6 Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan Twitter Marketing


By on September 10, 2013
6 Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan Twitter Marketing

Twitter marketing, hmm… Sering didengar tapi jarang dilakukan. Hanya satu dua yang benar-benar bisa mengoptimalkan twitter marketing ini untuk membantu menaikkan omset penjualan. Padahal perlu Anda ketahui, ada kenaikan yang cukup signifikan pengguna Twitter di Indonesia.

Saya ambilkan data dari beberapa sumber ya… Berdasarkan penelitian Semiocast, sebuah lembaga riset media sosial yang berpusat di Paris, Prancis, ternyata jumlah pemilik akun Twitter di Indonesia merupakan yang terbesar kelima di dunia. Indonesia berada di posisi kelima dengan jumlah akun 19,5 juta, setelah Inggris Raya yang berhasil berada di posisi keempat dengan 23,8 juta akun. Jumlah yang luar biasa untuk membangun loyalitas pelanggan !!

Selain dari segi jumlah akun, pengguna Twitter di Indonesia juga lebih aktif dari rata-rata pengguna lain di dunia. Selama 1 September hingga 30 November 2011, hanya 27 persen akun di seluruh dunia yang ‘nge-tweet’ setidaknya satu kali dalam periode ini, sementara di Indonesia mencapai 28 persen.

Saya juga pernah melakukan riset trend dengan kata kunci “daftar Twitter”. Amazing… Sejak bulan Juli 2009, kata kunci “daftar twitter” tersebut terus mengalami peningkatan. Mau tahu buktinya? Anda bisa lihat gambar di bawah ini :

Trend Twitter Indonesia Meningkat

Trend Twitter Indonesia Meningkat

Mantab kan? Maka dari itu Anda harus segera melakukan twitter marketing buat meledakkan omset bisnis Anda. Tapi sebelum Anda melakukan twitter marketing, ada baiknya Anda harus tahu dulu alasan-alasan lain yang “mengharuskan” Anda melakukan twitter marketing. Dan untuk itulah artikel tentang twitter marketing ini dibuat…

Di atas tadi saya sudah sebutkan perihal kenaikan pengguna twitter di Indonesia. Dengan data-data tersebut, maka bisa disimpulkan bahawa twitter adalah media sosial yang sangat berguna sebagai alat untuk mempromosikan produk atau jasa Anda. Sekarang saya akan jelaskan 6 kelebihan twitter secara teknis dibandingkan dengan “alat-alat pemasaran” yang lainnya.

  1. Sederhana
    Tweet yang hanya memuat 140 karakter memudahkan Anda untuk mengirimnya melalui email atau SMS.
  2. Fleksibel
    Anda bisa menulis tweet melalui banyak program dan perangkat. Seperti, Twirl dan MadTwitter untuk komputer berbasis Windows, atau Pwytter yang untuk komputer berbasis Mac OS dan Linux. Bahkan, ada pula Twikini untuk ponsel berbasis Windows Mobile, dan TinyTwitter atau TwitterBerry untuk BlackBerry. Sementara untuk iPhone, tersedia program ThinCloud dan Twitter for iPhone.
  3. Hot News
    Tweet Anda langsung diumumkan ke seluruh pemakai Twitter. Ini berbeda dengan Facebook yang membatasi hanya pada mereka yang sudah berteman. Cocok kan buat Anda yang lagi gencar melakukan promo potongan harga? Nggak cuman teman Anda aja yang tahu program promo Anda… Tapi semua !!
  4. Tanpa Batas
    Anda bisa melihat tweet semua orang tanpa harus menjadi temannya. Anda hanya perlu mengetahui nama seseorang dan mencarinya di search engine Twitter, dan Anda bisa langsung mengikutinya. Jadi Anda bisa langsung terhubung tanpa harus menunggu persetujuan apapun dari mereka, tanpa melewati filter approval apapun.
  5. Privacy
    Twitter menyediakan layanan komunikasi langsung ke sesama pengguna Twitter tanpa terbaca pengguna lainnya. Sangat cocok untuk komunikasi yang bersifat privat.
  6. Multi-link
    Tweet Anda bisa dihubungkan dengan aplikasi lain seperti Facebook dan WordPress. Hal ini membuat jaringan jauh lebih luas dibanding jejaring lain.

Bagaimana? Mantab kan twitter? Untuk cara bagaimana teknis twitter marketing ini bisa berjalan dan membuat omset meledak, Anda bisa browsing di Google. Dan jika ada kesempatan, mungkin saya bisa bagikan lain waktu. Yang terpenting sekarang adalah Anda tahu mengapa Anda harus menggunakan twitter marketing. See you…

(sumber gambar : www.empowernetwork.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *