Info Bisnis UKM : Jenang Kudus Sinar 33 Tembus Mancanegara


By on July 20, 2013

Info bisnis ukm – Siapa bilang Bisnis UKM pasarnya cuma lokal? Jangan meremehkan !! Hal ini dibuktikan oleh Muhammad Hilmy, generasi ketiga dari perusahaan jenang kudus Sinar 33. Anda tahu kan “Jenang Kudus Sinar 33”? Kalau belum, saya gambarkan sekilas.

Sebenarnya Sinar 33 adalah “pemain lama” di industri jenang di kota Kudus. Sinar 33 sudah berjalan selama 3 generasi sejak tahun 1910. Udah tua ya? Pada belum lahir kan jaman segitu? Ha..ha..ha.. Tapi nama Sinar 33 ini baru muncul pada tahun 60-an, ketika ayah dari Muhammad Hilmy melihat perlunya sebuah merek dagang dalam usahanya.

Langkah ini adalah langkah yang sangat brilian di masanya. Hanya saja bisnis UKM yang menguntungkan ini baru benar-benar berjalan ketika tampuk kepemimpinan jatuh pada Muhammad Hilmy. Pada akhir 90-an, Muhammad hilmy menjadikan Sinar 33 berada dalam naungan PT. Mubarokfood Cipta Delicia.

Diubahnya perusahaan ke dalam Perseroan Terbatas ini, membuat beliau juga mengubah struktur perusahaan dengan membuat beberapa divisi terpisah, termasuk divisi produksi dan divisi pemasaran. Untuk menciptakan iklim usaha yang lebih modern, secara bertahap beliau merekrut tenaga kerja yang lebih berpendidikan dengan syarat, harus mampu bekerja sama dengan tim lama yang unggul dalam pengalaman dan ketrampilan.

Nah, yang terlihat mencolok adalah divisi pemasaran. Tugas utama divisi pemasaran di era Muhamaad Hilmy adalah menemukan konsep baru dalam hal pemasaran. Munculah ide untuk mengubah kemasan produk jenang kudus mubarok menjadi lebih modern disertai dengan variasi rasa yang sangat inovatif.

Perubahan ini nggak gampang. Muhammad Hilmy terpaksa harus selalu menjadi penengah ketika proses perombakan jenang mubarok Kudus ini berjalan. Orang-orang lama yang terbiasa dengan konsep tradisional kontra dengan konsep baru dari bagian pemasaran ini.

Tapi setelah kata sepakat didapat, akhirnya produk Jenang Mubarok Kudus Sinar 33 berubah menjadi sebuah produk yang memiliki nilai lebih di pasaran. Hal ini mendorong Hilmy untuk kembali berinovasi, tetapi khusus di bagian distribusi. Mereka kemudian memutuskan untuk mengikuti rangkaian pameran produk di berbagai negara.

Hasilnya tidak mengecewakan. Saat ini produk Jenang Kudus Sinar 33 memiliki pasar di China dan Taiwan. Bahkan Anda bisa menemukan Jenang Kudus Sinar 33 ada di Cinatown Amerika !!

Anda lihat kan, sebuah perubahan adalah sebuah kepastian… Pelajaran yang bisa Anda ambil dari kisah inspiratif di atas adalah sebuah bisnis tergantung dari bagaimana Anda menentukan arah disusul dengan keberanian berani mengambil langkah perubahan tersebut walaupun penuh dengan resiko dan tantangan.

Usai sudah info bisnis UKM kali ini. Jenang Kudus Sinar 33, sebuah UKM bisnis tradisional yang berubah menjadi industri modern dengan produk yang mampu tembus hingga mancanegara. Perubahan yang positif dan luar biasa dari sebuah peluang bisnis UKM yang sederhana. Anda juga mau kan?

(sumber gambar : lintaskudus.blogspot.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *