Mesin Penggilingan Serba Bisa : Mesin Penggiling Bumbu dan Mesin Giling Cabe


By on October 6, 2013
Mesin Penggilingan Serba Bisa : Mesin Penggiling Bumbu dan Mesin Giling Cabe

Mesin Penggilingan Serba Bisa : Mesin Penggiling Bumbu dan Mesin Giling Cabe – Benda apa yang selalu dipakai jika Anda seorang pebisnis kuliner? Piring? Benar… Lainnya? Pisau dapur? Bener lagi… Lainnya? “Banyak lah dok. Gantian apa coba?” Bumbu dapur dan cabe… Benar kan?

Kalau Anda buka misal catering menu diet, dapur Anda pasti penuh dengan sayuran dan berbaskom-baskom bumbu dan cabe yang harus Anda haluskan. Kebayang nggak kalau bumbu segitu banyaknya Anda ulenin manual? Gempor kan tangan Anda?

Nah, sudah saatnya Anda butuh mesin penggilingan. Mesin penggilingan ini sangat bermanfaat. Bisa Anda gunakan sebagai mesin giling cabe atau mesin penggiling bumbu. Dengan mesin penggilingan ini, Anda bisa menggiling cabe sekaligus menghancurkan biji-bijinya. Beragam bumbu dapur basah? Kecil !! Mesin penggilingan ini juga bisa Anda fungsikan sebagai mesin penggiling bumbu. Hemat waktu dan tenaga dah pokoknya…

“Kok bisa hemat waktu dan tenaga dok?” Ya iya laahhh… Karena Anda cukup menggunakan satu tenaga operator untuk mengoperasikan mesin, dan wusshhh… mesin ini akan bekerja cukup cepat setidaknya 20-an kg/jam. Anda bisa ngulenin bumbu dan cabe dengan tangan sampai segitu cepetnya?

Well, pada kesempatan ini, saya akan ulas mengenai mesin penggilingan ini. So, bagi Anda yang sedang berburu informasi seputar mesin giling cabe dan mesin penggiling bumbu, jangan takut… Anda nggak kesasar di blog yang salah.

Meski blog ini adalah blog bisnis dan investasi, mesin-mesin usaha juga ada kaitannya dengan usaha atau bisnis kan? Termasuk mesin giling cabe dan mesin penggiling bumbu. Kedua jenis mesin penggiling ini berkaitan dengan bisnis warung makan dan semisalnya. Okay? Capcus…

Nah, bicara mengenai penggilingan cabe dan bumbu, mesin giling konvensional macam blender bumbu sudah lama masuk dalam “incaran” para pengusaha kuliner. Banyak dari mereka yang menfungsikan mesin blender sebagai mesin giling cabe dan mesin penggiling bumbu. Tapi perlu Anda ketahui, banyak sekali kelemahan yang dimiliki oleh mesin blender jika Anda menggunakannya untuk menggiling cabe dan bumbu. Di antaranya adalah :

  1. Kapasitas terbatas karena hanya mampu menampung sekitar 1 -3 liter per satu kali giling. Mesin blender juga cepat panas sehingga hanya mampu bekerja setidaknya sekitar 20 menit saja.
  2. Menggunakan bahan kaca yang beresiko atau bahan plastik yang dapat bereaksi terhadap panas dan bahan tertentu.
  3. Biasanya tidak bisa menghancurkan biji-biji cabe dan tomat dengan baik.
  4. Perlu tambahan air untuk menghaluskan, kadang dalam jumlah siginifikan sehingga dapat merusak keseluruhan rasa.

Dan bila Anda menjalankan usaha kuliner dengan kapasitas produksi besar, kemampuan giling mesin blender jelas jauh dari harapan Anda. Bisa-bisa Anda harus mengoperasikan paling tidak 5 mesin blender untuk merampungkan semua bumbu yang harus Anda haluskan. Pemborosan besar kan?

Maka saran saya, gunakan mesin penggilingan ini. Mesin giling cabe dan mesin penggiling bumbu ini dapat bekerja hingga 5 jam nonstop !! Dengan kemampuan giling setidaknya 20 -30 kg / jam, mesin ini tetap tidak cepat panas karena memang di desain untuk bekerja dalam kuantitas yang super buanyakkk…

Mesin penggiling ini berbahan stainless steel yang tidak memiliki reaksi kimia apapun terhadap beragam jenis bahan makanan dan bumbu-bumbuan. Jadi Anda tidak perlu khawatir cabe dan bumbu yang Anda haluskan akan terkontaminasi dengan unsur kimia tertentu. Lagipula dengan bahan non kaca, resiko kecelakaan kerja juga bisa lebih rendah, tul kan?

Komponen utama dari mesin penggiling ini adalah batu grinda yang terletak pada ruang giling yang akan menggilas bumbu dengan cara berulang. Batu grinda ini juga bersifat netral terhadap bahan makanan. Menariknya, Anda bisa mengatur tingkat kehalusan hasil gilingan, mulai dari gilingan kasar hingga gilingan yang sangat halus. Sampai-sampai biji cabe pun ikut hancur. Dan bagusnya, batu grinda dari mesin ini mudah untuk Anda carikan spare part. Mantab kan?

Selain itu, Anda bisa menghaluskan bumbu dan cabe dengan mesin penggiling ini tanpa perlu menambahkan banyak air. Bila-pun Anda menambahkan air, Anda hanya perlu meteteskan air sebagai pencair terutama ketika Anda hendak menggiling cabe hingga kondisi sanga halus. Cara penghalusan yang minim air ini bisa membuat bumbu lebih awet dengan rasa yang lebih kuat.

Dan kabar baiknya, meski mesin ini cukup besar kapasitas produksinya, Anda masih bisa berhemat dengan mesin penggiling ini. Mesin ini hanya membutuhkan energi sebesar 750  watt untuk kapasitas 20 – 30 kg / jam. Ada juga yang butuh 1.500 watt saja untuk kapasitas produksi 75 -100 kg / jam. Jadi relatif rendah bila Anda bandingkan dengan kapasitas gilingnya. Apalagi jika Anda bandingkan dengan mesin stone crusher, wkwkwkwkwwk…

Biar lebih nyosss visualiasinya, monggo Anda lihat contoh video mesin penggilingan serba bisa (mesin penggiling bumbu dan mesin giling cabe) :

Nah, bagi Anda yang tertarik dengan mesin giling cabe dan mesin penggiling bumbu ini, Anda bisa mendapatkannya dalam 2 kategori. Pertama dengan kapasitas 20 – 30 kg, harga mesin penggiling cabe ini sekitar Rp 4 jutaan. Dan untuk kapasitas 70 – 100, harga mesin giling cabe kering ini sekitar 7 jutaan rupiah.

Cukup terjangkau kan? Dengan fungsi yang demikian baik dari mesin penggiling ini, jelas angka tadi cukup masuk akal bukan? Apalagi mesin ini bisa Anda fungsikan sebagai mesin giling cabe dan mesin penggiling bumbu.

(sumber gambar : itoko.me)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

4 Comments

  1. Rosa Setyoko

    May 28, 2014 at 09:11

    Selamat pagi,

    Saya melihat iklan saudara tentang mesin penggiling bumbu. Apakah produk tersebut ‘ready stock’ ? baik yang kapasitas 20kg maupun 70 kg. Bila tidak, berapa lama waktu penyediannya. Saya tertarik dengan mesin tersebut.

    Terimakasih.

    Salam,

    Rosa

  2. indra pratiwi

    December 8, 2015 at 01:22

    cara belinya gimana?

  3. mainar yetri

    March 12, 2016 at 21:18

    Gmn cara belinya..?

  4. Namira

    June 6, 2016 at 04:47

    Bagaimana dengan solusi Sisa limbah penggilingnnya, dimana tempat yg tempat yang tepat untuk membuangnya agar bs dimanfaatkn Entah didaur ulang atau sebagai pupuk agar tidak mencemari lingkungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *