12 Referensi Usaha Kecil Mandiri yang Menguntungkan (Bagian 1)


By on September 30, 2013
Ini Dia 12 Referensi Usaha Kecil Mandiri yang Menguntungkan

Anda ingin berbisnis? Jika Anda masih bingung usaha apa yang sekiranya bisa Anda lakukan, berikut ini beberapa referensi usaha kecil mandiri. Anda bisa pilih salah satunya untuk segera memulai membuka usaha. Silahkan…

  1. Usaha dengan Basic Tata Boga
    Usaha boga merupakan kegiatan bisnis yang sangat prospek. Karena semua orang pasti membutuhkan pangan. Sangat potensial jika bisnis ini Anda jadikan pilihan dalam memulai buka usaha dengan modal yang kecil. Usaha jenis tata boga meliputi : usaha bubur ayam, mie ayam, es campur, kelontong, nasi goreng, burjo, aneka jus buah, gorengan, katering, martabak telor dan manis, warung makan, sate ayam dan kambing, aneka jajan pasar, campina scopp counter, dll
  2. Usaha Terkait Hobi
    Dari hobi Anda bisa mengais rejeki. Ada beberapa jenis usaha yang dapat Anda kaitkan dengan hobi sehingga dalam menjalankannya kadang Anda tidak memerlukan modal. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah cara mengemas agar hobi tersebut terasa dibutuhkan oleh masyarakat. Jenis usaha yang termasuk disini seperti : penitipan hewan peliharaan, salon hewan peliharaan, pedagang makanan hewan, membuka nurseri, pedagang bunga, merangkai bunga, dll.
  3. Desain
    Jenis usaha ini juga termasuk salah satu yang banyak dicari oleh orang. Modal awal disini hanyalah keahlian dan kreativitas Anda serta semangat Anda. Jika Anda memiliki keahlian disini, bisa dibilang Anda dapat melakukan usaha ini tanpa modal. Ya, Anda bisa memulainya dengan membuka jasa desain interior atau eksterior seperti desain lanskap taman, kolam taman, interior rumah, jasa pembuatan desain kaos, dll.
  4. Rental
    Di era kemajuan ini segalanya dapat menjadi suatu objek penyewaan. Terlebih beban ekonomi yang semakin menjerat leher dan pinggang menjadikan efisiensi kerap sekali dilakukan oleh perusahaan juga dalam kehidupan rumah tangga. Usaha perentalan bisa menjawab kondisi yang demikian ini. Jenis usaha yang terkait disini adalah penyewaan tanaman hias, rental mobil, rental motor, penyewaan tenda, rental sound system, dll.
  5. Buku dan Majalah
    Kebutuhan buku dan majalah sebagai sumber ilmu dan pengetahuan untuk menambah wawasan yang luas di jaman modernisasi ini bisa terbilang cukup tinggi. Keinginan orang untuk menambah pengetahuan dunia luar, bisa Anda jadikan sesuatu yang menghasilkan rejeki. Dua komoditas ini dapat memberikan Anda alternatif bisnis yang menguntungkan seperti membuka toko buku online, toko buku bekas, toko buku dan majalah impor, toko buku langka dan rental buku.

Masih ada beberapa referensi usaha kecil mandiri yang bisa Anda baca di artikel bagian kedua. Karena itu tetep pantengin dokterbisnis.net ya….

(sumber gambar : artikelampuh.blogspot.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About Om Nip-Nip

Tiada gading yang tak retak…begitu pula dengan saya, tidaklah sempurna pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan. Saya hanya men-sharing-kan apa yang saya lakukan. So, jika anda mempunyai ilmu dan pengalaman bisnis yang bermanfaat, sekali lagi, silahkan tulis komentar Anda. Saya akan dengan senang hati saya menerimanya. Karena ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat itu dilihat bukan dari siapa yang mengatakan, tapi dari apa yang ia katakan.

One Comment

  1. arsy

    September 4, 2016 at 12:12

    Bagaimana jadi pengusaha muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *