Crusher Plastik : Mesin Penghancur Plastik Sekaligus Penghasil Uang


By on October 4, 2013
Crusher Plastik : Mesin Penghancur Plastik Sekaligus Penghasil Uang

Crusher Plastik : Mesin Penghancur Plastik Sekaligus Penghasil Uang – Jaman sekarang mana ada orang yang tidak menggunakan plastik di setiap “sendi” kehidupannya? Anda juga nggak bisa lepas dengan plastik kan? Mulai dari plastik berkualitas tinggi untuk wadah makanan hingga plastik murah untuk kantong kresek pasti ada di rumah Anda. Dengan tingginya permintaan plastik, sudah tentu suplai bahan bakunya harus buanyaak.

Untuk itulah mesin crusher plastik atau yang biasa dikenal dengan sebutan mesin penghancur plastik ini  bekerja. Dan potensi menjalankan bisnis supplier plastik, hmmm… yummie !! Besar prospeknya. Logikanya sederhana. Dengan tingginya pemakaian plastik di Indonesia, maka tuntutan akan produksi plastik juga sangat besar. Artinya apa? Artinya kebutuhan akan bahan baku plastik sangat tinggi.

Lalu apakah benar suplai bahan baku plastik tersendat-sendat? Nggak juga sih… Lha terus? Begini, selama ini suplai bijih plastik sebagai bahan baku dasar plastik yang biasa Anda pakai itu cukup baik. Hanya saja bijih plastik murni itu harganya nggak ketulungan. Hal ini disebabkan karena untuk bisa membentuk bijih plastik, Anda perlu serangkaian reaksi kimia dan fisika yang akan mengubah seluruh senyawa kimia komponen pembentuknya. Proses ini biayanya muahaaall !!

Itu sebabnya muncul ide untuk mencari sumber suplai bahan baku lain yang lebih murah terlebih untuk produk plastik kelas 2 dan kelas 3 dimana harga bijih plastik murni nggak masuk kalau dipaksain dibeli.

Di sisi lain, sampah plastik termasuk bahan yang sulit banget terurai. Sampahnya akan menjadi tumpukan dan tidak akan berubah menjadi tanah meski sudah tertanam bertahun-tahun. Dari sinilah awal mula “sejarah” munculnya mesin crusher plastik, sang penghancur plastik sekaligus penghasil uang, he..he..he..

Lalu bagaimana cara kerja mesin penggiling plastik bekas ini? Gampang untuk Anda pahami kok. Mesin penghancur plastik ini bekerja untuk mendaur ulang plastik sampah menjadi bubuk plastik. Bubuk plastik yang dihasilkan oleh mesin gilingan plastik ini fungsinya sama dengan bijih plastik, hanya kualitasnya rendah.

Nah, mesin crusher plastik ini akan menghancurkan plastik hingga menjadi partikel kecil kemudian melelehkannya hingga menyatu dan menjadi gumpalan yang kemudian ia ubah menjadi butiran halus. Di dalam mesin ini terdapat perangkat penggiling beralur dan mata pisau berputar layaknya mesin stone crusher atau hammer mill. Tapi di mesin ini, ada sedikit tambahan yaitu pemanas yang fungsinya buat melelehkan plastik. Biar lebih jelasnya, Anda lihat saja video berikut ini :


“Okay… saya sudah jelas. Tapi saya masih ragu nih bos. Memangnya seberapa besar sih, potensi dari bubuk plastik hasil olahan mesin crusher plastik ini?” Besar banget gan !! Bayangkan aja berapa banyak pemakaian plastik gelas untuk usaha minuman di seluruh Indonesia. Belum lagi plastik kresek yang setiap hari terpakai di seluruh Indonesia. Belum lagi ember hitam untuk semua proyek pembangunan di Indonesia. Belum lagi ini… belum lagi itu… Anda hitung sendiri lah kebutuhan plastik di Endonesah…

Lalu bagaimana tips singakt atau trik buat ngejalanin bisnis plastik dengan menggunakan mesin pencacah plastik ini? Mudah saja, Anda baca 8 pedoman menjalankan bisnis plastik di bawah ini:

  1. Modal awal sekitar sekitar 50 jutaan, dengan 26-30 jutaan untuk membeli mesin crusher plastik dengan kapasitas produksi 200 kg / hari yang dynamo-nya sekitar 1400 watt. Harga mesin penggiling plastik ini hampir separuh dari total modal Anda. Jadi sisanya Anda gunakan untuk perlengkapan bisnisnya serta untuk menyewa lokasi usaha berupa gudang yang luas di kawasan sepi penduduk karena mesin ini bising sekali.
  2. Pastikan Anda menemukan sumber sampah plastik yang siap mensuplai usaha Anda secara berkesinambungan. Pada umumnya harga sampah plastik ini bernilai sekitar Rp 4 ribu hingga Rp 6 ribu rupiah per kilonya.
  3. Bersihkan semua sampah plastik ini dari semua kotoran sebelum masuk ke mesin giling plastik. Karena yang namanya plastik sampah pasti perlakuannya seprti sampah, kotor. Jadi hilangkan semua kertas pembungkus dan semua materi yang bukan plastik. Tujuannya agar bubuk plastik ini masih cukup baik untuk bahan pembuatan wadah makanan, terutama bila bahan plastiknya polypropylene dan polyethylene. Dengan dibersihkan dan dipanaskannya plastik ini akan mematikan semua kuman yang ada.
  4. Setelah sampah plastik tersebut selesai Anda proses dengan mesin giling plastik bekas, pisahkan plastik berdasar jenisnya, karena produsen plastik olahan mencari bubuk plastik berdasar jenis plastiknya seperti  polypropylene, polyethylene, polycarbonate dan masih banyak lagi.
  5. Pisahkan juga plastik berdasar warna. Bubuk plastik warna biasanya lebih baik harganya karena tidak memerlukan proses pewarnaan lagi dalam proses pengolahannya.
  6. Untuk plastik ukuran besar atau berbahan tebal seperti ember, botol dirigen atau case elektronik, pecah-pecah dulu plastik bekas ini secara manual sebelum Anda hancurkan dalam mesin pengolah limbah plastik. Mesin cincang plastik memiliki keterbatasan terhadap ukuran plastik.
  7. Jemur bubuk plastik yang masih panas hasil dari mesin plastik bekas ini hingga cukup dingin untuk siap Anda kemas dan Anda jual ke produsen olahan plastik.
  8. Harga jual bubuk plastik biasanya berdasar jenis bahan plastiknya. Jenis termahal bisa mencapai angka Rp 10 ribu per kilonya.

Wow banget kan usaha plastik bekas ini? Cukup pakai mesin crusher plastik ini, dengan sedikit eh, sorry… banyak ilmu bisnis Anda sudah bisa mengumpulkan pundi-pundi uang hasil dari sampah. Inilah cara cepat jadi kaya dari sampah, wkwkwkwkwk… Tertarik untuk membelinya?

(sumber gambar : mastermesin.wordpress.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

2 Comments

  1. Eko Susilo

    September 29, 2014 at 18:20

    i like it

  2. Eko Susilo

    September 29, 2014 at 18:23

    how much price this product.
    085293824360.
    Thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *