Mesin Pembuat Tusuk Gigi : Produksi Jadi Lebih Cepat, Hasilnya… Lebih Maksimal


By on October 3, 2013
Mesin Pembuat Tusuk Gigi : Produksi Jadi Lebih Cepat, Hasilnya... Lebih Maksimal

Satu lagi mesin yang bisa memudahkan Anda dalam usaha industri produksi tusuk gigi, mesin pembuat tusuk gigi. Mesin ini akan mengubah konsep produksi tusuk gigi Anda yang selama ini manual menjadi lebih modern dengan hasil yang lebih berkualitas dan kecepatan produksi yang lebih banyak.

Cara kerja mesin pembuat tusuk gigi ini sederhana. Ia akan memproses bahan baku kayu dan bambu dari log menjadi batangan kecil tusuk gigi. Tetapi perlu Anda ketahui, mesin pembuat tusuk gigi ini tidak hanya terdiri dari 1 jenis mesin saja, sama seperti mesin kompos. Proses yang harus dijalani mulai dari kayu besar hingga menjadi batangan kecil cukup panjang.

Tapi Anda tidak perlu khawatir. Dengan memproduksi tusuk gigi dengan menggunakan mesin pembuat tusuk gigi ini, Anda akan menghemat banyak biaya produksi. Jadi meskipun proses produksi tusuk gigi bersifat paralel, biaya operasionalnya menjadi sangat murah. Untuk lebih jelasnya, saya akan coba paparkan satu persatu mesin apa saja yang Anda butuhkan saat Anda memproduksi tusuk gigi.

  1. Mesin Potong Bambu dan Kayu.
    Mesin ini berfungsi memotong bambu dalam ukuran pendek sesuai kebutuhan. Anda bisa membuat potongan lebih besar untuk membuat tusuk sate. Diameter maksimal bambu sekitar 150 mm. Biasanya menggunakan alat potong berupa plat stainless steel dengan sumber tenaga motor listrik 3 HP 220 v dengan kapasitas. Harga pasarannya saat ini sekitar 4,5 juta rupiah.
  2. Mesin Pembuat Stick
    Hasil potongan bambu tadi kemudian Anda proses kembali dengan menggunakan mesin pembuat stick. Pada mesin ini bambu dibelah menjadi batang-batang kecil yang sama tebal. Kapasitas perharinya adalah 100 kg. Mesin ini menggunakan tenaga motor listrik 3 HO 220 v. Harga pasarannya sekitar Rp 18.5 juta.
  3. Mesin Pemotong Stick
    Hasil dari bilahan kecil-kecil tadi kemudian Anda proses dengan menggunakan mesin pemotong stick. Mesin ini akan memotong stick tersebut menjadi pendek-pendek sesuai kebutuhan. Mesin ini menggunakan alat potong plat mild steel dengan tenaga motor listrik 2 HP 220 v. Harga mesin tusuk gigi satu ini sekitar Rp 10 juta.
  4. Oven Pengering
    Pasca stick tusuk gigi terbentuk, Anda perlu mengeringkan batang tusuk gigi ini hingga kadar airnya turun di bawah 1%. Hal ini penting untuk Anda lakukan karena proses pengeringan tersebut akan mencegah jamur dan membuat tusuk gigi menjadi lebih tahan lama. Mesin ini bekerja menggunakan sumber panas berbahan bakar gas dengan kapasitas 150 kg / hari. Harganya sekitar Rp 14 juta.
  5. Mesin Penghalus
    Pasca batangan tusuk gigi cukup kering, Anda perlu mengamplas batangan ini supaya permukaannya halus. Mesin ini akan mengamplas secara otomatis dengan cara yang lembut sehingga tidak merusak stick. Dengan kapasitas 150 kg / hari mesin ini menggunakan tenaga dari motor listrik 1.5 HP 220 v. Mesin ini bernilai Rp 17 juta
  6. Mesin Peruncing
    Ini adalah mesin tusuk gigi terakhir dari rangkaian paralel produksi tusuk gigi. Dari namanya saja Anda sudah bisa mengetahui bahwa fungsi dari mesin ini adalah menajamkan ujung dari tusuk gigi. Kapasitasnya 150 kg/hari. Mesin ini bekerja dengan motor listrik 1 HP 220 v. Anda perlu mambayar sekitar Rp 28 juta untuk memiliki mesin ini.

Total biaya yang perlu Anda keluarkan untuk seluruh mesin tusuk gigi ini adalah Rp 92 juta. Meski harga mesin pembuat tusuk gigi terlihat mahal, tetapi sekali lagi, Anda akan memangkas banyak tenaga kerja. Jadi biaya tetap yang harus Anda keluarkan tidak banyak.

Selain itu, semua mesin pembuat tusuk gigi ini rata-rata hemat energi dan listrik. Dan lagi, untuk kapasitas produksi yang cukup besar dan membutuhkan kecepatan produksi, Anda tidak bisa melakukan semuanya dengan manual kan? Agar Anda punya gambaran yang jelas tentang alat pembuat tusuk gigi ini, silahkan lihat video di bawah ini :

Praktis kan? Dan mesin pembuat tusuk gigi ini juga bisa Anda fungsikan sebagai mesin sumpit bambu, mesin sunduk sate atau mesin lidi bambu. Jadi jika Anda punya sumberdaya dan pemasaran yang bagus, Anda bisa kembangkan usaha Anda ini menjadi usaha atau bisnis tusuk sate (peluang usaha tusuk sate) dan bisnis usaha-usaha berbahan baku kayu dan bambu lainnya.

Sebagai epilog, tusuk gigi adalah satu dari sekian kebutuhan penting yang harus tersedia di meja makan. Apa jadinya jika suatu hari Anda makan di sebuah restoran dan ternyata tidak tersedia tusuk gigi di saat Anda membutuhkan? Dan kalau Anda mau memperhatikan dengan jeli, Anda akan menemukan bahwa permintaan tusuk gigi sangat tinggi.

Hampir semua usaha makanan seperti restoran, rumah makan, catering hingga warung makan pinggir jalan membutuhkan tusuk gigi. Belum lagi permintaan personal dari konsumen end user. Uniknya, persaingannya cukup rendah. Tidak banyak pelaku usaha yang tertarik dengan industri tusuk gigi. Entah karena mereka tidak sadar dengan potensinya atau harga jual produknya yang terkesan rendah, tidak sampai 100 rupiah per batangnya.

Maka dari itu, dengan memproduksi tusuk gigi dengan menggunakan mesin pembuat tusuk gigi, Anda akan diuntungkan dengan cepat dan banyaknya tusuk gigi yang bisa Anda buat, biaya produksi yang yang rendah serta persaingan yang tidak ketat mengingat tidak banyak orang yang memiliki mesin pembuat tusuk gigi ini. Dan dengan tingkat persaingan yang rendah ditambah dengan margin yang bisa di tekan, Anda akan memperoleh keuntungan yang lebih besar. Benar kan?

Well, jika Anda belum terjun di usaha produksi tusuk gigi, segera cari informasi detail mengenai usaha ini. Dan bagi Anda yang sudah memproduksi tusuk gigi tetapi masih dengan cara manual, segera beralih ke teknologi yang modern dengan membeli mesin pembuat tusuk gigi ini agar usaha tusuk gigi Anda berkembang lebih besar.

(sumber gambar : surabaya.olx.co.id)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

8 Comments

  1. H mukhlis

    March 4, 2016 at 20:03

    Tolong dikirimkan alamat lengkap utk membeli mesin pembuat tusuk gigi?

  2. Yanto

    March 14, 2016 at 22:43

    saya tertarik dengan mesin yg anda tawarkan kira nya berapa budget nya untuk mesin tsb di atas kalau boleh minta gambar dan sistem kerja nya dari awal bambu di belah sampai jadi produksi….apa ada training nya nanti kan..??? kalau spare part nya bagia mana..?
    ingin membuka usaha produksi tusuk sate, sumpit dari bambu. 1. mesin2 apa sajakah yang harus siap kan….
    2. berapa besar biaya investasi untuk peralatan yang diperlukan…
    3. Apakah pengadan mesin2 bisa dengan cara mencicil…??
    4. kalau saya ambil mesin dari bapak, apa ada program training untuk
    personil kami. Oya alamat bapak di mana biar saya bisa belajar dahulu. Terimakasih

  3. hengky

    May 31, 2016 at 12:17

    Berapa harga mesin tusuk gigi nya?klo sy mau liat brgnya dimana lokasinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *