Jangan Buka Usaha Salon Kecantikan Sebelum Urus Izin Usahanya !!


By on September 27, 2013
Jangan Buka Usaha Salon Kecantikan Sebelum Urus Izin Usahanya !!

Anda berminat mengambil peluang usaha salon kecantikan? Kalau benar, pilihan Anda sangat tepat !! Usaha salon kecantikan adalah usaha yang menjanjikan. Wanita mana yang tidak ingin tampil cantik di hadapan suaminya kan? Anda bisa lihat, ada jutaan wanita yang rela mati-matian menghabiskan uang mereka agar bisa dikatakan cantik.

Tapi sebelum Anda memulai usaha salon rambut dan kecantikan, Anda harus urus dulu ijin usahanya. Hal dasar, penting tapi sering dilupakan. Jangan sampai saat usaha salon kecantikan Anda tenar tiba-tiba dibredel karena Anda belum mengantongi surat ijin. Sudah malu, omset menurun terus yang terparah… tutup !!

“Kalau ngurus ijin bisnis salon kecantikan itu belibet dok. Belum harus sogok sana sogok sini.” Eh, siapa bilang. Sekarang mengurus ijin usaha membuka salon kecantikan dipermudah. “Kok bisa dok?” Iya, soalnya pemerintah lagi gencar-gencarnya “ngurus” pajak. Dari mana mereka bisa dapat pemasukan pajak kalau yang mau ngurus perijinan aja nggak ada?

“Lha terus saya harus bayar pajak dong? Belum juga memulai bisnis salon kecantikan sudah berurusan dengan pajak”. Ya iya lah… Walaupun pajak secara syar’ie adalah sesuatu yang tidak dibenarkan, tapi Anda harus taat karena kondisinya terpaksa. Anda mau usaha Anda dibredel? Brand usaha Anda yang sudah Anda bangun akan sia-sia. 

Kalau masalah pajak tenang aja, ada cara menghindari bayar pajak yang besar tapi legal kok. Sudah? Kalau sudah, ini persyaratan administratif dan mekanisme mengurus ijin usaha salon kecantikan yang saya kutip dari buku “cara mudah mendirikan dan mengelola UMKM”.

Persyaratan Administratif :

  1. Surat permohonan tertulis dari Anda sebagai pemilik salon.
  2. Pelaksana harian minimal oleh seorang atau lebih ahli kecantikan dan asisten ahli kecantikan.
  3. Surat pernyataan bersedia menjadi penanggung jawab salon kecantikan, apabila kecantikan yang bersangkutan bukan pemilik salon kecantikan.
  4. Fotokopi izin praktik ahli kecantikan dari penanggung jawab salon kecantikan.
  5. Kelengkapan bangunan di lokasi usaha Anda harus mempunyai : ruangan perawatan kecantikan untuk rambut dan kulit minimal 3 x 3 meter, ruangan untuk tata kecantikan dan kulit harus terpisah, kelengkapan alat, ruang tunggu, toilet, fotocopi bsurat izin usaha, alat pemadam kebakaran, bak sampah, tersedia air yang memenuhi syarat kesehatan, surat keterangan sehat dari dokter pemerintah, surat keterangan dari lingkungan, serta pasfoto 4 x 6 cm, sebanyak 3 lembar dari Anda sang pemilik salon.

Mekanisme Perizinan :

  1. Permohonan diajukan ke Dinas Kesehatan melalui Sub-bagian Umum dan diteruskan ke Kepala Bagian Tata Usaha untuk dicatat dalam buku register.
  2. Setelah dicatat permohonan di teruskan ke Bidang Pelayanan Kesehatan kemudian diserahkan ke Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar dan Rujukan untuk diteliti kelengkapannya.
  3. Setelah selesai diproses kemudian diserahkan kembali ke Bidang Pelayanan Kesehatan dan Kepala Dinas Kesehatan untuk ditandatangani kemudian dikembalikan ke Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar dan Rujukan untuk diserahkan kepada pemohon.
  4. Waktu pemrosesan menerbitkan izin terhadap permohonan bisnis salon kecantikan tersebut paling lambat 12 hari kerja sejak berkas permohonan diterima secara lengkap.
  5. Terhadap permohonan yang ditolak, DinKes akan memberikan jawaban tertulis disertai jawaban paling lambat 12 hari kerja sejak berkas permohonan diterima secara lengkap.
  6. Apabila dalam 12 hari kerja sejak berkas permohonan izin usaha salon diterima secara lengkap DinKes tidak memberikan jawaban, maka permohonan dianggap ditolak.
  7. Masa berlaku izin penyelenggaraan usaha salon kecantikan berlaku selama 5 tahun dan dapat diperbaharui.
  8. Permohonan pembaharuan izin praktik dilakukan paling lambat 14 hari kerja sebelum masa berlaku izin berakhir.

Sudah jelas? Kalau sudah monggo, silahken Anda urus dulu ijin usaha salon kecantikan atau franchise salon kecantikan. Kalau Anda masih males ngurus ijin, pakai biro jasa perijinan. Aman dah…

(sumber gambar : puramoz.blogspot.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *