5 Manfaat Tersembunyi Jika Anda Mempunyai Izin Usaha Tetap atau Izin Usaha Industri


By on September 25, 2013
5 Manfaat Tersembunyi Jika Anda Mempunyai Izin Usaha Tetap

Semua pelaku usaha pasti menginginkan jika usahanya lancar, langgeng tanpa ada kendala. Begitu pula dengan Anda tentunya. Jika Anda tidak menginginkan usaha yang lancar tanpa hambatan, milikilah surat izin usaha atas usaha yang Anda jalani, baik izin usaha tetap, izin usaha industri (tergantung jenis usaha Anda) maupun izin-izin yang berkaitan dengan usaha lainnya.

Anda tentu tidak mengharapkan jika suatu saat nanti usaha yang Anda jalani akan mengalami nasib yang sama dengan kios-kios pedagang yang terkena tindakan pembongkaran lantaran tidak memiliki izin usaha tetap atau izin usaha indutri. Unsur legalitas dari usaha yang Anda jalani sangat menentuan keberlangsungan usaha Anda, selain tergantung pula dengan minat konsumen terhadap komoditas yang Anda jual.

Usaha yang sudah Anda rintis haruslah Anda pertahankan keberadaannya dan kelangsungannya. Dan dengan memiliki izin usaha entah yabg tetap atau izin usaha indutri, maka Anda tidak akan dipusingkan dengan isu-isu penertiban atau pembongkaran pada kegiatan usaha yang Anda jalani.

Keberadaan izin usaha dalam melengkapi kegiatan perdagangan yang Anda lakukan memiliki arti penting sebagai sarana perlindungan hukum. Anda tidak ingin kan jika misal tiba-tiba papan reklame Anda tiba-tiba “di dedel” paksa oleh aparat pemerintahan? Selain itu, izin usaha juga memiliki beberapa manfaat yang tidak kalah pentingnya. Nah, Anda ingin tahu apa saja? Mari saya jabarkan satu persatu manfaat izin usaha untuk Anda versi Gatut Susanta dan M. Azri. S…

  1. Sarana perlindungan hukum.
    Kepemilikan izin usaha membuat seorang pengusaha sedini mungkin menjauhkan kegiatan usaha dari tindakan pembongkaran dan penertiban. Rasa aman dan nyaman tentu akan Anda rasakan jika Anda memiliki izin usaha dan tidak lagi dihantui rasa takut dan cemas kan adanya tindak pembongkaran. Legalisasi merupakan sarana yang pemerintah sediakan agar Anda dapat merasakakan kenyamanan dalam melakukan kegiatan usaha yang Anda jalani.
    Namun untuk mendapatkan kepemilikan izin usaha, Anda harus paham seluk beluk sistem birokasi untuk mendapatkan izin usaha tersebut. Anda juga harus mengetahui berapa biaya administrasi yang resmi yang dikenakan untuk mengurus dokumen-dokumen. Karena jika tidak Anda bisa menjadi “makanan empuk” oknum-oknum dari dinas terkait. Dan ini sudah menjadi rahasia umum.
  2. Sarana promosi.
    Promosi merupakan sarana penting untuk mendongkrak omzet penjualan Anda. Dan dengan mengurus izin usaha, secara tidak langsung Anda telah melakukan serangkaian promosi. Anda tahu mengapa demikian? Pencatatan izin usaha pertama kali akan melalui kantor kelurahan atau kecamatan. Para petugas akan menanyakan kepentingan atas pengajuan izin usaha dan bertanya seputar kegiatan usaha yang Anda dirikan tersebut. Komunikasi yang terjalin secara personal tentu menjadi ajang promosi secara individu. Setelah usaha Anda terdaftar dalam kelembagaan pemerintah, hal ini membuat setiap orang dapat mengakses data-data tentang usaha Anda dan ini menjadikan ajang promosi secara inventaris.
  3. Bukti kepatuhan terhadap aturan hukum.
    Dengan memiliki unsur legalitas dari kegiatan usaha Anda, seorang pengusaha telah mematuhi aturan-aturan hukum yang berlaku. Anda secara tidak langsung telah menegakkan budaya disiplin dan ini membantu pemerintah dalam hal penentuan kebijakan dalam dunia usaha. Kepatuhan ini merupakan bentuk terkecil dari seorang pengusaha yang dapat dilakukan terhadap negara dan pemerintahan.
  4. Mempermudah mendapatkan suatu proyek.
    Ada beberapa kegiatan usaha yang tidak lepas dari proses pemenangan tender suatu proyek baik dari perusahaan swasta maupun pemerintah. Dan ini ada syarat-syarat yang harus dipenuhi seorang pengusaha jika ingin memenangkan proyek tersebut. Dengan mengantongi kepemilikan izin usaha, Anda memiliki dokumen-dokumen yang memiliki legalitas hukum. Secara garis besar, izin usaha merupakan sarana untuk pengembangan usaha menjadi lebih besar.
  5. Mempermudah pengembangan usaha.
    Setelah usaha Anda mengalami perkembangan yang signifikan, aliran modal dan keuntungan mengalir, konsumen Anda semakin bertambah dan berkembang menjadi pelanggan yang fanatik, kondisi ini tentu akan membuat Anda tergerak untuk mengadakan suatu ekspansi kekuatan pendukung. Dengan membuka cabang-cabang usaha yang baru akan membuat usaha Anda semakin berkembang dan dapat menjangkau para pelanggan Anda yang berada di beberapa daerah. Dengan memiliki izin usaha baik izin usaha tetap atau izin usaha indutri lengkap dengan dokumen-dokumen resmi lainnya akan memudahkan Anda untuk mendapatkan aliran dana segar untuk merealisasikan keinginan tersebut.

(sumber gambar : tebaksaja.blogdetik.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

3 Comments

  1. belajar bahasa inggris

    March 26, 2014 at 19:33

    keren mastah semoga terus berjaya

  2. Berita MotoGP

    September 17, 2014 at 16:19

    kalo sober online perlu gak ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *