Geluti Bisnis Online Shop, Usaha Potensial Ini Omsetnya Capai 200 Juta Per Bulan


By on July 15, 2013

Ide bisnis potensial bisa muncul dari mana saja. Terutama bagi mereka yang peka dengan kebutuhan pasar. Hal serupa juga terjadi pada Suryani Widodo, pelaku bisnis online shop khusus baju berukuran besar. Tubuhnya yang gempal memaksa Suryani  “berjibaku” untuk mencari baju yang pas buat tubuhnya.

Ternyata perjalanan panjangnya dalam mencari baju yang pas buat ukuran badannya memberikan Suryani sebuah ide bisnis potensial yang unik. Kalau dia yang tubuhnya baru sebatas gempal saja susah buat cari baju yang pas, apalagi yang badannya super gede pikirnya.

Akhirnya pada tahun 2008 Suryani memutuskan untuk membuka bisnis baju ukuran besar. Pada saat itu Suryani hanya menyediakan beberapa item baju wanita ukuran XL dan XXL. Dan buat toko online adalah pilihan utama Suryani dalam memasarkan produknya. Jadilah ia menekuni bisnis online shop.

Pada awalnya, ia hanya menggunakan Facebook Page. Suryani memilih cara tersebut karena konsumen dari produk-produk yang ia jual sangat tersegmentasi. Ia merasakan bahwa bisnis online shop miliknya telah membantunya untuk mendapatkan konsumen dari segala penjuru dengan cepat dan mudah.

“Lagipula saya pengen bisnis yang santai, bisa dikerjakan sambil ngurus rumah tangga, nyuapin anak dan pakai daster”, katanya. Untuk mengembangkan usaha tersebut, Suryani selalu membaca kebutuhan pasar dan tren. Dari kebutuhan pasar inilah akhirnya ia memutuskan untuk menjalani bisnis toko online, menyediakan pakaian big size untuk pria dan pakaian super big size untuk ukuran 8L dan 12L.

Untuk pakaian pria, Suryani berhasil menemukan produsen pakaian big size pria yang sesuai dengan standarnya. Tapi untuk pakaian ukuran super besar, ia cukup kesulitan untuk mendapatkannya. Konveksi rekanannya tidak sanggup memproduksi pakaian dengan ukuran sebesar itu.

Dengan terpaksa mompreneur yang satu ini memproduksi sendiri pakaian ukuran super besar tersebut. Ini tidak mudah, mengingat Suryani tidak punya latar belakang desain dan fashion. Selain itu, keterbatasan modal membuat ia harus memutar otaknya agar ia mampu menjangkau pasar tersebut.

Melihat keseriusan Suryani, akhirnya sang suami memberikan bantuan finansial. Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh Suryani. Dengan tambahan modal tersebut, ia tidak hanya membuat baju ukuran super. Ia menambah lini produknya berupa sepatu dan gasper big size yang ia pesan dari pengrajin sepatu depan rumahnya.

Hanya dalam satu bulan, Suryani mampu menghasilkan omset hingga 200 juta rupiah. Omset tersebut ia dapatkan dari penjualan ribuan item. Perputaran modal kerjanya juga tidak bisa dianggap kecil. Mencapai 100 juta perbulan !! Dahsyat kan perputaran uang toko baju online milik Suryani? Lalu apa saja kiat-kiat Suryani Widodo dalam menjalankan bisnis online shop miliknya?

  1. Peka terhadap kebutuhan pasar.
    Suryani tidak pernah berhenti melakukan riset pasar, khususnya untu tren baju terkini. Ia juga selalu mengkhususkan untuk mengamati bagaimana kebutuhan konsumen dan apa yang bisa dia sediakan untuk menjawab kebutuhan konsumen tersebut. Menyediakan gesper dan sepatu ukuran besar adalah salah satu contohnya.
  2. Masuk pada ceruk-ceruk khusus.
    Pada pasar ini, banyak segmen khusus yang jarang tersentuh. Ceruk ini sebenarnya sangat potensial, termasuk ceruk pakaian ukuran 12L yang jarang Anda temukan di toko baju manapun. Meski pakaian ini jarang dicari, tapi dengan pilihannya untuk menekuni bisnis online shop, ia mampu mendatangkan pembeli dari beragam tempat hingga dari manca negara.
  3. Kualitas dan layanan yang prima.
    Di tengah persaingan yang ketat, produk yang berkualitas akan mampu bertahan dalam waktu yang lama. Itulah yang mendasari Suryani untuk tetap bertahan pada produk dengan bahan khusus yang nyaman dan adem bagi mereka yang bertubuh besar. Kenyamanan mereka dengan miliknya membuat para konsumen datang kembali. Bahkan tidak jarang banyak dari mereka merekomendasikan bisnis online shop milik Suryani ke orang lain. Mereka dengan “sukarela” berubah dari seorang pembeli menjadi seorang pelanggan yang loyal.

Bagaimana menurut Anda perjalanan Suryani Widodo menemukan usaha potensial miliknya? Luar biasa kan cara usaha baju online yang ia lakukan? Bisnis online shop memang rentan dengan persaingan ketat. Tapi Anda jangan ragu untuk memulainya. Cukup persiapkan amunisi Anda untuk bersaing dan GO… Jangan tunda lagi melangkah !!

(sumber gambar : shopping.rediff.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

2 Comments

  1. sholihatin(alin)

    March 31, 2014 at 16:30

    Woow… hebat banget mbak suryani saya jd tertarik bisnis online jg, tpi gk tau bisnis apa yg bagus.

    • Om Nip-Nip

      April 1, 2014 at 10:14

      @Sholihatin : sms aja ke 0817461641 mbak kalau mau tahu bisnis online yang bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *