Berita Bisnis Terkini : Hanya 3 Tahun Profit Capai 2,7 Milyar


By on July 24, 2013
Berita Bisnis Terkini : Hanya 3 Tahun Profit Capai 2,7 Milyar

Headline berita bisnis terkini di atas dahsyat kan? Jelas !! Dengan headline seperti di atas, kira-kira apa yang ada di dalam benak Anda? Bisnis apa ya yang bisa mendatangkan profit 2,7 milyar dalam 3 tahun? Kira-kira seperti itu kan? Good…

Tetapi maaf, untuk berita bisnis Indonesia kali ini, saya tidak akan membahas tipe bisnisnya. Yang saya akan bahas dalam berita bisnis online kali ini adalah “how to” nya…

Nah, inspirasi berita bisnis dan ekonomi yang akan saya tulis sekarang datang dari seorang eksekutif di jajaran BUMN Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI), bapak Irfan Setiaputra. Beliau ditugaskan untuk memperbaiki BUMN ini setelah sekian tahun selalu menderita kerugian dan terancam pailit.

Ternyata menurut beliau, penyebabnya adalah kesejehateraan karyawan yang kurang. Lho kok bisa? Ya… Menurut beliau, karyawan yang masih dipusingkan dengan urusan perut, bayar tagihan, uang sekolah anak atau himpitan dan belitan hutang tidak akan pernah bisa memberikan kemampuan optimalnya ke perusahaan.

Bahkan “sisa” tenaga dan pikiran mereka akan mereka gunakan untuk mengais rejeki di tempat lain. “Kalau pikiran dan tenaga karyawan tersebut tidak sepenuhnya bisa Anda gunakan, lalu apa hasil dari pekerjaan mereka juga akan optimal?”, tukas beliau.

Nah, pak Irfan memang nggak main-main dengan pendapatnya. Langkah pertama beliau ketika menduduki posisi Eksekutif di PT INTI adalah menaikan gaji karyawan hingga 40%. Karyawan kaget !! Di tengah kegalauan mereka gara-gara bertahun-tahun perusahaan merugi terus, tiba-tiba ada kenaikan gaji yang sangat drastis.

Hal ini memberi efek yang positif bagi kinerja karyawan. Hanya euforia kenaikan gaji ini tidak akan bertahan lama, maksimal 3 bulan. Untuk mengatasi permasalahan ini, beliau menyusun rencana yang sangat matang untuk memanfaatkan masa-masa 3 bulan tersebut dengan sebaik mungkin.

Di masa-masa 3 bulan tersebut, Pak Irfan selalu memotivasi agar para karyawannya bekerja dengan giat. Dan selama 3 bulan inilah pak Irfan menanamkan nilai-nilai kedisiplinan yang tinggi dan menancap di hati para karyawannya. Etos kerja karyawanpun akhirnya terjaga.

Ia juga telah memperhitungkan semua kemungkinan dampak yang ada dari kenaikan gaji tersebut dengan mengoptimalkan efisieni biaya dari pos-pos yang lain. Setelah efisiensi biaya tersebut berhasil, baru semua anggaran ia letakan ke pos karyawan sebagai prioritas utama.

Dengan cara tersebut, PT INTI berhasil membuktikan bahwa hanya dalam tempo 3 tahun, mereka bisa membukukan profit hingga 2,7 milyar. Menarik kan berita bisnis terbaru kali ini? Saya rasa cukup sekian ulasan saya mengenai berita bisnis hari ini.

Semoga berita bisnis terkini di atas bisa menginspirasi Anda untuk terus melangkah. Sukses buat Anda !!

(sumber gambar : reformata.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *