10 Mental yang Harus Anda Siapkan Saat Memulai Usaha Online


By on September 25, 2013
10 Mental yang Harus Anda Siapkan Saat Memulai Usaha Online

Jika Anda berniat untuk memulai usaha online, ada baiknya Anda membaca kisah Thomas Alfa Edison. Sebelum menemukan listrik, Thomas Alva Edison telah bereksperimen sebanyak 999 kali, dan semuanya gagal.

Jika pada percobaan ke-1000 dia mundur, maka kemungkinan besar hari ini Anda tidak dapat menikmati kemudahan-kemudahan yang Anda dapatkan dari adanya listrik.

Begitu tiba malam hari, pasti Anda akan merasakan “pekat dan gelap” karena tidak ada lampu serta tidak ada buah dingin nan nikmat plus minuman dingin yang segar karena tidak ada listrik buat hidupin kulkas. Saya juga nggak bisa hidupin komputer dan koneksi buat cari duit, hahahahahaha…

Maka sebagai seorang pebisnis yang akan memulai usaha online, Anda harus memiliki karakteristik pengusaha layaknya Thomas Alva Edison. Di bisnis online, sikap pantang menyerah merupakan modal penting untuk sukses berbisnis online. Mental bisnis yang Anda miliki inilah yang akan mempengaruhi kemajuan bisnis yang sedang Anda rintis.

Maka kali ini saya akan share sikap mental versi Gatut Susanta dan M. Azrin S. Beliau memang tidak langsung “mengarahkan” ke bisnis online. Tetapi setiap bisnis harus mempunyai mental yang kuat, apapun bisnis tersebut… termasuk bisnis online. So, praktekkan selalu 10 sikap dan mental di bawah ini, insya Allah proses Anda memulai usaha online akan selalu “indah”…

  1. Pandai dalam pengembangan aset.
    Seorang pebisnis berbeda dengan seorang karyawan. Karakter seorang karyawan akan menggunakan penghasilan pribadinya untuk hal yang bersifat konsumtif sehingga penghasilam tersebut akan hilang tanpa jejak. Dan seorang pebisnis sejati akan menggunakan pendapatannya untuk membeli aset bagi perusahaan sehingga akan mendatangkan suatu nilai tambah dalam pendapatan perusahaan.
  2. Memiliki karakter mandiri.
    Dalam bisnis yang Anda jalani, Andalah penentu dalam kesuksesan usaha yang sedang Anda rintis. Anda harus memiliki sikap yang mandiri, Anda harus bertanggung jawab menumbuhkan motivasi sebab tidak ada lagi pihak yang memerintah Anda untuk melakukan semua itu. Anda harus mampu menyelesaikan setiap masalah yang terjadi dalam bisnis Anda sendiri.
  3. Memiliki sikap disiplin.
    Sikap disiplin dalam bisnis memiliki peranan yang sangat penting. Kedisiplinan yang Anda terapkan pada bisnis Anda dapat berimbas pada kepuasan konsumen dan akan menciptakan kepercayaan konsumen. Bukan tidak mungkin konsumen akan merekomendasikan perusahaan Anda kepada rekan bisnis mereka, sehingga akan menambah daftar konsumen perusahaan Anda.
  4. Manajemen waktu dan kesempatan.
    Waktu dan kesempatan merupakan dua unsur yang harus Anda hargai sebagai pebisnis. Ambil setiap kesempatan yang datang pada Anda atau pesaing Anda akan mengambil kesempatan tersebut. Dan manfaatkan waktu seminimal mungkin namun dengan tujuan mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin. Kedua unsur tersebut sangat terkait dengan strategi bisnis bagi Anda.
  5. Mampu memotivasi diri sendiri.
    Sebagai seorang pebisnis, Anda bos bagi diri sendiri. Tidak ada yang memotivasi diri Anda, selain diri Anda sendiri. Tanpa adanya motivasi dari sang pemilik bisnis maka kegiatan usaha akan terlihat loyo. Geliat perusahaan tidak akan terasa oleh para prospekter. Bisnis akan tampak bersemangat jika sang pemilik memiliki semangat yang kuat.
  6. Memiliki tingkat kreativitas yang tinggi.
    Kreativitas yang tinngi akan menunjang bagi kelangsungan suatu perusahaan. Kreativitas dapat terkait dengan penciptaan karya baru dan kreatif dalam menciptakan peluang. Sebuah inovasi harus selalu Anda lakukan demi kelangsungan perkembangan bisnis Anda.
  7. Mempunyai karakter pemimpin dan berani mengambil keputusan.
    Jiwa kepemimpinan harus dimiliki seorang pebisnis sejati karena geliat suatu perusahaan tergantung pada sang pemilik. Seorang pemimpin haruslah mampu dan berani menciptakan suatu keputusan yang tidak ragu-ragu, keputusan yang komprehensif dan berorientasi pada target perusahaan sehingga tidak akan merugikan perusahaan. Dan keputusan yang diambil bukan pula sebuah keputusan dari hasil pemikiran yang tergesa-gesa.
  8. Tidak gentar menghadapi resiko.
    Kegagalan selalu ada dalam setiap usaha. Keberanian mengambil resiko merupakan salah satu ciri pebisnis sejati. Keberanian disini adalah keberanian yang telah diperhitungkan dengan matang bukan keberanian yang membabi buta. Jika Anda mengalami kegagalan, pelajari apa yang menyebabkan kegagalan tersebut. Dengan begitu Anda tidak akan melakukannya di masa depan.
  9. Berjiwa petarung.
    Pantang menyerah dan tidak gampang patah arang harus Anda miliki. Terlebih sebuah bisnis adalah kegiatan yang penuh dengan persaingan. Prinsip sekadar untuk bertahan hidup, tidak cocok Anda terapkan dalam dunia bisnis. Anda harus memiliki naluri bisnis yang harus selalu Anda kembangkan. Anda perlu mendedikasikan seluruh waktu untuk kemajuan usaha dan bisnis Anda.
  10. Keinginan untuk belajar dan memiliki wawasan yang luas.
    Belajar dan menambah pengetahuan merupakan cara terbaik untuk merubah sikap mental. Sebagai pebisnis, Anda harus memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas. Bacalah buku, hadirilah seminar-seminar yang terkait dengan dunia bisnis untuk menambah pengalaman dan wawasan Anda. Dengan mengikuti seminar Anda juga akan bertemu banyak orang yang memungkinkan Anda mendapatkan rekan baru.

Sebagai penutup, ingatlah selalu bahwa memulai usaha online sama dengan memulai bisnis konvensional, butuh semangat dan komitmen yang tinggi. Selain itu seperti kata pakar bisnis online pak Hianoto dan Sukarto, memulai usaha online juga membutuhkan rencana bisnis yang detail. Intinya Anda harus mau belajar memulai bisnis, mengawalinya dengan persiapan yang matang.

Sudah berapa banyak calon-calon “netpreneur” yang berhenti di tengah jalan karena mereka menganggap bisnis online adalah bisnis yang mudah tanpa perlu mempelajari dan menerapkan dasar-dasar bisnis dan sikap mental wirausaha yang benar. Okay, selamat berjuang, selamat memulai usaha online…

(sumber gambar : www.lapakbunda.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *