3 Langkah Sukses Memenangkan Strategi Persaingan Bisnis


By on September 21, 2013
3 Langkah Sukses Memenangkan Strategi Persaingan Bisnis

Saya punya jurus rahasia tentang cara bagaimana memenangkan strategi persaingan bisnis. Langkahnya nggak panjang tapi efektif. “Gimana caranya dok?”, Sederhana… yaitu dengan mengembangkan manfaat produk atau jasa Anda ala Adhy Trisnanto. “Apaan itu dok?”… Tenang, Anda hanya butuh 3 langkah untuk sukses memenangkan persaingan dalam bisnis.

  1. Memperbaiki Nilai
    Misalkan Anda membuka usaha bimbel calistung. Anda meng-upgrade ruangannya menjadi lebih indah dengan warna yang ceria dan meriah, menyediakan makanan yang lebih higienis buat anak-anak, memperbanyak buku materi PAUD dan TK,  membeli lebih banyak alat peraga serta menyediakan mainan yang lebih interaktif sehingga anak-anak “kerasan” dan para orang tua pun merasa lebih “aman dan nyaman” untuk “menitipkan” anaknya kepada Anda. Itulah contoh jurus memenangkan strategi persaingan bisnis dengan “memperbaiki nilai”, menyulap usaha bimbel calistung Anda yang semula seperti “balai RT” menjadi bimbel calistung yang menyerupai sekolah internasional. Anda memberi layanan yang jauh melebihi pesaing-pesaing Anda.
  2. Meluaskan Nilai
    Contoh memenangkan strategi persaingan bisnis dengan meluaskan nilai itu begini, Anda punya usaha kursus bengkel sepeda motor. Anggaplah Anda tinggal di Jakarta. Tadinya semua peserta training Anda adalah orang Jakarta. Paling banter Bogor, Tangerang dan Serang lah. Nah, Anda transfer materi pelatihan usaha bengkel sepeda motor tersebut ke dalam sebuah video tutorial yang lengkap plus sebuah website yang berisi forum tanya jawab dunia “perbengkelan”. Dengan cara ini, orang-orang yang jauh dari Jakarta yang berminat untuk membuka bengkel sepeda motor tetap bisa “mengakses” pelatihan Anda. Mereka menerima manfaat Anda, brand usaha Anda bisa menyebar ke seluruh nusantara.
  3. Mengembangkan Nilai
    Gambaran strategi pemasaran dalam persaingan bisnis yang satu ini demikian, Anda punya bisnis seperti franchise Cemal-Cemil. Produknya adalah makanan dan minuman klasik tempoe doeloe macam coklat jago, permen telur cicak dan sebagainya. Langkah selanjutnya adalah Anda menambahkan fasilitas “bungkus gratis” bagi yang membeli tetapi ingin diberikan kepada teman atau kerabat sebagai hadiah atau parcel. Paham kan? Atau bagi yang membeli dalam partai besar, Anda memberikan layanan gratis pengantaran sampai ke rumah pembeli. Contoh lainnya adalah Anda membuatkan layanan “drive thru” bagi konsumen yang ingin membeli jajanan Anda tetapi malas untuk turun dari mobil. Inilah contoh-contoh jurus mengembangkan nilai, yaitu menambah fasilitas yang sebelumnya tidak ada menjadi ada.

Sudah jelas sekarang? Itu tadi 3 langkah sukses memenangkan strategi persaingan bisnis. Tinggal Anda terapkan dengan fokus dan detal… deerrr… Anda bisa memenangkan persaingan bisnis. Eh iya… Anda masih butuh artikel yang masih berkaitan dengan strategi persaingan bisnis? Kalau butuh, baca yang satu ini. Sayang kalau Anda lewatkan. Dijamin puas, ha..ha..ha..

(sumber gambar : www.heropurba.blogspot.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *