Strategi Pemasaran Produk Baru : Lakukan Price Skimming (Bagian 1)


By on September 16, 2013
Ini Dia Strategi Pemasaran Produk Baru yang Efektif Tapi Sering Dilupakan

Seorang pemilik usaha baru pasti sedang “hot-hotnya” untuk memasarkan produknya. Apalagi kalau produk tersebut tergolong produk baru. Ia pasti akan berusaha mati-matian untuk mencari strategi pemasaran produk baru apa yang paling cocok digunakan untuk memasarkan produk barunya.

Nah, ada satu strategi dari sekian strategi pemasaran produk baru yang efektif tapi sering dilupakan (atau bahkan tidak tahu) oleh bisnis UKM. Strategi apa itu? Yaitu strategi pemasaran produk baru yang berkaitan dengan penentuan harga jual produk, price skimming.

Apa itu price skimming? Price skimming adalah metode menetapkan harga tinggi untuk memaksimalkan pengembalian dana awal sebelum memenuhi segmen pasar yang lebih sensistif terhadap harga.

“Wah, dokter hebat. Tahu banyak hal…” Nggak juga. Saya ngutip dari bukunya Frans Royan yang temanya tentang strategi memasarkan produk baru, he..he..he.. Saya lanjutkan… Biar gampang Anda tahu apa itu price skimming, saya akan ambil contoh dari pengalaman saya pribadi.

Saya punya mesin teknologi tepat guna untuk makanan dengan model terbaru, berbeda dengan di pasaran. Pokoknya mesin saya joss gandhos lah… Tapi untuk menghasilkan mesin tersebut agar bisa berjalan dengan sempurna, saya membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk membuatnya. Investasi saya besar.

Banyak biaya-biaya penelitian saya yang terbuang percuma, menguap di saat saya membuat kesalahan-kesalahan kecil. Dan itu berulang kali dengna problem yang berbeda. Mulai dari salah menghitung ukuran, panel yang tidak bekerja maksimal, salah membeli bahan baku, salah menempatkan karyawan, keliru memilih alat produksi dan sebagainya.

Kan tidak mungkin tho kalau tiba-tiba mesin itu bisa berjalan seperti yang diharapkan tanpa perlu proses pembenahan sana sini? Lha, biaya penelitian yang tinggi tersebut harus saya tutup dengan menggunakan price skimming. Anda paham? Gud…

Selain itu, cara memasarkan produk baru dengan menggunakan price skimming juga bisa dilakukan jika pasar tidak bisa “menerima” dengan harga Anda tersebut. Maka yang harus Anda selaku produsen adalah dengan menurunkan harga produk, sebab tidaklah mungkin menaikkan harga selain menurunkan harga.

Bingung? Begini, kalau ternyata harga jual produk Anda tersebut terlalu tinggi, harga tersebut bisa Anda rekayasa ulang dengan cara memberikan diskon untuk pembelian produk sejumlah tertentu.

Cara ini akan menaikkan penjualan. Cut price ini akan lebih baik dilakukan pada pedagang perantara, sebab penurunan harga di pedagang perantara akan memicu pedagang perantara untuk lebih giat menawarkan produk Anda ke konsumen. Dan strategi pemasaran produk baru dengan metode penetapan harga seperti ini akan lebih berguna sebagai strategi promosi penjualan.

Lebih enak mana sekarang, Anda tidak melakukan price skimming dan ternyata setelah Anda hitung biaya penelitian Anda besar lalu Anda naikkan harganya. Atau Anda lakukan price skimming dan begitu barang Anda tidak begitu laku, Anda bisa turunkan harganya.

Anda sering kan menjumpai cara promosi produk dengan menggunakan langkah yang kedua di produk-produk elektronik dan yang semisalnya? Itulah fungsinya price skimming, buat promosi produk baru…

Tapi tidak semua produk bisa dilakukan price skimming. Seperti hukum demand and supply, penetapan harga skimming ini bisa Anda lakukan jika Anda mempunyai kapasitas produksi yang sangat terbatas dan tidak ada produk komplementer. Jika ada produk komplementer, price skimming bisa beresiko terhadap kelanjutan pemasaran produk Anda.

Selain itu, price skimming bisa dilakukan jika target pasar Anda tidak sensitif terhadap harga. Jadi cara ini tidak bisa diterapkan ke produk-produk fast moving consumer good atau yang biasa disingkat FMCG. Tahu produk-produk FMCG kan? Itu lho, yang dijual di warung kelontong kayak odol, shampoo, pembersih lantai dan semisalnya.

Lalu pertanyaanya adalah, bagaimana strategi pemasaran produk baru menggunakan metode price skimming ini bisa dilaksanakan dengan tepat? Jawabannya ada di artikel saya bagian 2. Ditunggu ya…

(sumber gambar : www.stratessence.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

6 Comments

  1. Silca artory

    November 10, 2013 at 21:23

    Smua topik yg dibahas bner2 ngasah nyali saya utk mulai bisnis,mgjar mimpi. Thanks brat yach

  2. TokoRencong

    August 12, 2014 at 00:22

    sangat bermanfaat triknya dalam meningkatkan penjualan, trims

  3. walahhh

    August 20, 2014 at 16:46

    saya jadi semangkin paham akan arti dari pemasaran, tapi ada juga berbagai macam tips exreme yang sengaja di halalkan dengan berbagai cara untuk melakukan pemasaran

  4. Aries

    May 26, 2015 at 07:45

    Om makasih share nya… Bahasanya asik, ringan dan mudah untuk dimengerti…
    diperbanyak lagi ya Om cerita-ceritanya, sukses selalu…

  5. didik

    June 16, 2015 at 01:04

    Bolehkah saya minta cpnya om nip2, saya sudidik 085600503030. Sy tertari dgn strategi price skimming, baik substansi, esseensi maupun pendalaman om dlm hal strtegi produk baru. Trmk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *