12 Referensi Bisnis Mandiri yang Menguntungkan (Bagian 2)

By on September 30, 2013

Melanjutkan kembali lagi di pokok bahasan tentang referensi bisnis mandiri bagian kedua. Sebenarnya saya disini hanya mengutip dan merangkum pembahasan di buku “Cara Mudah Mendirikan & Mengelola UKMK” karya Gatut Susanta, dan M. Azrin Syamsuddin.

Bukan bermaksud promosi tetapi Anda bisa membeli buku tersebut, karena di dalam buku tersebut terdapat lebih terperinci tentang contoh analisis salah satu usaha yang bisa menjadi rujukan Anda. Oke kita lanjutkan lagi pembahasan tentang rincian referensi usaha kecil mandiri bagian 2, lanjutan dari artikel referensi bisnis mandiri sebelumnya.


  1. Hiburan
    Hampir semua orang membutuhkan hiburan. Terlebih di jaman sekarang ini dimana irama hidup seseorang sering mengalami stress akibat pekerjaan mereka, permasalahan intern, dan masalah lainnya. Sekarang ini hampir beragam jenis hiburan telah disuguhkan. Dan ternyata prospek bisnis dunia hiburan cukup menjanjikan. Anda bisa membuka usaha seperti rental lapangan futsal atau rental lapangan bulu tangkis.
  2. Asesoris
    Beberapa orang rela mengalokasikan dana mereka untuk sebuah penampilan. Asesoris dapat terkait dengan penampilan pribadi tetapi dapat pula terkait dengan kendaraan yang dimilikinya. Bisnis ini juga termasuk usaha dengan modal kecil. Banyak jenis usaha yang termasuk di dalam bisnis asesoris, dan bisnis ini merupakan usaha dengan modal kecil. Diantaranya adalah bisnis asesoris motor, pembuatan plat nomor, asesoris rambut, asesoris pakaian, kaca film mobil, pembuatan pin, pedagang tas, pegangan stiker, dll.
  3. Telekomunikasi
    Komunikasi di era ini merupakan kebutuhan yang penting. Bisnis di bidang telekomunikasi saat ini telah banyak sekali ada. Namun Anda tidak perlu pedulikan para pemain yang telah terjun terlebih dahulu disini. Tetap fokus dan layani pelanggan Anda dengan maksimal. Anda bisa membuka usaha penjualan pulsa, perbaikan hp, perbaikan telepon, dll.
  4. Transportasi
    Sektor ini memegang kendali dari seluruh gerak perekonomian di seluruh belahan dunia. Anda bisa bayangkan bukan, bagaimana prospek bisnis ini. Sarana transportasi sangat dibutuhkan di sudut daerah manapun. Karena itu beragam pula alternatif pilihan jika Anda ingin menggeluti bisnis di bidang ini seperti, ojek motor, bengkel, penitipan motor, tambal ban, dan penjualan bensin.
  5. Penampilan
    Bisnis ini merupakan usaha di bidang jasa atau penawaran yang berkaitan dengan unsur penampilan. Yang dimaksud penampilan disini yaitu pakaian, rambut, wajah, dan sejenisnya. Anda bisa membuka jas pelayanan penampilan seperti salon kecantikan, binatu atau laundry, tailor, pangkas rambut, parfum, dll.
  6. Pendidikan dan Ketrampilan
    Dunia kerja kini menginginkan semua karyawannya memiliki keahlian tertentu. Banyak perusahaan yang lebih menerima lulusan plus. Dengan tren dunia kerja yang seperti ini maka kebutuhan akan berbagai keahlian tambahan akan sangat tinggi. Dan ini menjadi lahan yang cukup potensial untuk bisa Anda gali. Banyak peluang usaha yang bisa Anda jalankan di bidang ini seperti membuka les privat, kursus bahasa, bimbingan belajar, stir mobil, kursus memasak, elektronik, menyulam, kursus desain, kursus komputer, dll.
  7. Jasa
    Kelebihan bisnis di bidang jasa cukuplah banyak dan merupakan sektor usaha yang sangat fleksibel. Sistem kerja di bidang jasa lebih banyak dilakukan di lapangan. Waktu pelaksanaan juga dapat Anda sesuaikan dengan rutinitas dan kesibukan Anda. Dan disini Anda juga bisa melakukannya tanpa adanya keberadaan kantor atau tempat khusus. Anda bisa menjalankan usaha hospital homecare, jasa pengetikan, penerjemah, penulis buku, penulis konten/artikel web, programer, kurir, tukang kebun, tukang bangunan, cuci pakaian, sopir, konsultan pajak, konsultan hukum, jasa aqiqah, dll.

Banyak sekali bukan referensi bisnis mandiri dengan modal kecil yang bisa Anda lakukan? Tinggal Anda tertarik dan memiliki minat untuk menjalankan usaha dan bisnis yang mana, jadi deh. Keputusan ada di tangan Anda.

(sumber gambar : www.kabarukm.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan.So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya.Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

One Comment

  1. Rental Mobil Makassar

    September 14, 2014 at 20:09

    menarik infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + 18 =