Usaha Minuman Teh Rosella : Menguntungkan dan Mudah Menjalankannya


By on October 2, 2013
Usaha Minuman Teh Rosella : Menguntungkan dan Mudah Menjalankannya

Siapa sih yang tidak kenal teh rosella? Teh dari bunga rosella yang kaya khasiat ini memang sangat populer. Dengan warna teh yang merah segar dan aroma harumnya, banyak orang yang tergoda untuk menegaknya di udara panas. Itu sebabnya usaha minuman teh rosella pun tumbuh dengan pesat.

Selain karena tampilannya yang enak dilihat, rosella terkenal sebagai salah satu herbal alami yang mengandung banyak manfaat kesehatan. Mulai dari anti kanker, peluruh lemak, anti diabetes, anti kolesterol. Selain itu rosella mengandung banyak zat besi, antioksidan dan vitamin A & C serta masih banyak senyawa dan nutrisi berkhasiat lain.

Pada awal perkenalannya di pasaran, usaha minuman teh rosella identik dengan penjualan bubuk teh tubruk rosella kering. Belum banyak yang tahu manfaat dari teh rosella sehingga dulu pemasarannya belum berkembang.

Tapi berbeda sekali dengan sekarang. Di era persaingan usaha minuman sangat ketat, kemunculan usaha minuman teh rosella ini menjadi satu terobosan yang mampu mencuri pasar. Bahkan usaha minuman teh rosella berkembang menjadi beragam produk. Mulai dari teh celup hingga teh siap saji dengan booth hingga waralaba minuman.

Dan bila Anda tertarik untuk membangun usaha minuman teh rosella Anda sendiri, Anda berada pada artikel yang tepat karena saya akan mengupas tuntas usaha minuman teh rosella swadaya… bukan usaha minuman waralaba.

Sebenarnya teh rosella bukan jenis minuman yang rumit pembuatannya. Anda bisa dengan mudah untuk mendapatkan bahan bakunya. Beberapa lokasi di Indonesia adalah produsen besar pertanian rosella, seperti di Kulonprogo Yogyakarta, Kebumen, Kudus, Cirebon dan masih banyak lagi.

Pada tahun 2012 lalu harga pasaran bunga rosella sempat meningkat tajam hingga Rp 150 ribu perkilo. Hal ini membuat banyak usaha minuman teh rosella tutup. Tetapi kini karena menurunnya permintaan, harga pasaran bunga rosella segar kembali turun.

Dan efeknya, peta persaingan usaha minuman ini menjadi longgar. Menariknya, peminat teh rosella walaupun menurun masih bisa dikatakan cukup tinggi. Jadi Anda tidak perlu kuatir dengan naik turunnya harga teh rosella karena hal itu wajar dalam dunia bisnis.

Eniwei, saya katakan tadi bahwa tidak sulit untuk membuat teh rosella. So, meski Anda bukan ahli meracik minuman, Anda tetap bisa membuat teh rosella untuk Anda jajakan. Cukup sediakan bunga rosella segar, gula pasir, cengkih dan kayu manis. Rebus gula pasir, cngkih dan kayu manis hingga mendidih, langsung masukan masukan rosella segar dan aduk hingga warna merah keluar dan merata pada air, langsung matikan.

Cara ini selain akan membuat teh rosella Anda menjadi beraroma segar, juga bisa membuat teh lebih awet. Anda juga bisa menghilangkan unsur cengkih, kayu manis dan gula pada ramuan tehnya dan menggantinya dengan madu atau susu. Setelah teh rosella Anda jadi, kemas minuman tersebut dengan mesin cup sealer agar lebih menawan.

Lalu bagaimana proyeksi usahanya? Kalau sudah bicara usaha maka harus ada perhitungan potensi hasil dan asumsi biaya yang harus Anda ketahui bukan? Nah, berikut ini adalah gambaran mengenai proyeksi usaha minuman teh rosella swadaya. Anda bisa menjadi wacana Anda sebelum memulai usaha minuman teh rosella.

Biaya Awal Rincian Jumlah
  Panci masak Rp 600.000  
  Kompor Rp 250.000  
  Booth Bekas Rp 600.000  
  Mesin cup sealer Rp 1.000.000  
  Pembaruan Booth Rp 200.000  
  Wadah es Rp 50.000  
  Storage penahan panas Rp 900.000  
  Peralatan lain Rp 100.000  
TOTAL   Rp 3.700.000
       
Biaya Produksi 1 bln    
  Bunga Rosella Segar 10 kg Rp 700.000  
  Bahan-bahan lain Rp 350.000  
  Gelas berlogo + tutup Rp 250.000  
  Es batu Rp 200.000  
  Perlengkapan lain Rp 80.000  
  Suplai Air, gas & Listrik Rp 70.000  
      Rp 1.650.000
       
Hasil dalam satu bulan    
  20 gelas perhari x 30 hari xRp 5.000 Rp 3.000.000
       
Keuntungan   Rp 1.350.000

Dari data informasi di atas Anda bisa melihat bahwa proyeksi keuangan dari usaha minuman teh rosella ini cukup lumayan. Dengan margin sekitar Rp 1.350.000, maka dalam 3 bulan Anda sudah bisa balik modal. Anda berminat menjalankan usaha minuman ini?

(sumber gambar : downloadkoleksigambargratis.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

One Comment

  1. Aldimon

    May 15, 2016 at 13:08

    berapa lama tahannya gan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *