Buka Usaha Minuman Juice? Jangan Lakukan !! Baca Dulu Artikel Ini


By on October 4, 2013
Buka Usaha Minuman Juice? Jangan Lakukan !! Baca Dulu Artikel Ini

“Hayah dok. Kemaren ente bilang usaha minuman juice prospeknya cerah? Sekarang ente bilang jangan ambil peluang usaha jus buah. Piye toh?” Tenang mas bro… baca dulu artikel ini sampai habis.

Dulu saya emang nyaranin Anda buka usaha juice. Tetangge ane sendiri yang sukses berat. Tapi sekarang, usaha minuman juice kan sudah menjamur. Di mana-mana ada. Hampir semua sudut kota di Indonesia ada aja “penjaja” juice buah dengan beragam harga dan kualitas.

Jadi kalau Anda sekarang ikut-ikutan menjalankan bisnis es jus buah serupa, bisa nyahooo. Anda hanya akan kebagian sedikit share dari total pasar yang tersedia. “Jadi gimana donk dok? Saya pengen banget je buka usaha jus”. Lakukan diferensiasi !! Buka usaha minuman jus yang beda dengan yang ada di pasaran.

Salah satu contohnya adalah Anda buka usaha minuman juice kesehatan. Jadi bukan sekedar juice buah biasa, tapi ramuan buah dan sayuran yang sehat untuk diminum. Dan faktanya, ada banyak ramuan juice yang bermanfaat bagi kesehatan seperti untuk menurunkan kolesterol, menormalkan kadar gula, menghilangkan jerawat, menurunkan tensi darah atau meningkatkan vitalitas. Pokoknya macem-macem dah…

Dan berita baiknya, nggak banyak masyarakat yang tau resep dari masing-masing ramuan juice ini. Jadi Anda punya peluang yang sangat besar untuk membuka usaha minuman juice inovatif ini. Dengan sajian yang berbeda, maka Anda tidak hanya bisa mencuri pasar dengan lebih baik, tapi juga bisa meningkatkan porsi keuntungan dari tiap gelasnya. Kan beda meramu minuman kesehatan yang ada ilmunya dengan meramu minuman juice biasa. Harga jual produk Anda jelas beda dong…

Jika permasalahan Anda adalah tidak tahu apa saja resep minuman juice kesehatan ini, Anda memang harus sedikit berupaya dan kreatif. Ada banyak sekali resep juice kesehatan yang bertebaran di banyak web lokal dan luar negeri. Anda juga bisa mencari resep-resep ini di banyak buku kuliner di toko buku yang ada di sekitar Anda.

Modal Anda adalah uji coba. Jangan takut untuk terus mencoba beragam resep hingga menemukan rasa yang paling enak. Karena meskipun Anda menjanjikan manfaat lebih dari juice buatan Anda, faktor rasa tetap dominan dalam menentukan keberhasilan usaha minuman juice Anda. Mana ada yang mau minum juice pahit lagi kecut kan? Emangnya jamu…

Tapi karena ramuan beragam sayuran dan buah ini rentan dengan rasa yang “ajaib”, justru di sinilah kekuatan dari usaha minuman juice Anda. Anda bisa menyajikan juice buah dengan kualitas dan manfaat yang berlimpah tapi tetap dengan rasa enak dan segar. Dan untuk memadukan ini, nggak semua resep yang ada di buku dan web bisa melakukannya. Jadi resep rahasia Anda-lah kunci sukses di bisnis ini. Bisa juga resep dari nenek Anda, ha..ha..ha..

“Hmmm… okay dok. Terus berapa harga jual minuman ini?” Well, kalau minuman juice bisa dijual dengan harga maksimal 7 ribu rupiah, juice kesehatan bisa Anda jual dengan harga Rp 25 ribu rupiah. Wow… 2 kali harga jus biasa booo… Keuntungan Anda berlipat-lipat kan? “Modalnya dok, sekalian… apa saja”.

Pertama booth dan perangkatnya seperti blender, storage pendingin dan mesin cup sealer. Persis sama dengan booth untuk usaha aneka minuman pada umumnya. Biar ngirit, Anda bisa gunakan booth bekas dan Anda dekorasi ulang sesuai dengan logo dan tema pilihan Anda. Kayaknya banyak yang tutup tuh usaha juice, bwahahahaha….

Kemudian pasang standing banner dengan headline yang sangat menggigit. Ingat… headline yang menggigit. M-E-N-G-G-I-G-I-T. Jangan cuman tulis “Jus Mbak Dartik… Juice Sehat dan Murah”. Basiiii. Yang beli ntar cuman 5 orang… teman dekat Anda, adik Anda, kakak Anda dan 2 ponakan Anda karena dipaksa ibunya. hadehh…

“Lha cara bikin headline yang menggigit gimana dok?” Anda bisa baca di sini. Kemudian sisanya, Anda tinggal siapkan meja, kursi, semprotan pembersih dan lap. Jadi deh… Sudah jelas? Ok, kita bahas asumsi perhitungan keuntungannya…

Biaya Awal Rincian Jumlah
  Kompor (1 tungku) Rp. 150.000,00  
  Panci masak (ukuran 30 cm Rp. 100.000,00  
  Mesin blender Rp. 350.000,00  
  Storage berpendingin Rp. 1.150.000,00  
  Booth Bekas Rp. 600.000,00  
  Mesin cup sealer Rp. 1.000.000,00  
  Pembaruan Booth Rp. 200.000,00  
  Wadah es Rp. 80.000,00  
  Peralatan lain Rp. 100.000,00  
TOTAL   Rp. 3.730.000,00
       
Biaya Produksi 1 bln    
  Beragam jenis buah Rp. 1.000.000,00  
  Beragam jenis sayur Rp. 800.000,00  
  Bahan lain(gula, madu, susu) Rp. 400.000,00  
  Gelas berlogo + tutup Rp. 250.000,00  
  Es batu Rp. 200.000,00  
  Perlengkapan lain Rp. 80.000,00  
  Suplai Air, gas & Listrik Rp. 70.000,00  
      Rp. 2.800.000,00
       
Hasil dalam satu bulan Asumsi harga/gelas Rp 12.000  
  20 gelas perhari x 30 hari x Rp. 12.000 Rp 7.200.000,00
       
Keuntungan   Rp. 4.400.000,00

Ahaa… 4 jutaan hasilnya untuk 1 outlet juice kesehatan. Mantab abis kan? Meski ini hanya gambaran kotor saja, tapi bila dalam satu bulan hasil keuntungan Anda adalah 4.4 juta rupiah, Anda bisa buka booth baru tiap bulannya. Menggiurkan kan usaha juice ini? Tapi jangan lupa ya… setelah Anda buat konten yang bagus kemudian jual dengan konteks yang dahsyat. Konten dan konteks ala Hermawan ya, jangan lupa, konten dan konteks… ingat itu.

(sumber gambar : juicedispenser.wordpress.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

13 Comments

  1. subkan masnino

    March 18, 2015 at 01:45

    Waaa bener banget tuu sekalian ilmu yang manfaat yaaa moga aku bisa jualan jus dan berhasil amiin ya allah swt

  2. zainal

    January 29, 2016 at 09:33

    Siip, Realistis. n sedang coba jalanin
    Juice differenciasi . . .

  3. panti

    March 24, 2016 at 20:49

    Idenya kreatif banget,ditmbh cra penyampaiannya juga lucu,trim’s mas bro…

  4. Bangwi

    May 29, 2016 at 09:08

    Harga berapa?

  5. ridwan

    September 6, 2016 at 22:16

    Ok saya juga pdengen buka jus gx mau ngikut orang terus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *