Ini Dia 3 Strategi Merek yang Bisa Membuat Produk Anda Melekat di Hati Konsumen


By on July 28, 2013
Ini Dia 3 Strategi Merek yang Bisa Membuat Produk Anda Melekat di Hati Konsumen

Baru bingung cari strategi merek yang tepat buat produk Anda ya? Bagaimana kalau saya share 3 strategi merek yang bisa Anda pilih agar produk atau jasa Anda melekat di konsumen. Mau kan? Gratis nih… ha..ha..ha.. Okay, berdasarkan tujuan yang hendak dicapai dari produk atau jasa yang akan Anda tawarkan, strategi merek dapat dikelompokan ke dalam 3 jenis.

  1. Strategi Merek Fungsional (Functional Brand)
    Strategi merek fungsional adalah strategi merek-merek yang harus Anda rancang dengan tujuan agar bisa menghasilkan persepsi terhadap kinerja ataupun nilai ekonomis dari sebuah produk atau jasa. Misalnya Anda akan mendirikan jasa pengetikan dengan nama “KILAT”. Nilai lebih jasa Anda adalah layanan pengetikan super cepat, satu hari jadi !! Orang lalu mengenal jasa pengetikan “KILAT” Anda sebagai jasa pengetikan yang tercepat dibanding jasa pengetikan yang lainnya. Maka Anda telah berhasil menggunakan strategi merek fungsional bagi bisnis Anda.
  2. Strategi Merek Citra (Image Brand)
    Strategi merek ini bertujuan untuk memberikan manfaat berupa keuntungan bagi si pemakai merek agar mereka bisa mengekspresikan diri mereka. Merek dagang tersebut dianggap akan mampu mendongkrak citra dari si pengguna produk atau jasa tersebut. Contoh kasusnya, Anda akan membangun usaha tas untuk kalangan atas dengan nama “ELEGANT”. Setiap orang yang membeli produk tas “ELEGANT” milik Anda akan merasa citra diri dan status sosial mereka naik di mata teman-temannya. Nah, “ELEGANT” inilah yang disebut dengan strategi merek Citra.
  3. Strategi Merek Eksperiensial (Experiental Brand)
    Strategi merek eksperiensial lebih menonjolkan sisi “perasaan”. Contohnya Anda mau membuka bisnis restoran dengan tema “TEMPOE DOELOE”. Restoran Anda menyajikan suasana yang berbeda. Restoran Anda seolah-olah mengajak pengunjung Anda untuk mengenang masa lalu. Bangunan, penyajian, serta makanannya terasa sangat tradisional.
    Segala sesuatunya pada restoran Anda tersebut mampu membuat konsumen merasa betah dan selalu ingin kembali mengunjungi restoran Anda. Nah, strategi “TEMPOE DOELOE” Anda tersebut adalah strategi Merek Eksperiensial.

Sudah paham? Nah, pilihan strategi merek tersebut sangat tergantung dari jenis produk atau jasa apa yang hendak Anda pasarkan. Jadi pastikan Anda tahu definisi merek dan pengertian merek Anda tersebut. Anda juga harus melihat bagaimana kekuatan para pesaing Anda di lingkungan bisnis yang Anda pilih tersebut.

Selain itu, Anda harus menentukan kelebihan apa yang dimilki oleh bisnis Anda dan kesan yang bagaimana yang ingin Anda tanamkan di benak konsumen. Jika Anda sudah punya jawaban semua pertanyaan tersebut, langkah selanjutnya tinggal memilih strategi merek mana yang akan Anda gunakan kemudian bangun merk dagang Anda secara kontinyu agar bisa melekat di hati konsumen. Ada pertanyaan?

(sumber gambar : www.bhosted.nl)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

3 Comments

  1. hasanmartabak

    October 28, 2013 at 17:30

    saya pedagang martabak tegal telor dan manis,bagaimana cara meningkatkan omzet dan bagaimana cara mengenalkan pada pelanggan secara jitu dan cepat,sebelumnya terimakasih.

    • Om Nip-Nip

      October 29, 2013 at 07:56

      @Hasan Martabak : Pertanyaan bapak cuman 2 tapi jawabannya bisa sekampung, wkwkwkwkwkwk… Just kidding… Coba bapak baca2 artikel saya tentang pemasaran, insya Allah nanti pelan2 kan ketemu jawabannya. Trims…

    • astuti sabrina

      May 26, 2015 at 09:25

      kalo pengin menaikkan omset dan laris harus bisa merubah rasa. misal martabak rasa durian, martabak rasa straberry ,pasti bikin org penasaran. dan promosikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *