Usaha Minuman Coklat : Satu Lagi Business Opportunity Indonesia yang Menguntungkan


By on October 6, 2013
Usaha Minuman Coklat : Satu Lagi Business Opportunity Indonesia yang Menguntungkan

Business Opportunity Indonesia – Inovasi itu harus, khususnya bila Anda berniat masuk ke usaha dengan kompetitor bisnis yang bejibun. Ide-ide segar Anda sangat dibutuhkan untuk bisa menghasilkan bisnis unik yang disukai banyak orang.

Contohnya adalah usaha minuman coklat. Kalau usaha jus buah sudah banyak kompetitornya, usaha minuman coklat ini jarang. Jadi lumayan lah, Anda nggak terlalu “ngos-ngosan” bersaing, he..he..he..

Tapi meski persaingan tidak seketat usaha minuman juice, Anda tetap harus pandai-pandai menciptakan diferensiasi. Kalau usaha Anda standar-standar saja, dalam sekejap ide segar Anda ini jadi ide basi. Di tiru banyak orang dan sering-seringnya, penirunya lebih baik dari Anda, benar kan? Hasilnya, Anda tenggelam sendiri.

“Waduh, susah juga ya buka usaha minuman. Terus gimana dok?” Tergantung bagaimana Anda menyikapinya. Usaha apapun kan pasti ada batu halangannya. Mana ada usaha yang jalan mulus-mulus aja. Bisnis itu tidak seindah drama korea bung, wkwkwkwwk… Makanya, untuk mempermudah Anda yang lagi cari business opportunity Indonesia khususnya yang pengen buka usaha minuman coklat, saya akan kupas dikit mengenai usaha minuman coklat.

Well, saya buka dulu dengan pertanyaan. Kenapa minuman coklat? Why? Ada bisnis minuman teh, ada bisnis minuman jus sehat, dan lain-lain. Lalu kenapa minuman coklat? Karena minuman coklat termasuk minuman dengan penggemar dari buaanyak kalangan. Tua muda, anak-anak hingga kakek nenek gemar minuman ini.

Coklat adalah minuman kaya manfaat dan dipercaya mengandung antioksidan dan enzim flavonoid dan katekin yang mampu menjaga vitalitas, mengurangi penuaan dini dan menekan emosi negatif (*katanya lho, benernya gogling sendiri ya, ha..ha..ha..). Alasan lain yang cukup kuat mengapa harus “minuman coklat” adalah jenis minuman ini termasuk minuman yang luwes, seperti minuman teh dan kopi.

Anda bisa menyajikan secara hangat tapi juga dahsyat bila Anda sajikan dalam keadaan dingin. Kalau bisnis minuman jahe kira-kira bisa nggak disuguhkan pake es batu? Ho..ho..ho.. Dan menariknya, minuman coklat ini juga luwes bila Anda “blend” dengan beragam jenis bahan lain. Tinggal kreatif-kreatif aja buat nemukan “gaya dan paduan minuman” yang berbeda tetapi juga bisa menggoyang lidah.

Nggak cuman itu saja, dengan semakin jago Anda meramu coklat, maka kemungkinan Anda bisa menciptakan resep ramuan minuman coklat yang original semakin tinggi. Cara ini sangat efektif untuk menjadikan sajian bisnis minuman coklat Anda spesial, khas milik Anda. Apa-apa yang spesial kan banyak di cari orang…

Tapi eniwei, Anda harus pintar buat cari bahan baku yang terbaik. Meski bahan baku minuman coklat melimpah di pasaran, tidak semuanya benar-benar enak dan murni. Jadi Anda harus berhati-hati, karena bahan baku yang Adna pilih akan sangat mempengaruhi rasa minuman coklat yang Anda suguhkan.

Tadi sudah saya katakan bahwa minuman coklat termasuk minuman segala usia. So, Anda punya keuntungan untuk fleksibel dalam memilih lokasi usaha. Anda bisa pilih kawasan ramai seperti daerah kampus, pertokoan atau Anda bisa buka di daerah yang sering dijadikan tongkrongan banyak orang. Tapi ingat, minuman coklat juga identik dengan kalangan modern seperti usaha kalimilk. Jadi Anda harus jeli untuk menghindari daerah dengan pola konsumsi produk tradisional. Mereka sukanya jamu, bukan coklat.

Lalu bagaimana dengan perhitungan modal dan keuntungan usaha minuman coklat ini? Ok, saya akan memberikan Anda gambaran mengenai perhitungan proyeksi permodalan, biaya dan asumsi keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari usaha minuman coklat ini.

Biaya Awal Rincian Jumlah
  Booth Bekas Rp. 600.000,00  
  Mesin cup sealer Rp. 1.000.000,00  
  Pembaruan Booth Rp. 300.000,00  
  Wadah es Rp. 150.000,00  
  Storage ice cream Rp. 900.000,00  
  Termos pemanas Rp. 200.000,00  
  Blender Rp. 200.000,00  
  Peralatan lain R.p 100.000,00  
TOTAL   Rp. 3.450.000,00
       
Biaya Produksi 1 bln    
  Bahan baku Rp. 2.100.000,00  
  Gelas berlogo + tutup Rp. 450.000,00  
  Es batu Rp. 200.000,00  
  Sewa tempat Rp. 500.000,00  
  Perlengkapan lain Rp. 80.000,00  
  Suplai Air, gas & Listrik Rp. 70.000,00  
      Rp. 3.400.000,00
       
Hasil dalam satu bulan    
  40 gelas perhari x 30 hari xRp. 5.000,00 Rp. 6.000.000,00
       
Keuntungan   Rp. 2.600.000,00

Sudah Anda baca analisa usaha minuman coklat di atas? Gambaran proyeksi keuangan dari usaha minuman coklat ini saya kutip dari beberapa contoh perhitungan usaha franchise minuman coklat. Jadi lumayan valid lah… Ok, dan dari proyeksi tadi, Anda bisa tahu bahwa membuka usaha minuman cokelat memerlukan modal sekitar Rp 7 jutaan.

Sekitar 3,5 juta rupiah sebagai modal awal dan 3,5 juta rupiah sisanya sebagai operasional. Dari angka tersebut, Anda bisa lihat bahwa proyeksi keuntungan yang bisa Anda dapat sebesar Rp 2,6 juta. Itu artinya usaha minuman coklat ini akan balik modal dalam waktu 2 bulanan. Cukup cepat kan? Oh iya, hampir kelupaan. Jangan lupa lengkapi usaha minuman coklat Anda dengan cup sealer ya. Memudahkan Anda dan konsumen Anda lho…

(sumber gambar artikel business opportunity Indonesia : food.detik.com)

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya

About L@dY-NoEL

11 Comments

  1. info ngetrendz

    June 30, 2015 at 12:51

    ide bisnis yanh bagus..dan ulasannya sudh cukup lengkap..

  2. Suwarsih

    December 30, 2015 at 22:21

    gelas berlogo + tutup,..
    Bukankah klo dgn mesin cup sealer dgn plstik,apakh plstik’y pn khss cup sealer

  3. ngawidian.com

    September 21, 2016 at 02:42

    wahh.. mantap… bisa saya contoh…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *