Iklan Baris Gratis Online Itu Efektif Asal…


By on September 18, 2013
Iklan Baris Gratis Online Itu Efektif Asal...

Saya suka bukunya Adhy Trisnanto. Simpel, bahasanya gampang dipahami tapi menghujam di hati, haiya… Salah satunya adalah tentang membuat iklan. Kayaknya pas buat saya share di sini. Topiknya agak saya ganti dikit ya, yaitu tentang iklan baris gratis online, tapi intinya sama.

Kenapa saya ambil topik tentang “Iklan Baris Gratis Online”? Karena bejibun orang yang ingin memasang iklan gratis. Ini terbukti dari riset kilat online saya. Kata kunci iklan baris gratis online, iklan gratis terbaik, buat iklan gratis, pasang iklan mobil gratis sampai sebar iklan masal gratis banyak saya temukan.

Dan sepertinya, kata “GRATIS” itu mengundang banyak orang ya… Well, tidak ada salahnya Anda pasang iklan gratis online tapi dengan syarat… harus EFEKTIF. “Lha iklan baris gratis online yang efektif itu gimana dok…??” Ada panduannya. Iklan baris gratis online itu efektif asal :

  1. Asal jelas tujuannya.
    Tanyakan dulu kepada diri Anda mengapa Anda memasang iklan baris gratis online. Apakah agar pasar tahu tentang keberadaan produk Anda, atau agar pasar menyukai produk Anda, atau agar pasar tetap loyal menggunakan produk Anda, atau meningkatkan imej bisnis Anda, atau merubah kebiasaan masyarakat dalam menggunakan produk Anda. Beda tujuan beda cara. Jangan asal pasang, okay?
  2. Asal diarahkan kepada sasaran yang tepat.
    Serakah itu tidak baik, dan Anda tidak diperbolehkan untuk “serakah”. Ingat… dilarang serakah !! Pilihlah kelompok masyarakat yang mempunyai kebutuhan dan daya beli yang sesuai dengan produk Anda. Jadi Anda harus fokuskan segala “daya upaya” dan “peralatan perang” Anda kepada sasaran tersebut. Ingatlah bahwa tidak semua iklan baris gratis online itu sesuai dengan target market Anda. Plihi situs pasang iklan gratis yang memang sesuai dengan target Anda.
  3. Asal yang diiklankan diposisikan dengan unik.
    Sebelum Anda mengiklankan produk Anda di iklan baris gratis online, rumuskan dulu posisi dan merk produk Anda sehingga produk Anda memiliki “kepribadian”. “Maksudnya gimana dok?” Gini, Anda tahu iklan sabun yang endosernya selebriti? Anda sadar tidak kalau sabun itu diposisikan sebagai “sabun artis nan elegan”… bukan sabun colek. Tinggal tiru aja langkah mereka.
  4. Asal menggunakan media yang tepat.
    Lha ini dia. Walapun iklan baris gratis online itu menggiurkan (namanya aja gratis…), belum tentu media tersebut adalah media yang tepat untuk Anda gunakan. Banyak dari iklan baris gratis online yang tidak efektif. “Kan gratis dok !!” Iya gratis, tapi waktu dan tenaga Anda apa iya gratis? Jangan buang waktu dan tenaga Anda percuma. Ingat poin yang pertama tadi, tujuan. Ya, tujuan !! Tujuan Anda apa? Kalau tujuan Anda supaya banyak orang tahu produk Anda, maka ukurlah hasilnya. Kalau dari pasang iklan online itu ternyata tidak efektif, ya ganti dong… Jangan mentang-mentang gratis terus Anda hajar terus. Rugi waktu dan tenaga, hasil nol !!
  5. Asal pesan dikemas dengan kreatif.
    Pikirkan isi pesan iklan Anda. Terutama jika Anda ingin memasang di iklan baris gratis online. Yang namanya gratis itu biasanya dibatasi. Beda kalau Anda pasang iklan di papan reklame. Jadi pikirkan isi pesan iklan Anda dengan cerdas, sesuai dengan kebutuhan dan selera pasar plus posisi produk Anda. Kemudian kemas pesan Anda tersebut dengan kreatif. Ingat… sasaran Anda akan dihadapkan dengan ribuan pesan di iklan baris gratis online. Anda harus mampu merebut perhatian mereka karena cara pasang iklan Anda menentukan hasil akhir yang akan Anda dapat. Contohnya tagline saya ini, “60 Detik Anda Tidak Merasakan Manfaatnya, Tinggalkan Situs Ini !!”. Mantab kan? Narsis dikit nggak papa, wkwkwkwkwk.

Bet don wori… Banyak kok iklan baris gratis online yang efektif. Saya sudah coba beberapa. Hasilnya… mak nyuss… Sorry, nggak bisa saya sebutkan. Tapi iklan baris gratis online yang nihil juga banyak lho, ha..ha..ha.. Sampai kriting jari saya masangin iklannya. “Kalau yang bayar tapi efektif apa dok?…” Ada !! Mau saya sebutin? DokterBisnis [.] Net lah… Efektif bagi yang ingin buka grosiran, wkwkwkwkwkw… Gitu aja, selamat siang, selamat beraktifitas…

(sumber gambar : nettraffictoolbox.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

2 Comments

  1. fauzi tamsir

    February 18, 2014 at 14:14

    Iya benar saya banyak sekali belajar dari sini tentang bagaimana kita harus bekerja efektif

  2. ryan ramdhan

    March 17, 2015 at 12:27

    iya benar sekali. harus kreatif dan semenarik mungkin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *