Don't Miss

Mesin Bubut Universal : Satu Mesin dengan Fungsi Beragam

By on October 6, 2013

mesin bubut universal : satu mesin dengan fungsi beragam

Mesin Bubut Universal : Satu Mesin dengan Fungsi Beragam

Mesin Bubut Universal – Dalam menjalankan usaha, Anda harus selalu mengupayakan efisiensi dan efektifitas. Termasuk ketika Anda ingin mempunyai peralatan dan perlengkapan pendukung bisnis Anda seperti mesin-mesin industri, pilihlah mesin usaha yang benar-benar menyelesaikan masalah Anda. Benar tidak?

Nah, berkaitan dengan alat bantu mesin bubut, ada satu jenis mesin bubut yang lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan mesin bubut model lama, yaitu mesin bubut universal. Mesin ini sebenarnya adalah pengembangan dari mesin bubut konvensional (mesin bubut model lama).

Fungsi utamanya hampir sama dengan mesin bubut konvensional. Anda sudah tahu kan fungsi mesin bubut konvensional? Kalau belum tahu saya terangkan sebentar. Fungsi mesin bubut konvensional adalah sebagai alat pemotong yang bekerja secara memutar dalam poros. Mesin bubut tidak mengenal sistem memotong dengan cara iris melintang, sehingga hasil akhir dari proses pemotongan selalu berpenampang silindris.

Ada bahasa ilmiahnya nih… sistem pemotongan dengan cara putar ini juga biasa disebut dengan gerak potong relatif. Nah, kunci di dalam sistem pemotongan ini sebenarnya adalah pahat yang akan “memakan” material secara terporos. Sistem kerja pahat ini juga dikenal dengan istilah gerak umpan.

Mesin bubut konvensional hanya bekerja sebagai alat bubut untuk satu fungsi, yaitu untuk pembubutan saja. Pada umumnya, mesin ini bekerja untuk membentuk ulir pada kayu atau besi untuk beragam produk rumah tangga, pembuatan baut dan aksesoris.

Dan faktanya, mesin bubut konvensional “sangat akrab” dengan mereka para pelaku usaha yang berkutat di bisnis pembuatan beragam kerajinan, furniture kayu dan besi, souvenir hingga beragam industri pendukung seperti pabrikasi baut dan mur, termasuk pula dalam banyak industri berat seperti galangan kapal, industri otomotif dan termasuk industri pesawat serta kereta api. Penggunaan struktur material dengan bentuk penampang silindris memang tidak bisa lepas dari semua industri tersebut.

Problemnya adalah, untuk kategori industri besar, permasalahan muncul karena meski mesin bubut konvensional sudah tersedia beragam ukuran roda yang memberi Anda keleluasaan untuk membentuk beragam jenis dan ukuran ulir, tapi hasil kerjanya cenderung monoton.

Bila Anda memerlukan mesin bubut dengan kemampuan khusus lain seperti membuat lubang layaknya bor, pengirisan dan lain sebagainya, maka mesin bubut konvensional tidak bisa menjawab kebutuhan Anda. Perlu solusi baru. Makanya Anda perlu membeli mesin bubut khusus lain, yaitu mesin bubut universal.

Alasannya mengapa Anda perlu mesin bubut universal sangat sederhana. Satu mesin bubut untuk beragam fungsi !! Dengan usaha yang membutuhkan material dengan bentuk penampang silindris yang kompleks, sudah pasti Anda membutuhkan lebih banyak dana dan ruang untuk memiliki semua jenis mesin bubut tersebut kan?

Oleh sebab itu, dengan adanya mesin bubut universal, permasalahan semacam ini bisa teratasi. Pasalnya mesin bubut universal memiliki keragaman fungsi dalam satu mesin yang bisa Anda gunakan secara terpisah ataupun secara bersamaan. Bayangkan, dengan mesin bubut universal ini bisa Anda gunakan sebagai mesin pembuat ulir, lubang menyerupai fungsi bor, pengirisan berporos, penghalusan, pengikiran dan masih banyak lagi.

Mengapa bisa demikian? Karena mesin bubut universal memiliki beberapa pengaturan yang bisa Anda set untuk bekerja secara bersamaan atau terpisah dengan kecepatan dan kemampuan yang tersetting oleh Anda alias custom. Luar biasa kan?

Tapi memang, kalau Anda lihat dari sisi harga ,mesin bubut universal jauh lebih mahal dibadingkan harga mesin bubut jenis lainnya. Selain itu dari sisi ukuran, mesin bubut universal jauh lebih besar.

Tapi kalau Anda cermat dalam menghitung, harga dan ukuran mesin bubut universal tetap lebih murah bila Anda bandingkan dengan menggabungkan beragam jenis mesin bubut konvensional dan khusus sekaligus. Anda tidak hanya efisien dalam hal waktu pengerjaan, tapi juga tenaga kerja operator, modal mesin dan ruang operasional.

Dancara kerja dari mesin bubut universal ini tidak banyak berbeda dengan mesin bubut lain. Sistem roda bergigi akan mengatur kecepatan dan gerak putar dari poros. Pada sisi lain, Anda juga akan mengatur titik target dari pahatan untuk menentukan bentuk ulir, bila Anda perlu membuat ulir, atau arah pengirisan bila yang akan Anda bentuk adalah benda silindris polos tanpa ulir.

So, jika Anda sudah familiar dengan mesin bubut konvensional, it’s easy. Anda tidak perlu adaptasi yang lama untuk mengoperasikan mesin bubut universal ini. Terakhir, saya akan coba kasih satu contoh salah satu mesin bubut universal yang bisa Anda jadikan referensi, yaitu mesin bubut universal seri SN 71C. 

Mesin bubut universal ini produksi Strojimport dengan Swing over bed 710, Swing over cross slide 420, Spindle bore 73.5, Spindle speed range 10 ÷ 1000, Distance between centres (DBC) 1500, 2000, 3000, 4000. Total power output – main drive 7,5 (11). Referensi videonya, silahkan “play” video mesin berikut ini :

(sumber gambar : www.rdmo.pt)

About L@dY-NoEL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>