Raih Keuntungan Lewat Hangatnya Franchise Minuman Jahe Merah


By on September 27, 2013

Bila Anda merasa kurang ahli dalam meramu resep minuman yang unik tetapi nikmat, atau merasa tidak pandai dalam membuat konsep booth untuk usaha minuman Anda, maka ide membeli franchise minuman cocok buat Anda. Franchise minuman apa yang unik tetapi konsep boothnya juga cantik? Ini dia, franchise minuman jahe merah !!

Franchise minuman jahe merah adalah salah satu franchise minuman yang belakangan sedang naik daun. Waralaba minuman ini rintisan dari seorang pelaku usaha jahe merah kawakan dari Jawa Barat, Darul Mahbar. Dengan inovasinya, Darul menciptakan Red Ginger Corner, berupa booth semi café dengan menu sajian minuman jahe merah ala modern.

Rasa dan aroma jahe merah berpadu dengan beragam rasa inovatif melahirkan variasi rasa unik yang menarik, seperti green tea jahe merah atau vanilalatte jahe merah.

Awalnya, Darul mempunyai usaha di industri minuman jahe merah bubuk dalam kemasan sejak tahun 2008. Produk yang memiliki nama “Cangkir Merah” ini sudah merambah ke pasar Eropa dan Amerika. Rasa hangatnya yang unik membuatnya menjadi pilihan alternatif pengganti minuman anggur di negara-negara dingin Eropa dan Amerika.

Jahe merah memang memiliki keunggulan pada aroma dan rasanya yang lebih tajam dari jahe biasa. Maka tidak heran bila minuman jahe merah menjadi salah satu minuman penghangat populer di Indonesia. Sayangnya, produksi dan industri yang mengangkat jahe merah masih sangat terbatas.

Hal itulah yang menginspirasi Darul untuk bergelut di usaha franchise minuman ini. Persaingan belum ketat dan pasar yang masih sangat terbuka adalah alasan utama Darul mengapa ia mau terjun ke bisnis waralaba minuman ini. Minuman jahe merah yang selama ini identik sebagai minuman tradisional beliau “sulap” menjadi minuman modern aneka rasa inovatif. Ada 7 rasa, yakni strawberry, vanilla, espresso, capucinno, cokelat, creamy dan original.

Awalnya, Darul tidak mem-franchise-kan usaha ini. Ia membuka sebuah gerai minuman jahe di kawasan Rawa Belong Jawa Barat. Ia harus bekerja keras besar karena untuk memperkenalkan sesuatu yang baru dan berbeda ke masyarakat butuh “tenaga ekstra”. Dan tentunya hal ini tidak mudah. Beragam strategi promosi Darul lakukan.

Tapi beruntung, minuman jahe merah ini tergolong unik sehingga mendorong rasa penasaran para konsumen. Ditunjang booth minuman yang unik, carai ini cepat mendatangkan konsumen. Terlebih Darul sangat gencar berpromosi sehingga nama booth-nya cepat populer di masyarakat sekitar.

Lambat laun peluang usaha minuman jahe merah Darul meningkat. Tingginya minat pasar di booth pertamanya membuat banyak pihak tertarik untuk bekerja sama dengan Darul. Akhirnya munculah ide untuk membuat usaha ini menjadi waralaba minuman murah.

Langkah beliau sangat tepat. Dalam 6 bulan saja, franchise minuman Red Ginger Corner -nama franchise beliau- sudah memiliki 2 cabang dan 3 mitra di Jawa Barat. Dan hebatnya, franchise minuman jahe merah miliknya mampu menghasilkan omset kurang lebih 60-an juta rupiah. Angka yang fantastis kan?

Berapa harga franchisenya? Anda cukup menyediakan modal sekitar 7,5 juta rupiah untuk mini booth. Darul juga menawarkan konsep kafe dengan harga franchise sekitar 100 juta rupiah. Lalu berapa harga jual minumannya?

Satu gelas minuman jahe merah ini harganya sekitar 5.000 hingga 7.500 rupiah. Dan menurut salah seorang pembeli franchise beliau di Bandung, produk minuman jahe Red Ginger Corner ini bisa menjual hingga 30 gelas. Lumayan kan?

Hingga saat ini, Darul masih terus berusaha mengembangkan inovasi dan terobosan baru untuk kedua usahanya. Darul percaya jahe merah bahwa jahe merah adalah salah satu potensi terbaik Indonesia yang harus terus digali. Bisa jadi jahe merah bisa menyaingi kepopuleran ginseng merah Korea. Who knows?

Yang jelas, target utama dari inovasi bisnis minuman ringan beliau adalah mengembangkan lebih banyak paduan rasa untuk sajian franchise minuman jahe merahnya ini. Anda tertarik?

(sumber gambar : koranpeluangusaha.blogspot.com)

About L@dY-NoEL

One Comment

  1. agung mahendra

    February 4, 2014 at 08:21

    untuk informasi.dapat menghubungi no telp / pin bb berapa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *