7 Tips Mencari Investasi Aman Terbaru Versi Warren Buffet

By on September 29, 2013

Coba Anda lihat gambar di bawah ini :

investasi-aman-terbaru

Sudah Anda lihat? Apa yang Anda pikirkan sekarang? Merk dagang bisa membuat harga barang jadi mahal? Tidak salah… tapi bukan itu maksud saya. “Lho, bentar dok. Apa hubungannya gambar di atas dengan investasi aman terbaru?”

Ada !! Jika Anda ingin bermain investasi aman terbaru, “melek finansial” itu lebih penting daripada cara berinvestasi atau investasi aman dan terpercaya itu sendiri.

Mengapa demikian? Karena tidak ada investasi aman dan menguntungkan yang buruk. Yang ada adalah investor yang buruk. Investor yang buruk adalah investor yang tidak mempunyai mental, tidak punya kecerdasan finansial yang baik dan tidak bisa memahami apa itu aset dan liabilitas.

Yang mereka cari hanya “cara investasi yang aman”, bukan membekali dirinya dengan pengetahuan agar bisa mengelola resiko investasi. Dan aman… adalah kata favorit mereka. “Okay dok, saya sudah sedikit lebih paham. Tapi saya masih belum nyambung nih antara gambar di atas dengan investasi yang aman.”

Well, biar lebih jelasnya, coba baca dan resapi nasehat dari pakar investasi dunia. Siapa dia? Siapa lagi kalau bukan Warren Buffet, orang terkaya no. 2 di dunia…

Jauhkan dirimu dari pinjaman bank atau kartu kredit dan berinvestasilah dengan apa yang kau miliki, serta ingat :

  1. Uang tidak menciptakan manusia, manusialah yang menciptakan uang.
  2. Hiduplah sederhana sebagaimana dirimu sendiri.
  3. Jangan melakukan apapun yang dikatakan orang, dengarkan mereka, tapi lakukan yang baik saja.
  4. Jangan memakai merk, pakailah yang benar-benar nyaman untukmu.
  5. Jangan habiskan uang untuk hal-hal yang tidak benar-benar penting.
  6. With money : You can buy a house, but not a home. You can buy a bed, but not a sleep. You can get a position, but not a respect. You can buy a clock, but not a time. You can buy a book, but not knowledge. You can buy blood, but not life. So find your happiness inside you.
  7. Jika itu telah berhasil dalam hidupmu, berbagilah dan ajarkanlah pada orang lain.

“Orang yang berbahagia bukanlah orang yang hebat dalam segala hal. Tapi orang yang bisa menemukan hal sederhana dalam hidupnya dan mengucap syukur”.

Lihatlah !! Beliau menyarankan untuk tidak menggunakan pinjaman bank, tidak memakai kartu kredit, tidak membeli sesuatu karena merk dan tidak menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak benar-benar penting.

So, bagaimana Anda bisa berinvestasi dengan baik jika Anda tidak bisa mengendalikan diri Anda untuk tidak membeli barang karena merk? Bagaimana Anda bisa berinvestasi dengan baik jika Anda juga tidak mampu menahan diri untuk tidak menggunakan kartu kredit meskipun hanya untuk membeli barang-barang yang tidak begitu penting?

Hal yang kecil saja Anda tidak mampu menahan diri, bagaimana dengan hal yang besar? Dan andaikan pada saat yang bersamaan Anda dihadapkan dengan dua pilihan, membeli gadget keluaran terbaru atau berinvestasi pada investasi terbaru yang “terlihat” beresiko, apakah Anda yakin akan memilih yang kedua?

Jadi, semua yang beliau sebutkan adalah dasar-dasar “melek finansial”. Dan sekali lagi, “melek finansial” atau “cerdas secara finansial” adalah pondasi utama Anda untuk menjadi investor yang handal… Handal dalam mengelola resiko investasi, bukan handal dalam mencari investasi aman terbaru.

Lupakan dulu pasar saham, lupakan dulu peluang investasi aman terbaru. Lihatlah dulu ke dalam, apakah Anda sudah mampu menanamkan nilai-nilai dasar “melek finansial”. Apa yang mayoritas orang lakukan sekarang adalah selalu dan selalu mencari investasi aman terbaru.

Dan ending-nya percayalah… mereka tidak akan menemukannya. Sampai kapanpun !! Tidak ada investasi yang tidak beresiko. Dan yang lebih parah lagi, jika mereka berhasil menemukannya, mereka tetap tidak “mampu” untuk berinvestasi pada apa yang mereka katakan investasi paling aman tersebut.

Mengapa demikian? Simpel !! Uang mereka habis untuk membayar cicilan rumah, habis untuk membayar cicilan mobil, habis untuk membeli gadget terbaru dan habis untuk membeli tas dan sikat gigi bermerk.

Mereka lebih suka menabung untuk membeli mobil mewah daripada kehilangan uang untuk mencoba belajar berinvestasi. Mereka lebih suka membeli jam tangan bermerk daripada membeli buku atau mendatangi seminar investasi. Mereka takut gagal !!

Akhirnya mereka takut untuk keluar dari pekerjaannya karena mereka sadar, dengan keluar dari pekerjaannya, mereka akan kehilangan semuanya. Kehilangan semuanya !! Kata yang paling menakutkan yang pernah mereka dengar…

Hal selanjutnya mudah ditebak !! Mereka akan semakin giat bekerja, bekerja dan bekerja. Mencari uang lebih banyak dari bekerja untuk membayar cicilan tanpa sempat berinvestasi atau mengalokasikan waktu untuk membuat diri mereka pintar. Bukan karena mereka tidak tahu bahwa investasi adalah sesuatu yang bagus. Tapi karena mereka terjebak dalam “lilitan liabilitas”. Berita buruknya, mereka hanya punya waktu 24 jam dalam sehari… tidak lebih.

Dan Anda tahu “slogan” apa yang paling mereka senangi? “Nanti pada saat yang tepat, saya akan mencari investasi aman terbaru.” NANTI dan AMAN… See? Nanti, nanti dan nanti… setelah semua cicilan selesai. Sampai kapan? Tidak akan ada habisnya jika Anda menunggu hingga semua “problem finansial” Anda teratasi.

Well, jika Anda benar-benar ingin mencari bisnis investasi yang aman, lupakan segera kata AMAN dan NANTI. Investasikan waktu Anda dengan memperkaya pengetahuan Anda tentang “melek finansial” daripada mencari investasi murah dan aman. Praktekkan ke-7 nasehat investasi Warren Buffet dan putuskan untuk melakukannya… NOW, sekarang !!

Jangan tunggu waktu yang sempurna karena sesungguhnya waktu yang sempurna itu tidak pernah ada. Ingatlah selalu pepatah bahwa “Jika ada 4 burung yang memutuskan untuk terbang, keempat-empatnya tidak akan pernah terbang karena terbang itu bukan HANYA KEPUTUSAN, tapi TINDAKAN.”

Jangan mencari investasi aman menguntungkan. Tapi carilah cara bagaimana mengelola resiko investasi dan berinvestasilah. Camkan baik-baik nasehat investasi dari Warren Buffet : Jauhkan dirimu dari pinjaman bank atau kartu kredit dan berinvestasilah dengan apa yang kau miliki.


Setelah Anda sukses berinvestasi, silahkan Anda “bersenang-senang”. Pergilah untuk membeli rumah dan mobil karena di saat itu, aset Anda akan terus menghasilkan. Nikmatilah keberhasilan Anda karena semua itu adalah “hadiah” dari kerja keras Anda. Selamat berinvestasi…

(sumber gambar artikel investasi aman terbaru : carabelajarmain*****.blogspot.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan.So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya.Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

9 Comments

  1. adi

    May 22, 2016 at 16:24

    klau buka usaha tpi madal dibwah 5 juta gimna cara mengolahnya.mksih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *