Cara Pemasaran Produk Baru : Lakukan Price Skimming (Bagian 2)


By on September 17, 2013
Cara Pemasaran Produk Baru : Lakukan Price Skimming !! (Bagian 2)

Meneruskan tema tentang cara pemasaran produk baru bagian satu, price skimming bisa Anda gunakan dengan tepat apabila :

  1. Anda memiliki produk yang berbeda dan unik serta terdapat sedikit pesaing.
  2. Anda belum merasa yakin akan harga yang harus ditetapkan, karena akan lebih mudah menetapkan harga turun daripada menaikkan harga produk.
  3. Anda memiliki kapasitas produk yang terbatas.
  4. Anda memasuki segmen pasar yang secara relatif tidak sensitif terhadap harga.
  5. Akan lebih berguna sebagai sebuah strategi promosi.
  6. Terdapat persaingan yang tidak berbahaya.
  7. Anda mempunyai produk dengan harga tinggi dan berkualitas.
  8. Terdapat skala ekonomi dalam menghasilkan lebih banyak produk.

Kemudian saat Anda akan menggunakan teknik penjualan produk baru dengan price skimming, ada 2 hal penting yang perlu Anda pahami :

  1. Harga Produk Pesaing
    Jika Anda menginginkan untuk menetapkan harga di atas pesaing Anda, maka Anda harus memperhatikan nilai dari produk Anda. Konsumen itu TIDAK membeli PRODUK Anda. Mereka membeli MANFAAT yang diberikan dari produk Anda. Maka saat Anda menetapkan harga, sebaiknya bukan berdasarkan pada harga pokok produksi. Tetapi Anda tetapkan karena nilai dari produk itu sendiri. Selain itu, menetapkan harga berdasarkan nilai adalah strategi pemasaran atau strategi penjualan produk baru yang mengutamakan pada kebutuhan konsumen.
  2. Pesaing Tidak Kuat
    Anda juga harus tahu pasti bahwa pesaing Anda tidaklah sekuat Anda baik dari sisi aset, sumber daya manusia atau sumber daya yang lainnya. Dan yang paling bahaya adalah saat Anda berhadapan dengan “pemodal besar” yang berniat membuat produk yang mirip dengan Anda. Penetapan harga skimming sebelum “pemain besar” meluncurkan produk yang sama dengan Anda tidak akan “mengganggu” Anda. Tetapi ketika “mereka” datang dan ikut “bermain” bersama Anda, saat itulah Anda harus meninjau ulang strategi price sekimming Anda.

Satu hal yang perlu diingat jika Anda menggunakan price skimming adalah Anda harus bisa meningkatkan kualitas produk Anda. Sebuah hil yang mustahal jika Anda menetapkan harga yang tinggi tanpa dibarengi dengan kualitas produk yang mumpuni. Sudah jadi rahasia umum jika harga tinggi identik dengan kualitas produk yang tinggi. Isen rait?

So, jika Anda ikuti dengan disiplin poin-poin price skimming di atas, maka cara pemasaran produk baru Anda akan terasa lebih indah dan lebih “menghasilkan”. Mengapa? Karena biaya mahal yang Anda keluarkan untuk meriset produk Anda akan terbayarkan. Dan pesan terakhir saya, lakukan price skimming sebelum kompetitor ganas Anda ikut bermain, okay?

(sumber gambar : www.etftrends.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *