Cara Memulai Bisnis Baru Agar Usaha Anda Sukses (Bagian 2)


By on August 1, 2013

Mari kita lanjutkan posting cara memulai bisnis baru bagian pertama. Setelah produk dan sistem manajemen Anda rancang dengan baik, step selanjutnya adalah analisa pasar. Dalam analisa pasar, ada 4 topik utama yang harus Anda siapkan.

  1. Siapa target konsumen dari produk Anda. Cari tahu dengan cermat siapa target pasar Anda sebenarnya. Anda salah menentukan target pasar, peluang keberhasilan Anda untuk menjual produk Anda kecil.
  2. Setelah Anda tahu siapa target pasar Anda, ujicobakan produk Anda tersebut ke calon konsumen Anda. Tanya pendapat mereka. Anda bisa lakukan survei kecil ke 30 responden. Angka 30 responden tersebut sudah cuku untuk mewakili keinginan konsumen Anda pada umumnya.
  3. Kemudian cari tahu apa keinginan dan kebutuhan mereka akan produk Anda tersebut. Tanyakan juga apakah mereka menginginkan hal lain selain fungsi utama dari produk Anda, baik tangible maupun intangible.
  4. Selidiki siapa saja kompetitor Anda yang produknya mirip dengan produk Anda (kayak detektip aja ya, ha..ha..ha..), termasuk bagaimana mereka memberikan pelayanan kepada konsumennya.

Begitu analisa pasar Anda sudah selesai, langkah dan cara memulai bisnis baru selanjutnya adalah merancang strategi dan taktik pemasaran yang sesuai dengan kondisi pasar dan kondisi usaha Anda. Ingat, sesuai dengan kondisi pasar dan kondisi usaha Anda !!

Karena kondisi di masing-masing usaha itu berbeda-beda, terutama dukungan finansial Anda jika Anda memutuskan untuk beriklan di media cetak dan elektronik.Tanpa ba bi bu, ini dia cara memulai bisnis dari nol sub topik strategi pemasaran.

  1. Buat nama brand atau merek produk Anda yang familiar untuk di dengar dan mudah untuk diucapkan.
  2. Break down taktik penjualan Anda !! Siapa tahu Anda butuh tim penjualan yang tugasnya “memborbardir” kota-kota yang sudah berada dalam “radar” Anda.
  3. Pilih kegiatan promosi dan publikasi yang paling efektif dengan biaya yang terjangkau agar konsumen Anda tahu dan mau untuk mencoba produk Anda. Prinsipnya adalah semakin banyak konsumen yang tahu produk Anda, semakin banyak kemungkinan mereka untuk mau mencoba dan membeli produk Anda. Prinsip pareto lah…
  4. Jangan lupa untuk membuat “plan” tentang bagaimana cara konsumen Anda bisa mendapatkan produk Anda. Apakah mereka harus datang ke toko Anda, atau Anda yang mendatangi konsumen. Jika konsumen yang datang ke toko Anda, lihat apakah letak toko Anda dekat dan mudah untuk dijangkau konsumen. Pikirkan juga tentang perlunnya Anda membuat online store. Tetapi jika Anda yang mendatangi konsumen, pikirkan dengan cara apa Anda bisa mendatangi konsumen Anda tersebut. Apakah dengan Anda titip ke retail seperti toko kelontong dan supermarket atau Anda berencana melakukan penjualan langsung. 

Masuk ke hal terakhir tentang bagaimana cara memulai bisnis yang harus Anda pertimbangkan adalah analisa keuangan. Ada beberapa pertimbangan dalam hal keuangan yang harus Anda timbang-timbang. Sudah pertimbangan kemudian Anda harus menimbang-nimbang ya… Bahasa yang aneh, wkwkwkwkwk…. Pertimbangan (lagi) tersebut adalah :

  1. Berapa kebutuhan total investasi usaha Anda?
  2. Darimana kebutuhan investasi Anda tersebut terpenuhi? Investor, patungan, utang, bongkar celengan atau cara-cara lainnya tentang mendapatkan modal tanpa jaminan?
  3. Darimana pendapatan usaha Anda berasal? Jika Anda memiliki banyak produk, berapa harga dari setiap produknya. Berapa target penjualan dari setiap produk tersebut?
  4. Berapa harga pokok produk Anda? Hitung dengan detail termasuk pembelian bahan baku, biaya pengangkutan bahan baku dan upah pembuatan produk.
  5. Masih terkait dengan poin 4 tapi tepat di bawah poin 5 (bingung ya Anda), berapa BEP produk Anda?
  6. Berapa biaya operasional setiap bulannya untuk menjalankan usaha Anda tersebut? Masukan juga berapa biaya penyusutan peralatan dan perlengkapan yang memiliki masa waktu pakai. Kalau perlu sendok makan plastik yang cepat hancur pun Anda hitung !!
  7. Terakhir, berapa keuntungan bersih setiap bulannya dan apakah keuntungan Anda sudah sesuai dengan biaya investasi yang sudah Anda keluarkan?

Banyak kan langkah-langkah memulai bisnis sendiri yang harus Anda siapkan? Kalau mau saya terus-terusin, artikel tentang bagaimana memulai bisnis ini bisa sampai 10 seri ntar !! Itu cuman garis besarnya saja. Masih banyak hal lain yang harus Anda pertimbangkan.

Tapi mau gimana lagi… Judul artikelnya saja cara memulai bisnis baru agar usaha Anda sukses. Kalau sedikit bukan cara memulai usaha baru namanya, tapi kiat memulai bisnis kecil-kecilan, ha..ha..ha.. Sekian dulu dari saya, kalau ada yang mau menambahkan tentang cara memulai bisnis baru ini, tulis aja di kotak komentar. Gratis kok, nggak bayar ^_^ Ane tunggu…

(sumber gambar : m.bisnis.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

6 Comments

  1. Yhuri

    August 14, 2013 at 18:42

    BEP Produk itu apa ya?

  2. budhi

    October 13, 2013 at 21:31

    Gan. . Nek misal ane mau jualan teh keliling. Dgn brand saya sendiri. . N style/ gaya yang lain yang blum ada gitu gmana usul abang. . Sya baru pemula n mhon bimbingannya ya. Makasih

    • Om Nip-Nip

      October 14, 2013 at 14:09

      @Budhi : ndak masalah… yang penting di riset dulu. Cari tahu seberapa butuh orang akan teh keliling. Jangan2 mereka lebih suka beli di burjo kost depan mereka ntar, hehehehehe

  3. Vian yulian

    October 25, 2013 at 09:52

    Kl maslh usha skrng lg d jalani,tp mengenai ingn pnya usha baru itu lg menjdi dsr acuan aku, tp yg sy pikirkn gmna crnya mendapatkn modal tnpa ada embel2 nguntang,agr tidk ribet n pusing slnya br membuka usha br aj mdlnya ngutang gmna mau berkembang ushanya,kiat2-a gmna ych!

    • Om Nip-Nip

      October 26, 2013 at 11:25

      @vian yulian : pakai investor… bikin business plan yang bagus, jalankan dulu sampai sudah kelihatan, baru hubungi investor dan katakan kalau Anda butuh “dana pengembangan usaha”, bukan untuk “memulai usaha”

  4. vickey

    March 18, 2016 at 20:13

    pnglmn sya , mnjual produk apa sja yg pnting ada cara simbiosis bkn mutualisme , srentak dgn cra mlyni konsumen di mulai bkn dri ap yg kita jual , akn ttpi plyanan mnjdi prioritas utma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *