Lagi Cari Peluang Investasi di Indonesia? Coba yang Satu Ini !!


By on September 27, 2013
Lagi Cari Peluang Investasi di Indonesia? Coba yang Satu Ini !!

Problem yang paling sering dijumpai oleh orang yang sudah bosan jadi karyawan keluar dari pekerjaannya dan mulai fokus dan total membangun bisnis. Perlu keberanian tingkat tinggi untuk keluar dari pekerjaan karena tidak yang namanya sumber penghasilan tetap alias keamanan finansial itu terlalu menggoda.

Lalu bagaimana caranya jika Anda belum berani keluar dari pekerjaan Anda. Begini, sumber penghasilan itu bisa Anda dapatkan dari berbagai cara :

  1. Bekerja 
    Anda bisa bekerja di perusahaan swasta atau menjadi pegawai negeri sipil. Bisa juga dengan menjadi pegawai lepas.
  2. Membangun Bisnis
    Bisnis adalah cara kedua untuk bisa mendapatkan sumber penghasilan. Anda bisa membuka bisnis laundry, ternak kalkun atau membuka usaha supplier rumah makan dan hotel.
  3. Berinvestasi
    Adalah cara mendapatkan sumber penghasilan dengan menanamkan sebagian dana pada sebuah bisnis. Contohnya Anda menanamkan dana Anda di peluang investasi emas atau Anda membeli saham sebuah perusahaan.

Poin yang pertama yaitu bekerja, tidak perlu saya bahas. Semua orang sudah tahu apa itu bekerja. Poin yang kedua, yaitu membangun bisnis, adalah sebuah “tindakan” yang harus Anda pertimbangkan dengan masak jika Anda masih belum berani memutuskan untuk keluar dari pekerjaan Anda.

Bisnis jarang bisa berhasil jika Anda masih bekerja karena bisnis perlu fokus dan juga perhatian lebih pada saat bisnis Anda masih dalam proses berkembang. Dan akhirnya, pilihan mereka jatuh ke jenis bisnis sampingan agar mereka bisa tetap pada pekerjaan mereka.

Nah, salah satu cara agar Anda bisa mendapatkan penghasilan ganda adalah dengan mencari peluang investasi di Indonesia. Anda bisa berinvestasi dimanapun Anda suka. Salah satu contohnya adalah di peluang bisnis investasi rental mobil dan motor milik mas Yanuar. Beliau sedang mencari tambahan dana untuk membuka cabang usahanya.

Saat ini mas Yanuar sudah memiliki sekitar 30-an unit motor dan 4 unit mobil. Awalnya Dari 30-an unit motor tersebut, ada sekitar 12 unit yang merupakan motor titipan yang dikontrak oleh mas Yanuar selama 2 tahun. Bahkan ada beberapa investor yang menitipkan motornya hingga 4 unit.

Mari kita bahas perhitungan peluang usaha investasi ini. Jika Anda menginvestasi sebuah motor Honda Beat Injection seharga Rp 13.000.000, setiap bulan Anda mendapatkan biaya sewa sebesar Rp. 450.000,00. Selama kontrak 2 tahun, maka dana Anda menjadi Rp 10.800.000,00 (Rp 450.000,00 x 24 bulan)

Setelah kontrak selesai 2 tahun, Anda akan memiliki motor bekas dengan nilai penyusutan sebesar 20% dengan taksiran harga jual motor bekas tersebut sebesar Rp 10.400.000,00 Kenaikan nilai investasi Anda selama 2 tahun menjadi Rp 20.800.000,00 atau sebesar 1.56% /bulan.

Tapi ingat, investasi yang menguntungkan itu bukanlah sesuatu yang mudah untuk Anda dapatkan. Anda harus belajar banyak agar Anda bisa menjadi investor yang handal. Saya akan bagikan beberapa tips untuk menilai apakah sebuah investasi itu layak untuk Anda jalankan. Ada 3 hal yang harus Anda perhitungkan :

  1. Resiko Investasi
    Tingkat resiko dapat Anda ketahui melalui pengelola bisnisnya. Sebaik apapun peluang bisnisnya jika tidak dikelola dengan baik maka bisnis tersebut menjadi hancur.
  2. Jenis Bisnis
    Bisnis memiliki beberapa jenis, yaitu arus kas lambat, arus kas cepat atau bisnis dengan fluktuatif tinggi. Silahkan Anda pilih mana yang akan Anda jadikan sebagai “ladang investasi” Anda.
  3. Return on Ivestment
    Return on investment atau biasa disingkat ROI adalah sebuah cara untuk menghitung waktu berapa lama investasi Anda kembali. Jelasnya, Anda bisa baca di sini.
  4. Syari’ie
    Karena saya seorang muslim, saya sangat menyarankan kepada Anda untuk mencari peluang investasi syariah. Jangan cari yang mengandung ketidakjelasan atau riba. Carilah investasi yang barokah, walaupun keuntungannya lebih sedikit.

Nah, jika Anda berminat investasi ke mas Yanuar, silahkan isi form di menu kontak di atas. Sampaikan semua pertanyaan Anda sejelas-jelasnya agar Anda tidak menyesal di kemudian hari. Cari peluang investasi di Indonesia itu butuh perhitungan yang matang. So, saya hanya menyampaikan informasi tentang peluang usaha investasi saja, resikonya? Tanggung penumpang, he..he..he..

(sumber gambar : www.tribunnews.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *