bisa bayangkan kan apa itu high speed lifestyle? So, keadaan ini membuat banyak orang khususnya “wanita-wanita karier” tidak sempat menyiapkan masakan untuk sarapan dan makan malam. Dengan terpaksa, makanan instant selalu menjadi top list rank, pilihan utama bagi para pelaku highspeed lifestyle ini.

Dari sini Anda bisa mendapatkan ide bisnis makanan instant buatan Anda sendiri. Dan berita baiknya, peluang usaha makanan dengan modal kecil ini bukan termasuk bisnis makanan dan minuman yang susah untuk Anda kerjakan. Khususnya jika Anda punya hobi memasak. Potensi peluang usaha makanan dengan modal kecil ini juga lumayan. Tidak kurang dari 40% keuntungan yang bisa Anda dapat dengan pengembalian modal sekitar 3 – 5 bulan.

Cukup manis untuk Anda jalankan kan? Nah, seperti apa tips-tips untuk menjalankan peluang usaha makanan dengan modal kecil ini? Menurut salah satu tabloid peluang usaha dalam salah satu rubriknya, beberapa hal yang harus Anda jalankan jika Anda ingin usaha makanan ini bisa menjadi bisnis makanan yang menguntungkan.

  1. Jenis Makanan
    Putuskan produk makanan instant apa yang akan Anda pilih. Ada banyak sekali pilihan yang bisa Anda ambil. Contohnya makanan olahan daging macam nugget dan bakso, dimsum atau masakan bumbu siap jadi. Pastikan Anda tahu betul bagaimana proses pengolahannya dan siapkan segala peralatan yang Anda butuhkan secara memadai.
  2. Modal Usaha
    Untuk poin yang kedua ini, Anda harus siapkan bersamaan saat Anda menjalankan poin yang pertama. Anda tidak harus menyiapkan modal besar. Setahu saya, banyak para pelaku usaha ini yang memulai bisnis makanan unik ini dengan modal tidak lebih dari 1 juta rupiah. So, siapkan modal yang cukup untuk membeli peralatan dan perlengkapan memasak, bahan baku dan kemasan produk dalam jumlah yang terbatas. Tujuannya adalah untuk membuat sampel. Usahakan Anda jangan memproduksi dalam jumlah yang besar dulu. Berproduksi secara bertahap supaya jika ada barang sisa tidak terlalu banyak. Ingat, Anda baru memulai usaha, bukan mengembangkan usaha.
  3. Selling Point
    Dalam peluang usaha modal kecil ini, mau tidak mau Anda akan bersaing dengan brand besar yang sudah menguasai pasar. Jadi Anda harus punya diferensiasi atau nilai yang berbeda dengan produk yang ada di pasaran. Contohnya misal dengan menjamin produk Anda bebas MSG dan bahan pengawet, atau Anda melakukan inovasi bisnis dengan membuat nugget dengan campuran
    sayuran. Desain kemasan juga perlu Anda perhatikan. Jangan mentang-mentang bisnis rumahan lantas kemasannya asal-asalan. Meskipun kemasan Anda sederhana dan murah, Anda harus tetap memperhatikan unsur higienitas, karena produk Anda adalah produk makanan, bukan gas elpiji.
  4. Teknik Pemasaran
    Kalau Anda berdomisili di perumahan, Anda bisa menjualnya dengan cara door to door. Bisa juga melalui pertemuan rutin seperti arisan dan lain-lain. Kalau modal Anda terbatas, Anda bisa gunakan strategi pemasaran online untuk melebarkan jangkauan pasar Anda. Anda juga dianjurkan untuk menawarkan sistem keagenan. Jika memungkinkan, memanfaatkan berbagai bazaar dan gunakan strategi pameran untuk berpromosi.

Anda tertarik untuk mencoba contoh usaha makanan dengan modal kecil ini? Jika ya, prinsipnya adalah kesungguhan saat Anda buka usaha makanan ini. Selanjutnyam silahkan praktekan langkah-langkah yang tadi di atas. Well, selamat menjalankan peluang usaha makanan dengan modal kecil di era high speed lifestyle ini. Semangat !!

(sumber gambar : cantikinfo.blogspot.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *