10 Sistem Basis Data yang Paling Laris Digunakan di Bisnis


By on September 30, 2013
10 Sistem Basis Data yang Paling Laris Digunakan di Bisnis

Sistem Basis Data adalah istilah klasik dalam dunia informasi dan teknologi. Secara terminologi artinya kumpulan informasi sistematis dalam sebuah penyimpanan komputer yang secara majemuk dan saling berkaitan. Pemanfaatan dari sistem basis data ini sangat luas tidak sempit hanya pada bidang teknologi dan informasi.

Salah satu implementasi dari sistem basis data adalah dalam dunia bisnis dan usaha. Dunia bisnis selalu sarat sangat dengan banyaknya informasi. Transaksi dan aktivitas keuangan serta non keuangan harus tercatat dengan rapi. Tanpa sistem basis data, semua informasi ini tidak bisa terkelola secara manajerial.

Padahal bagi sebuah usaha, akses terhadap catatan peristiwa masa lampau adalah sebuah keharusan terutama dalam proses evaluasi dan perencanaan.  Dan di sini sistem basis data menjadi jalan keluar dari persoalan ini.

Contoh sederhananya adalah catatan dari seluruh transaksi penjualan suatu bisnis. Akumulasi dari pencatatan ini akan memberi Anda informasi penjualan tahunan Anda, produk terlaris dan tidak laris pada tahun bersangkutan termasuk total retur yang terjadi.

Data ini akan menjadi evaluasi kinerja tim pemasaran dan penjualan Anda sekaligus memberi Anda cukup informasi dalam merencanakan langkah pemasaran pada tahun berikutnya.

Bila bisnis Anda sangat kompleks dengan jumlah item dan pieces yang banyak, maka pencatatan manual jelas mustahil. Karenanya Anda membutuhkan sebuah software yang akan mengelola sistem basis data untuk bisnis Anda ini. Apalagi transaksi penjualan bukan satu-satunya aktivitas bisnis yang terjadi  dalam bisnis Anda bukan?

Pengelolaan sistem basis data memiliki istilah dengan nama Database Management System (DBMS). Ukuran dari DBMS ini cukup bervariasi. Terdapat sangat banyak variasi dari sistem basis data yang bis Anda terapkan dalam bisnis.

Pada kesempatan ini saya akan mencoba mengutip informasi mengenai 10 sistem basis data terbaik untuk bisnis berdasar serverwatch sebagai berikut.

  1. Oracle
    Oracle sudah menjadi sistem basis data bisnis terbaik sejak tahun 1979 dengan sebuah sistem koneksi antar data dan pelayanan informasi data yang ”unbreakable”.
  2. SQL Server
    Bentuk layanan sistem basis data dalam Microsoft. Berhubung berasal dari Microsoft, sebagaimana layaknya semua produk Microsoft, konsep sistem basis data ini dianggap paling mudah dan sederhana untuk Anda gunakan. Lengkap dengan sistem business intelligent solution. Jadi Anda tidak sekedar mendapatkan data tapi juga informasi lanjut dari data tersebut.
  3. DB2
    Sistem basis data ini bekerja dalam LINUX, UNIX, Windows dan Mainframe. Produk IBM ini saat ini dianggap sebagai sistem basis data paling hemat dari semua sistem basis data. Ini terbukti dalam sebuah kompetisi International Technology Group.
  4. Sybase
    Sistem basis data Sybase termasuk yang paling tua dengan sederet pengalaman. Meski kini posisi pasarnya sudah tidak sebaik beberapa tahun lalu, tapi Sybase masih menjadi salah satu yang terbaik dalam melakukan penyimpanan, koneksi dan penyajian data akurat.
  5. My SQL
    Merupakan bagian dari Oracle group, namun dengan kapasitas khusus terutama untuk persoalan angka dan aplikasi.
  6. Postgre SQL
    Konon produk ini diyakini salah satu yang terbaik dalam sistem basis data, dengan kemampuannya dalam mengelola dan dan penyampaiannya informasi melalui media internet dengan cara paling optimal.
  7. Teradata
    Teradata identik dengan penyimpanan data untuk pergudangan, dengan kompleksitas produk dan jumlah yang sangat bervariasi. Biasanya menjadi pilihan para pengusaha supermarket.
  8. Infomix
    Satu lagi sistem basisdata besutan IBM, dengan kemampuan kecil khusus untuk pengusaha skala entry level. Memberi Anda sebuah informasi lanjutan dalam penyajian data sehingga membantu Anda para user pemula untuk memanfaatkan data dengan optimal.
  9. Ingres
    Salah satu dari yang tertua dalam sistem basis data dan salah satu yang paling expert dalam mengelola data keuangan, termasuk dalam pengelolaan analisa keuangan. Sistem ini memiliki salah satu sistem keamanan data terbaik
  10. Amazon Simple DB
    Amazon.com tidak mau ketinggalan dalam menciptakan produk sistem basis data yang qualified. Amazon Simple DB mengusung sistem basis data yang simple, sederhana dan mudah Anda operasikan. Belum lagi harganya yang murah, maka jelas sistem ini mentargetkan pada kalangan entry level.

Itu tadi artikel sistem basis data tentang 10 system basis data yang terbaik menurut serverwatch. Dari ke-10 sistem basis data di atas, mana yang akan Anda pilih? Apakah sistem basis data yang murah dan mudah dioperasikan seperti Amazon Simple DB atau Oracle dengan pelayanan informasi data yang ”unbreakable”?

(sumber gambar : www.websense.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *