Potensi Baru Usaha Minuman Segar dan Hangat Jahe Merah


By on September 28, 2013
Potensi Baru Usaha Minuman Segar dan Hangat Jahe Merah

Usaha minuman termasuk jenis usaha kuliner yang sangat ketat persaingannya. Meski ragam inovasinya terus berkembang, tetapipada dasarnya sudah padat. Oleh karena itu Anda perlu menemukan inovasi produk yang unik dan berbeda untuk terjun dalam bisnis ini.

Nah, ada satu peluang bisnis minuman yang mungkin bisa jadi “penyegar” buat Anda di tengah ketatnya persaingan. Selama ini Anda hanya mendengar usaha minuman segar identik dengan  booth jus, es teh, shaker dan sebagainya. Sekarang mengapa Anda tidak mencoba membuka booth minuman segar jahe merah?

Ide usaha minuman ini tentu akan sangat cocok bila Anda bertempat tinggal di kawasan yang dingin seperti pegunungan atau dataran tinggi.

Di lokasi dengan hawa yang dingin, membuka usaha minuman dingin seperti jus atau sup buah sama saja Anda “bunuh diri”. Berbeda bila Anda membuka usaha tersebut di kawasan panas atau pantai. Tetapi bila Anda menyajikan menuman segar berbahan jahe merah ini di kawasan dingin, kemungkinan besar produk Anda akan laku keras.

Dan lagi, peta persaingan untuk aneka minuman segar dan sehat jenis ini tidak seketat usaha minuman jenis jus dan beragam minuman dingin lainnya. Usaha ini juga belum menjamur di pasaran… belum menjadi trend bisnis baru. Sehingga bila Anda membuka usaha aneka minuman jahe merah sekarang, Anda bisa menjadi pionir di kota Anda.

Lalu bagaimana memulai usaha minuman ini? Kalau Anda nggak ingin ribet-ribet Anda bisa membeli franchise minuman segar Jahe merah yang berpusat di salah satu kota di Jawa Barat. Info lengkap mengenai usaha minuman ini bisa Anda lihat di sini. Tetapi bila Anda tertarik untuk terjun dan membuka jenis usaha minuman sendiri, Anda bisa mencoba beberapa langkah berikut ini.

  1. Survey usaha
    Survey usaha di sini berkaitan dengan lokasi strategis usaha minuman gelas, suplai jahe merah, juga informasi mengenai tempat pembelian gerai atau booth juga semua perangkatnya seperti mesin cup sealer.
  2. Perencanaan dan persiapan
    Pada tahap ini, Anda harus mulai berhitung tentang kebutuhan modal, ketersediaan dana usaha dan tentu saja pembelanjaan. Semua harus Anda garap dan siapkan sendiri. Karenanya Anda harus mempersiapkan dengan detil dan cermat. Persiapkan tema booth Anda, mulai dari logo, bentuk booth hingga warna dan percetakan untuk gelas dan plastik.
  3. Siapkan Resep minuman
    Siapkan resep minuman jahe merah yang paling sesuai untuk Anda jajakan di kawasan Anda. Cari informasinya melalui beragam website yang menyajikan resep minuman jahe merah. Jangan takut untuk berujicoba agar Anda bisa menemukan resep yang paling tepat. Anda juga bisa membuat minuman dengan inovasi produk khusus seperti memadukan rasa jahe merah dengan beragam rasa lain seperti susu vanilla, kopi, gula aren dan sebagainya.
  4. Buat perjanjian kerjasama
    Pada tahap ini, Anda sudah masuk ke tahap pra produksi. Di sini Anda harus memastikan keberlangsungan suplai jahe merah untuk usaha minuman Anda. Tidak hanya suplai jahe merah saja, tapi juga semua bahan pendukung lainnya. Bila perlu buat perjanjian pembayaran termin yang akan memudahkan Anda dalam hal pembayaran. Apa sebabnya Anda harus demikian? Karena Anda harus membayar supplier Anda pasca produk minuman Anda terbeli.
  5. Pemasaran strategis
    Pada tahap ini Anda sudah mulai menjalankan usaha dan jelas, usaha Anda belum dikenal pasar. Jadi target atau tujuan pertama pemasaran Anda adalah membuat produk Anda dikenal pasar. Langkah pemasarannya tidak hanya terpatok pada warna dan logo booth yang eye cathy. Tapi juga langkah strategis yang bertujuan mendatangkan konsumen ke booth Anda. Beberapa cara pemasaran yang bisa Anda coba adalah promosi buy 2 get 1 atau merchandise bonus untuk pembelian dalam jumlah tertentu. Masih ada banyak cara lain yang bisa Anda coba untuk mendatangkan konsumen, bergantung pada kreatifitas Anda. Lengkapnya, silahkan baca artikel strategi promosi.

Setelah Anda membaca penjelasan di atas, silahkan Anda lihat proyeksi keuangan yang bisa Anda peroleh dari usaha minuman segar jahe merah standar.

Biaya Awal Rincian Jumlah
  Booth Bekas Rp. 600.000,00  
  Alat cup sealer Rp. 1.000.000,00  
  Pembaruan Booth Rp. 200.000,00  
  Wadah es Rp. 50.000,00  
  Storage penahan panas Rp. 900.000,00  
  Peralatan lain Rp. 100.000,00  
TOTAL   Rp 2.850.000,00
       
Biaya Produksi 1 bln    
  Jahe merah (10 kg) Rp. 300.000,00  
  Bahan-bahan lain Rp. 400.000,00  
  Gelas berlogo + tutup Rp. 260.000,00  
  Es batu Rp. 200.000,00  
  Perlengkapan lain Rp. 80.000,00  
  Suplai Air & Listrik Rp. 50.000,00  
      Rp. 1.290.000,00
       
Hasil dalam satu bulan    
  25 gelas perhari x 30 hari x Rp. 5.000,00 Rp. 3.750.000,00
       
Keuntungan   Rp. 2.460.000,00

Ide usaha minuman murah jahe merah di atas cukup inovatif bukan? Dari modal usaha tidak sampai 2 juta, Anda bisa mendapatkan hasil yang cukup besar. Jadi, apakah Anda tertarik untuk terjun dalam usaha minuman segar jahe merah ini?

(sumber gambar : sidomi.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

One Comment

  1. Jual Madu Asli

    March 25, 2014 at 19:22

    Perpadauan Dahsyat… Madu dengan jahe Merah… bisa dicoba juga tuh ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *