Cara Memulai Usaha Baru Agar Bisnis Anda Sukses (Bagian 1)


By on July 31, 2013
Cara Memulai Usaha Baru Agar Bisnis Anda Sukses (Bagian 1)

Ketika Anda sudah menemukan sebuah ide bisnis yang siap untuk Anda jalankan, langkah selanjutnya adalah Anda harus tahu cara memulai usaha baru. Saya akan memberikan tips memulai usaha baru yang harus Anda lakukan saat Anda hendak memulai usaha sendiri.

Langkah dan cara memulai usaha baru yang akan saya bagikan ini harus Anda Anda kerjakan dengan cermat. Tujuannya hanya satu, agar Anda dapat membuka bisnis baru dengan sistematis dan meminimalisir setiap kesalahan yang bisa mengakibatkan kerugian yang besar.

Secara umum, ada 5 kiat memulai usaha dari nol yang harus Anda perhatikan. Kelima hal tersebut adalah produk, sistem manajemen, analisa pasar, strategi pemasaran dan analisa keuangan. Mari kita bahas satu persatu…

Produk adalah langkah awal memulai usaha yang mendasar dan terpenting saat Anda akan memulai usaha di rumah atau di luar rumah. Ada banyak hal yang harus Anda penuhi terkait dengan produk yang akan Anda jual. Beberapa di antaranya adalah :

  1. Keunggulan produk Anda dibandingkan produk dari pesaing.
  2. Nilai lebih produk Anda jika dibandingkan dengan pesaing Anda.
  3. Bagaimana cara Anda memperoleh bahan baku serta berapa biaya yang harus Anda habiskan untuk membeli bahan baku tersebut.
  4. Cari teknologi khusus yang dapat mempercepat proses produksi dan menyempurnakan produk Anda.
  5. Perhatikan dengan seksama saat Anda membuat produk Anda, apakah harus menggunakan tenaga ahli atau bisa dilakukan siapa saja.
  6. Jika bisa dilakukan siapa saja, rumuskan bagaimana cara melatih karyawan Anda agar mereka dapat membuat produk yang sesuai dengan keinginan Anda secara masal dan sempurna.
  7. Buat desain kemasan produk yang menarik untuk dilihat calon konsumen Anda.

Setelah Anda bisa “menjawab” semua pertanyaan di atas, cara memulai usaha baru selanjutnya adalah Anda menyiapkan sistem manajemen dengan benar. Kiat-kiat memulai usaha baru atau trik memulai usaha baru yang harus Anda kuasai dalam menyiapkan sistem manajemen adalah :

  1. Siapa pemilik usaha ini? Jika ada orang selain Anda, bagaimana tugas dan wewenang partner bisnis Anda tersebut? Jika Anda masih awam dalam hal kemampuan berorganisasi, sangat disarankan untuk menggunakan sistem kepemimpinan tunggal. Tujuannya agar tidak terjadi kebijakan yang tumpang tindih yang bisa mengakibatkan pecah entitas bisnis Anda.
  2. Tentukan jumlah kebutuhan ruangan untuk usaha Anda tersebut dan sewa tempat usaha yang mampu mengakomodir kebutuhan ruangan usaha Anda tersebut. Cari lokasi usaha yang strategis !! Lokasi usaha yang strategis sangat membantu memudahkan pemasaran produk Anda.
  3. Siapkan sistem operasional usaha Anda yang detail dan jelas. Tanyakan kepada diri Anda apakah Anda perlu waktu untuk menyiapkan produk Anda tersebut. Jika ya, hitung dengan cermat agar Anda tidak kehabisan stok.
  4. Jika bisnis Anda melayani pengiriman luar kota, siapkan sistem pengepakan dan pengemasan yang baik dan aman agar produk Anda sampai ke tangan konsumen tanpa kerusakan. Jangan lupa, tentukan syarat pengiriman barang Anda di awal.
  5. Rancang dengan teliti jalur operasional usaha Anda tersebut, mulai dari jalur mendapatkan bahan baku hingga produk tersebut sampai ke tangan konsumen. Hal ini dilakukan agar operasional usaha Anda tidak ribet dan efektif sehingga bisa memangkas biaya operasional Anda.

Untuk cara memulai suatu usaha terkait masalah analisa pasar, strategi pasar dan analisa keuangan, bisa Anda baca di cara memulai usaha baru bagian 2. Sampai ketemu di artikel saya tentang rahasia memulai usaha selanjutnya ya. See you…

  (sumber gambar : hendri-success.blogspot.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

3 Comments

  1. Investasi

    August 28, 2013 at 21:45

    mencari rekan kerjanya sob yang aga sedikit sulit, beri triknya bos, bagaimana cara mengembangkan jaringan bisnis kita

  2. kerupuk nsr

    September 2, 2014 at 20:11

    bos bingung nih , antara harus pinjam bank atau kemampuan modal sendiri yg minim artinya mendingan peras keringat untuk mendptkan modal uang daripada hrs pinjam bank…….??????

    • Om Nip-Nip

      September 4, 2014 at 08:09

      @Kerupuk : modal sendiri pak. Silahkan baca artikel saya tentang nasihat Warren Buffet tentang investasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *