Mesin Penggiling Ikan : Satu Mesin Penggilingan dengan Multi Fungsi


By on October 2, 2013
Mesin Penggiling Ikan : Satu Mesin Penggilingan dengan Banyak Fungsi

Usaha makanan terutama yang bahan bakunya ikan pasti tidak bisa lepas dari mesin penggiling ikan. Mesin penggilingan yang satu ini cukup menarik, karena dengan hanya mempunyai satu mesin giling ikan ini, Anda bisa menemukan begitu banyak potensi bisnis yang bisa Anda gali lebih lanjut.

Dari namanya saja Anda pastinya sudah bisa menebak apa fungsi dari mesin giling ikan. Apalagi kalau bukan buat menggiling ikan. Tapi hebatnya, mesin giling ikan ini tidak hanya bisa menggiling ikan. Daging merah, udang atau ayam bisa diubah bentuknya menjadi daging yang sangat halus dengan menggunakan mesin giling ikan ini.

Halusnya daging yang digiling ini berkat alat giling beralur yang ada di dalam mesin penggilingan ikan yang fungsinya akan merobek daging hingga halus sempurna. Tapi Anda kadang perlu melakukan penggilingan beberapa kali hingga dapat memperoleh kehalusan yang sesuai kebutuhan. Karena pada tahap pertama biasanya mesin giling ikan ini hanya akan merobek-robek daging dan ikan menjadi potongan kasar kecil-kecil. Baru pada gilingan kedua dan ketiga Anda akan memperoleh daging atau ikan yang halus.

Berita baiknya, mesin penggiling ikan ini harganya tergolong terjangkau dan mudah Anda operasikan. Ia juga tidak memakan banyak biaya dan energi. Jadi cukup efisien bila Anda jadikan sebagai peralatan industri rumahan. Saat ini harga mesin penggiling ikan atau harga mesin penggilingan tepung di pasaran dijual dalam kisaran harga Rp 3 juta hingga Rp 6 juta. Cukup murah kan?

Nah, daging giling halus ini nantinya bisa Anda olah menjadi beragam produk yang memiliki nilai jual tinggi. Ada beberapa usaha yang bisa Anda kembangkan dari produk alat penggiling ini.

  1. Usaha Makanan Siap Saji
    Daging ayam giling yang sudah sangat halus yang sudah digiling dengan penggiling daging ini bisa Anda masak menjadi beragam olahan makanan frozen siap saji seperti nugget, sosis, daging burger, bakso, otak-otak dan sebagainya. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengolahnya menjadi makanan awetan seperti abon, dendeng gepuk dan masih banyak lagi. Tingkat permintaan untuk produk ini di pasaran cukup tinggi apalagi bila Anda imbuhkan model tanpa MSG dan tanpa pengawet di dalamnya. Anda bisa memperoleh margin setidaknya 35% bahkan lebih. Apalagi jika Anda pres dengan mesin vacuum sealer. Tambah cantik dan lebih tahan lama !!
  2. Usaha Kerupuk dan Terasi
    Selain menjadikannya sebagai penganan frozen dan awetan, ide bisnis segar lain yang bisa Anda kreasikan dari ikan hasil mesin giling ikan ini adalah kerupuk dan terasi. Gilingan ikan dan udang dari mesin giling ikan ini sangat halus, jadi sangat layak menjadi bahan baku kerupuk. Dagingnya tidak berserat tetapi tetap mampu menghasilkan adonan kerupuk yang kalis. Sementara itu untuk terasi, hasilnya juga lebih halus, lebih berkualitas karena tidak terlalu kasar.
  3. Usaha Tepung Ikan
    Pada beberapa industri makanan skala besar, mereka membutuhkan suplai tepung ikan dalam jumlah besar tapi enggan memproduksi sendiri tepung ikannya. Peluang bisnis supplier tepung ikan ini bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk meraup untung besar. Jadikan mesin penggiling ikan ini sebagai senjata ampuh Anda untuk menghaluskan ikan bahan baku tepung. Potensi dari usaha ini sangat besar, apalagi bila Anda bisa memenuhi kuota kebutuhan industri besar. Tapi jangan khawatir, walaupun terlihat sederhana, mesin penggiling ikan ini bisa berproduksi dari kategori 500 kg / jam hingga 1500 kg / jam.
  4.  Usaha Pakan Ternak
    Selalu ada limbah dari industri pengolahan ikan dan biasanya hanya terbuang begitu saja. Seandainya Anda mau menggiling kembali bahan limbah ikan ini dengan alat giling daging, hasil gilingan dari limbah ikan ini bisa Anda olah kembali menjadi pakan ternak dan menjadi pelet ikan. Usaha ini cukup menarik karena tidak memerlukan banyak modal untuk pembelian bahan baku. Harganya sangat murah di pasaran. Anda bisa mengukus bahan limbah ikan ini hingga matang dulu, kemudian Anda keringkan baru Anda giling dengan alat penggiling daging ini. Cara ini lebih baik karena biasanya limbah ikan cenderung basah dan “menyek”.

Biar lebih jelasnya seperti apa bentuk mesin penggiling ikan atau mesin penggiling daging ini, Anda bisa lihat videonya di bawah ini :

(sumber gambar : nurul-ilyas.blogspot.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

4 Comments

  1. dwi dally

    April 28, 2014 at 13:56

    saya tertarik memesan mesin penggiling ikan basah pak ukuran kecil ato sedang brapa harganya + biaya kirim… saya ada di Kaltim

    • Om Nip-Nip

      April 29, 2014 at 05:36

      Untuk harganya bevariasi bu :

      – Mesin Giling Daging MGD-G31 Rp. 850.000,00
      – Mesin Giling Daging JSX-12 : Rp. 2.500.000,00
      – Mesin Giling Daging MGD-12A : Rp. 2.900.000,00
      – Mesin Giling Daging TS-102AL : Rp. 3.800.000,00

      Kalau mau lihat lengkapnya, monggo kunjungi saja http://www.mesingilingdaging.net/ atau bisa kontak mas Tri Aris di : Simpati : 0813-2849-5674 | XL : 0878-3851-5525 | Pin BB : 3219A189. Kalo ongkir, saya kurang begitu paham. Tapi bisa di cek di JNE. Packing untuk selain MGD-G31, FREE

  2. Usaha Burger

    November 10, 2014 at 14:11

    terimakasih atas website dan artikelnya yang sangat membantu. semoga usahanya sukses selalu

  3. Ibu Feby

    December 21, 2015 at 16:07

    Pak saya bisa dapatkan mesin penggiling ikan ini alamatnya dimana?Berapa harganya?Trmksh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *